TENDER GORDEN DPR BIKIN GEGER

Pengelolaan Harta Milik Rakyat

Tender gorden dpr dibatalkan

Oleh : Arini Fatma Rahmayanti (Aktivis Muslimah Mataram)

Beberapa hari lalu ramai dibicarakan harga gorden rumah dinas jabatan anggota DPR RI yang mencapai miliaran rupiah. Lelang tender penggantian gorden di rumah dinas jabatan anggota DPR RI dimenangi oleh peserta lelang yang menawarkan harga Rp 43,5 miliar. Perusahaan itu adalah PT Bertiga Mitra Solusi yang beralamat di Tangerang, Banten.

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyoroti perusahaan pemenang tender gorden DPR. MAKI heran lantaran perusahaan yang menang justru yang menyodorkan harga lebih tinggi dibandingkan dua perusahaan lainnya.

"Terus terang saja agak aneh jika pengumuman pemenang yang dijadikan pemenang adalah penawar tertinggi. Karena yang tidak memenuhi persyaratan itu sudah gugur di fase-fase sebelumnya, misalnya barangnya jelek, tidak dapat dukungan, atau tidak sesuai spesifikasi, itu nggak sampai dibuka penawaran," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman kepada wartawan, Kamis (5/5).

"Kain gorden itu kan di pasaran banyak dan panitia mestinya memberikan spesifikasi barangnya itu yang gampang dicari di pasar, jadi nggak boleh dikunci, sehingga hanya satu perusahaan yang bisa menyuplai kain, itu nggak boleh," lanjutnya.

Boyamin mengatakan proses tender harus berjalan kompetitif. Menurutnya, pemenang tender harusnya dipilih dari perusahaan yang menawarkan harga termurah dan memenuhi persyaratan. Boyamin yakin dua perusahaan lainnya yang ikut tender memenuhi persyaratan. Sebab, kata Boyamin, gorden merupakan barang yang mudah dicari di pasaran.

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah juga menyoroti lelang tender penggantian gorden rumah dinas jabatan DPR RI yang dimenangi peserta dengan menawarkan harga tertinggi Rp 43,5 miliar. Fahri Hamzah meminta Ketua DPR RI Puan Maharani bertanggung jawab atas polemik ini. "Suruh saja Ketua DPR yang bertanggung jawab. Jangan diam saja, dong," kata Fahri saat dihubungi, Sabtu (7/5).

Lebih lanjut Fahri Hamzah berbicara terkait pimpinan DPR yang seharusnya bisa memisahkan antara pengelolaan infrastruktur lembaga dan fungsi politiknya. Dia menyebut seharusnya DPR juga dikelola secara fisik dan nonfisik dalam satu kesatuan lembaga. Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 ini mengaku sedih jika ada peran pimpinan DPR di balik pengadaan gorden DPR ini. Menurutnya, DPR seharusnya tidak mengurus persoalan gorden,melainkan membuat UU hingga mengawasi pemerintah.

Selain urgensitas pembelian gorden dipertanyakan, besaran proyek ini tidak menimbang keprihatinan kondisi ekonomi masyarakat, meskipun sudah banyak yang menentang proyek ini, namun proyek ini tetap berlanjut, dan kini aroma-aroma korupsi juga sudah tercium, karena justru pemenang tender adalah penyodor tawaran harga tertinggi. Hal ini tentu berkebalikan dengan normalnya penyediaan barang sistem tender, yang mencari kualitas tinggi dengan harga paling ekonomis. Namun inilah permainan dari sistem politik demokrasi, harta rakyat menjadi rebutan banyak pihak untuk kepentingan segelintir elit dan penyokongnya. Ada dipuncak kekuasaan memang sangat menggiurkan, sehingga banyak manusia yang tergelincir karena harta yang ia dapatkan.

Setelah mendapatkan sorotan dari berbagai fihak akhirnya Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) dan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR memutuskan tidak melanjutkan proyek gorden rumah jabatan anggota (RJA) DPR yang mencapai Rp 43,5 miliar tersebut.

Dalam islam, ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan agar para penguasa tidak terobsesi dengan harta dan tahta.

Pertama, mengaudit harta kekayaan pejabat secara berkala. Hal ini dilakukan sebagai bentok pengontrolan dan pengawasn agar mereka tak menyalahgunakan kekuasaan. Khalifah umar bin khatab selalu mengaudit harta kekayaan pejabatnya sebelum dan sesusah menjabat apabila ada peningkatan harta yang tidak wajar maka mereka diminta untuk membuktikan bahwa harta yang didapat bukan dari korupsi atau hal haram lainnya.

Kedua, Membina keimanan dan ketakwaan para pejabatnya. Hal ini dilakukan agar para pejabat senantiasa melakukan tugasnya sesuai dengan syara Karena mereka meyakini bahwa amanah yang diembannya kelak akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT. Para pejabat dalam sistem islam lebih memilih hidup sederhana dan menyedekahkan hartanya dan tak segan membantu rakyat yang kesusahan.

Ketiga, pemberian gaji yang layak. Para pejabat akan diberi gaji yang mencukup, tunjangan serta fasilitas yang mampu memenuhi kebutuhan mereka, dengan begitu angka kecurangan dan penyalahgunaan jabatan dapat diminimalisir. Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa yang diserahi pekerjaan dalam keadaan tidak mempunyai rumah, akan disediakan rumah, jika belum beristri hendaknya menikah, jika tidak mempunyai pembantu hendaknya mengambil pelayan, jika tidak mempunyai hewan tunggangan (kendaraan), hendaknya diberi dan barang siapa yang mengambil selainnya, itulah kecurangan” (HR Abu Dawud)

Keempat, penyalah gunaan dan kontrol masyarakat akan berjalan dengan baik pada sistem kekhalifahan. Dalam kekhalifahan ada majelis umat yang akan memberikan koreksi atau masukan pada khalifah dan struktur dibawahanya. Majelis umat beranggotakan orang-orang yang dipercaya umat untuk menyampaikan pendapat, keluhan, kritik, dan saran pada penguasa

Semua itu tidak akan berjalan tanpa penerapan sistem poitik islam yang mengurusi urusan umat, sistem politik islam juga tidak bisa dijalankan tanpa sistem pemerintahan islam, yakni khilafah islamiyah

Wallahu A’lam Bishawab…

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: TENDER GORDEN DPR BIKIN GEGER
TENDER GORDEN DPR BIKIN GEGER
Pengelolaan Harta Milik Rakyat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm4vg_nW7iDHKT6WCAHxQRDaPTbUKc3dfScScbEO1i3axCJDh37UXQyZNLhqxloaMTVFlI8PeXgB_ZajwC7red2m7tFQMsGyjg5zoGwPOR6-yGJB9wz3mKQzV-DC98hDrf_ifR_nAy9LVT8t5HV0_l8B4bG3QMuKQ6Fo4qjVdIw7lJTETH61xJTAbT/s16000/PicsArt_05-26-11.34.24_compress56.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgm4vg_nW7iDHKT6WCAHxQRDaPTbUKc3dfScScbEO1i3axCJDh37UXQyZNLhqxloaMTVFlI8PeXgB_ZajwC7red2m7tFQMsGyjg5zoGwPOR6-yGJB9wz3mKQzV-DC98hDrf_ifR_nAy9LVT8t5HV0_l8B4bG3QMuKQ6Fo4qjVdIw7lJTETH61xJTAbT/s72-c/PicsArt_05-26-11.34.24_compress56.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2022/05/tender-gorden-dpr-bikin-geger.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2022/05/tender-gorden-dpr-bikin-geger.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy