KURIKULUM PROTOTIPE DAN NIHILNYA JAMINAN MUTU PENDIDIKAN

kurikulum prototipe

Baru-baru ini menteri Pendidikan RI membuat satu gebrakan yaitu kurikulum prototipe, yang di sinyalir menjadi salah satu kurikulum yang dapat dipilih oleh sekolah di tahun 2022. Kurikulum prototipe mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, xserta memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar. Kurikulum prototipe diberikan sebagai tambahan untuk pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama pemulihan pembelajaran.

Oleh : Esnaini Sholikhah,S.Pd

Wabah Pandemi yang terjadi diseluruh dunia mengakibatkan perubahan disegala lini kehidupan, termasuk pendidikan. Pandemi yang telah berlangsung dari akhir 2019 telah menimbulkan kehilangan pembelajaran (learning loss) literasi dan numerasi yang signifikan. Sebagai bagian dari mitigasi learning loss, sekolah diberi opsi untuk menggunakan kurikulum yang disederhanakan agar dapat fokus pada penguatan karakter dan kompetensi mendasar.

Baru-baru ini menteri Pendidikan RI membuat satu gebrakan yaitu kurikulum prototipe, yang di sinyalir menjadi salah satu kurikulum yang dapat dipilih oleh sekolah di tahun 2022. Kurikulum prototipe mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, xserta memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar. Kurikulum prototipe diberikan sebagai tambahan untuk pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama pemulihan pembelajaran.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan kebebasan bagi sekolah untuk memilih 3 (tiga) opsi kurikulum, yakni Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat (Kurikulum 2013 yang disederhanakan), dan Kurikulum Prototipe. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbudristek, Zulfikri Anas menerangkan bahwa Kurikulum Prototipe akan menjadi salah satu opsi atau pilihan untuk membantu pemulihan pembelajaran (learning loss) akibat tidak optimalnya pembelajaran di masa pandemi. "Kurikulum Prototipe memiliki beberapa karakteristik utama yang mendukung pemulihan pembelajaran, antara lain pengembangan soft skills dan karakter, fokus pada materi esensial, dan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid atau teach at the right level," ujar Zulfikri seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Selain itu, Kurikulum Prototipe ini juga diharapkan dapat membantu anak dalam mengembangkan potensi dan bakatnya. “Kurikulum Prototipe ini bagian dari proses pembelajaran yang artinya melanjutkan arah pengembangan kurikulum sebelumnya yaitu orientasi holistik, berbasis kompetensi bukan konten serta dirancang sesuai kebutuhan sekolah dan peserta didik,” ungkap Zulfikri. Ia mengatakan, sekolah akan diberikan kebebasan untuk memilih secara mandiri dalam penggunaan kurikulum tersebut.

Keunggulan Kurikulum Prototipe Zulfikri menerangkan Kurikulum Prototipe mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, serta memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar. "Kurikulum ini telah diimplementasikan di Sekolah Penggerak dan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) sejak tahun 2020. Kurikulum Prototipe juga disebut sebagai Kurikulum dengan Paradigma Baru," tambah Zulfikri.

Meskipun banyak kalangan yang mengapresiasi positif kurikulum prototipe, namun kita semestinya bijak menyikapi bahwa sampai detik ini masih terdapat kesenjangan kemampuan sekolah dan tenaga kependidikan di semua wilayah Indonesia. Wilayah perkotaan tidak dipungkiri memiliki segala akses kemudahan dan SDM dibandingkan wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), Karakteristik Daerah 3T pada dasarnya tidak akan terlepas dari ketertinggalan yang disebabkan oleh berbagai kondisi. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan yang tidak merata dan proses desentralisasi yang tidak efektif. Desentralisasi yang inefektif semacam ini mengakibatkan perkembangan wilayah penduduk cenderung disalurkan lebih kepada daerah-daerah kapital seperti perkotaan, daerah kabupaten berkembang, atau daerah industri.

Daerah 3T (terdepan terluar tertinggal atau terdepan terpencil tertinggal) merupakan daerah-daerah yang ditetapkan pemerintah. Wilayah-wilayah ini merupakan kabupaten yang wilayah maupun masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional. Dan pada 2020-2024 dalam Perpres nomor 63 tahun 2020 ada 62 kabupaten yang menjadi wilayah 3T. Sebagian besar daerah 3T menjadi gerbang tapal batas Indonesia. Letak daerah yang jauh dari ibu kota provinsi yang menjadi pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat dikarenakan pembangunan infrastruktur yang masih belum merata. Dalam Perpres itu disebutkan ada kriteria untuk daerah 3T yaitu perekonomian, masyarakat sumber daya manusia, sarana dan prasarana dan kemampuan keuangan daerah. Dan yang juga menjadi kendala adalah soal aksessabilitas di daerah 3T.

