Jilbab: Salah Satu Pembuktian Keimanan Seorang Muslimah


Oleh : Arif B. Iskandar

Terkait dengan penjelasan di atas, kita memahami bahwa di antara tuntunan syariah Islam adalah perintah kepada kaum Muslimah untuk menutup aurat dengan kerudung (yang menutup kepala dan dada mereka) serta jilbab (yang menutupi seluruh tubuh mereka kecuali wajah dan kedua telapak tangan). Bagi seorang Muslimah, menutup aurat dengan memakai kerudung dan berjilbab ini tentu saja menjadi salah satu pembuktian keimanannya kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Sebabnya jelas, karena berkerudung dan berjilbab memang merupakan salah satu dari ketentuan syariah Allah SWT dan Rasul-Nya.

Karena itu Allah SWT mengingatkan agar umat Islam tidak mengambil jalan selain jalan Islam (baca: syariah Islam) hanya karena terpengaruh oleh propaganda kelompok pemuja kebebasan dan feminis agar para wanita Muslimah melepas jilbabnya dan menjalani gaya hidup bebas dari nilai dan jauh dari aturan agama. Allah SWT telah berfirman (yang artinya): 

Ini adalah jalan-Ku yang lurus. Karena itu, ikutilah jalan itu, dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kalian dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepada kalian agar kalian bertakwa (QS al-An'am [6]: 153).
  
Terkait ayat di atas, Imam Ad-Darimi menuturkan riwayat dari 'Abdullah bin Mas'ud ra. yang berkata, "Suatu hari Rasulullah saw. menggambarkan kepada kami suatu garis, kemudian beliau bersabda, ‘Ini adalah jalan Allah.’ Kemudian beliau membuat garis lagi di samping kanan dan kirinya, lalu bersabda, ‘Ini adalah jalan-jalan setan yang mengajak ke dalam garis ini.’ Kemudian beliau  membaca ayat ini..”  

As-Subul dalam ayat di atas bermakna umum mencakup agama orang-orang Yahudi, Nasrani, Majusi, dan semua orang yang memiliki agama selain Islam, ahlul bid'ah dan orang-orang sesat dari golongan pemuja hawa nafsu dan dosa. [Bersambung]
Label: ,

Post a Comment

[blogger]

Author Name

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.