Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ramai-ramai #TolakDaruratSipil


Jokowi meminta ada kebijakan darurat sipil untuk mempertegas pembatasan aktivitas sosial demi penularan Corona Covid-19. Pembatasan aktivitas sosial, saat ini sudah masif dilakukan terutama oleh aparat keamanan. Contohnya seperti membubarkan pesta-pesta yang mengundang kehadiran massa, hingga aktivitas nongkrong di kafe.

"Saya minta pembatasan sosial berskala besar, physical distancing, dilakukan lebih tegas, lebih disiplin dan lebih efektif lagi sehingga tadi juga sudah saya sampaikan perlu didampingi kebijakan darurat sipil," jelas Presiden dalam rapat kabinet terbatas, Senin 30 Maret 2020.

Rencana menerapkan kebijakan darurat sipil sebagai penegas untuk pembatasan aktivitas sosial demi meredam wabah Corona Covid-19 ini menuai penolakan.

1. Said Didu
Dikutip sari akun Twitternya, Selasa, 31 Maret 2020. Mantan Sekretaris BUMN
"Ada UU karantina wilayah yg bisa digunakan, sekarang mau gunakan UU thn 59 utk darurat sipil. Ini semua akal2an untuk: 1. Lari dari tanggung jawab utk penuhi kebutuhan rakyat krn ga ada lagi uang. 2. Lebih mengutamakan kekuasaan daripada menyelamatkan nyawa rakyat,"

Cuitan selanjutnya beliau menegaskan bahwa UU Darurat Sipil ini berpotensi Oteriter.

"Corona mengejar nyawa rakyatmu. Pemimpin negara yg normal membantu rakyatnya. Tapi anda malah mengejar rakyatmu dg cambuk darurat sipil. Ya Allah lindungi kami dari kedholiman ini.
#tolakDaruratSipil," tegas Said.

2. Rizal Ramli
Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli menanggapi wacana yang dilontarkan Presiden Jokowi soal darurat sipil. Rizal Ramli mengaku heran dengan wacana tersebut.

"Wah aneh luar biasa, opo toh Presiden @jokowi? Rakyat sedang darurat kesehatan, darurat takut ndak makan, darurat kepercayaan — kok ujuk2 mau darurat sipil? Sekedar hanya alat utk mempertahankan kekuasaan? Ampun deh," tulis Rizal Ramli disertai dengan emoticon senyum dan tertawa melalui akun Twitternya, @RamliRizal, dikutip VIVAnews, Selasa, 31 Maret 2020.

3. Natalius Pigai
Komisioner Komnas HAM 2012-2017, Natalius Pigai, menolak wacana darurat sipil yang dilontarkan oleh Presiden Jokowi. Menurutnya, masih ada cara lain yang bisa ditempuh negara untuk menghadapi ancaman kuman corona.

"Kita harus pahami bahwa virus corona harus dihadapi bukan dengan cara perang konvensional (tapi) perang melawan kuman. Ancamannya bukan militer dan nyata tetapi ancaman kuman yang tidak terlihat. Dua cara perang yang berbeda," kata Pigai kepada VIVAnews, Senin, 30 Maret 2020.

4. Hilmi Firdausi
Saya yg bingung apa sy yg kurang belajar yaa ? Setau saya menghadapi pandemi itu Instrumen UU yg digunakan diantaranya UU Karantina Kesehatan atau UU bencana, emang darurat sipil utk apa ? #TolakDaruratSipil
Tegas Ustadz Hilmi dalam akun twitternya.

5. Jonru
"Di saat seluruh dunia berjuang melawan corona, eh kalian malah sibuk melawan rakyat. Rakyat yg menderita karena corona akan jauh lebih menderita karena kedzaliman kalian. #TolakDaruratSipil," demikian cuitan Jonru @jonruGintingNew.

6. Ustadz Tengku Zulkarnain
Dalam cuitannya, Ustadz Tengku menuliskan
"Topik #TolakDaruratSipil
Hari ini menjadi TREND. Rakyat paham betapa bahayanya jika di NKRI diterapkan DARURAT SIPIL...
Menjalankan DARURAT PERANG, dan MEMBRANGUS HAK ASASI L.
Hadapi Virus Bersama Rakyat, bkn menjadikan Bahaya Virus membuat Rakyat tertekan.#TolakDaruratSipil".

Hingga Selasa pagi, 31 Maret 2020, pukul 06.50 WIB, tagar #TolakDaruratSipil masih terpopuler di Twitter. Sudah 96 ribu lebih cuitan yang menyerukan tagar ini.

Disarikan dari media viva.com

Post a Comment for "Ramai-ramai #TolakDaruratSipil"