Dengan adanya kurikulum prototipe ini justru bisa memperburuk pendidikan di Indonesia. Karena menciptakan kesenjangan pendidikan. Selain itu hal ini menunjukkan bahwa pemerintah telah melepaskan diri dari pemberian jaminan bagi mutu pendidikan rakyatnya.

Ini berbeda dengan bagaimana Islam mengatur. Dalam Islam aturan Allah SWT harus diterapkan dalam setiap aspek kehidupan. Termasuk dalam pendidikan. Dalam hal pendidikan maka kurikulum pendidikan Islam harus berdasarkan aqidah Islam. Hal ini karena ketakwaan dan keimanan pada setiap muslim akan mendorongnya untuk menjadikan aqidah Islam sebagai asas dalam kehidupannya. Maka dalam seluruh pengetahuan yang diterima seorang muslim harus berdasarkan aqidah Islam pula.

Dalam Islam, tujuan kurikulum dan pendidikan Islam adalah membekali akal dengan pemikiran dan ide-ide yang sehat, baik itu mengenai aqaid (cabang-cabang aqidah), maupun hukum. Pembentukan syakhsiyah Islam (kepribadian Islam) pada diri seorang pelajar juga salah satu tujuan pendidikan. Yaitu dengan menjadikan setiap muslim memiliki karakter Islam yang kuat. Menjadikan Islam tidak hanya dalam pikiran tapi juga diimplementasikan dalam kehidupan. Bagi menjadi ruh dalam setiap aktivitasnya.

Dalam hal kurikulum dan program pendidikan maka harus sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. Dalam kurikulum tersebut, tsaqafah Islam (kebudayaan Islam) adalah mata pelajaran yang wajib diajarkan di seluruh tingkatan pendidikan. Pada ilmu-ilmu lain harus dilihat terlebih dahulu. Pada ilmu-ilmu sains semacam tehnik dan ilmu fisika harus dipisahkan dengan ilmu yang berkaitan dengan kebudayaan. Ini dikarenakan ilmu kebudayaan bisa jadi mengandung pandangan hidup yang bertentangan dengan Islam.

Ilmu-ilmu kesenian dan ketrampilan dapat dimasukkan sebagai ilmu pengetahuan yang boleh dipelajari tanpa terikat syarat-syarat lain selama tidak bertentangan dengan Islam. Namun apabila pelajaran itu terpengaruh oleh suatu pandang tertentu, seperti seni lukis dan seni pahat (yang menggambar manusia) maka dalam keadaan seperti ini tidak boleh dipelajari karena bertentangan dengan pandangan Islam.

Pelaksanaan pendidikan ini didukung penuh oleh aspek yang lain seperti ekonomi dan pemerintahan. Pembiayaan pendidikan yang ditanggung oleh negara menjadikan setiap rakyat memiliki kesempatan yang sama untuk meraih pendidikan. Selain itu kebijakan pemerintah juga diarahkan untuk mendukung proses belajar. Pemerintah sangat memandang penting perkara pendidikan. Ini dikarenakan dengan pendidikan memiliki peranan penting dalam menciptakan generasi yang memiliki keimanan yang kuat dengan kemampuan ilmu pengetahuan yang handal. Pendidikan dalam Islam diarahkan untuk mampu mencetak ulama dan ilmuwan yang mampu memberikan pemecahan terhadap persoalan yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Baik itu persoalan yang berkaitan dengan pribadi, hubungan antar sesama muslim, masalah-masalah politik, dan kenegaraan, atau masalah apapun yang berkaitan dengan kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Wallahu'alam

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,185,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,49,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,287,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,16,Musibah,4,Muslimah,86,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3548,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,110,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,3,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,65,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: KURIKULUM PROTOTIPE DAN NIHILNYA JAMINAN MUTU PENDIDIKAN
KURIKULUM PROTOTIPE DAN NIHILNYA JAMINAN MUTU PENDIDIKAN
kurikulum prototipe
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhV_v1p8dSD9Uio69aS7NCZMF2WuBJb89mT7aW2nK3fWGaGmct8_tVlq4G2816Mq5bAIl-L6kppou0TPSqgIRM5N7hngNmduqV6lxOplhMjODYEwMoyCWNsXJAWk22Uq9tEZtoOso8Z5cZIiBNttvBENFtjbdMnBimwEyxob-SSBLVAh2H00iJFpDaS=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhV_v1p8dSD9Uio69aS7NCZMF2WuBJb89mT7aW2nK3fWGaGmct8_tVlq4G2816Mq5bAIl-L6kppou0TPSqgIRM5N7hngNmduqV6lxOplhMjODYEwMoyCWNsXJAWk22Uq9tEZtoOso8Z5cZIiBNttvBENFtjbdMnBimwEyxob-SSBLVAh2H00iJFpDaS=s72-c
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2022/01/kurikulum-prototipe-dan-nihilnya.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2022/01/kurikulum-prototipe-dan-nihilnya.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy