Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KHILAFAH ALA TV ONE


Oleh : Nasrudin Joha 

Alhamdulillah, pada tanggal 18 Desember 2019, redaksi TV One memuat laporan khusus dengan judul 'Siapa Resah dengan Khilafah ?'. Laporan itu diturunkan terkait adanya kebijakan Kemenag yang menghapus Bab Khilafah dari pelajaran di sekolah Madrasah.

Didalam laporan tersebut, TV One mengutip devinisi khilafah secara apik. Devinisi ini, memuat kreteria yang  'Mani'an' dan 'Jami'an'. Mani'an maksudnya definisi yang diunggah mampu membatasi hal-hal diluar khilafah. Jami'an maksudnya definisi ini mampu menjelaskan dan memuat segala hal yang menjadi unsur atau bagian dari definisi khilafah.

"TV One mendefinisikan Khilafah sebagai sebuah sistem kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslim di dunia untuk menerapkan hukum Islam dan mengemban dakwah Islam keseluruh penjuru dunia. Orang yang memimpin disebut Khalifah, dapat juga disebut Imam atau Amirul Mukminin."

Dari definisi yang diunggah TV One ini, kita dapat memahami :

Pertama, khilafah adalah sistem kepemimpinan, sistem politik atau sistem pemerintahan. Bukan sistem keagamaan, meskipun khilafah merupakan pengejawantahan hukum Islam.

Khilafah, memiliki keseluruhan hak, kewajiban, wewenang dan tanggung jawab sebuah pemerintahan. Khilafah memiliki wilayah, memiliki rakyat, dan memiliki konstitusi untuk mengatur sistem bernegara. Khilafah bukanlah sistem Kepausan sebagaimana Kepausan Tahta Suci di Roma. Pendek kata, khilafah adalah sebuah negara.

Kedua, khilafah adalah negara kesatuan bagi seluruh kaum muslimin didunia. Artinya, satu negara khilafah itu berlaku bagi seluruh kaum muslimin didunia.

Konsepsi negara khilafah berbeda dengan negara bangsa (Nation State), dimana khilafah berdiri kokoh diatas akidah dan persaudaraan Islam. Sementara, negara bangsa tegak diatas asas Sekulerisme dan terikat dengan ikatan kebangsaan.

Khilafah, meskipun terdiri banyak suku bangsa dan agama tetapi tetap satu negara. Khilafah adalah sebuah negara, yang wilayahnya bisa meliputi Indonesia hingga Spanyol.

Jadi, konsepsi khilafah tidak terikat dengan batasan wilayah teroterial yang bersifat fixd. Khilafah, wilayahnya dapat meliputi seluruh negeri kaum muslimin.

Ketiga, tugas dan fungsi utama khilafah adalah menerapkan hukum Islam dan mengemban dakwah Islam. Inilah, misi utama khilafah yakni untuk mengajak manusia mentauhid-kan Allah SWT, beribadat hanya kepada Allah SWT dan menyeru manusia agar terbebas dari penghambaan selain kepada Allah SWT menuju menghamba hanya kepada Allah SWT semata.

Khilafah bukanlah Welfare State, meskipun hukum Islam yang diterapkan khilafah pasti akan menyejahterakan. Artinya, tujuan khilafah itu ukhrowi, immaterial, transendental, mengajak manusia menuju ridlo Allah SWT dan surga, bukan hanya mengejar kepuasan materi dengan menjadikan negara sebagai alat untuk semata mencapai tujuan kesejahteraan.

Keempat, pemimpin negara khilafah adalah Khalifah, Imam atau Amirul mukminin. Pemimpin khilafah bukan Presiden, bukan Raja, bukan Ratu, bukan Perdana Menteri bukan pula Kaisar.

Dengan demikian, merujuk definisi yang dikutip TV One ini, Jokowi bukanlah Khalifah. Jokowi bukanlah Amirul mukminin, karena Jokowi tidak menerapkan hukum Islam juga tidak mengemban dakwah Islam keseluruh penjuru alam.

Khilafah ala TV One ini adalah khilafah yang benar, karena definisi yang digunakan telah memenuhi unsur lengkap untuk menjelaskan apa itu khilafah. Definisi khilafah TV One ini juga akan membatasi sekaligus menolak definisi rancu tentang khilafah sebagaimana yang diedarkan oleh rezim Jokowi.

Khilafah itu radikal, khilafah itu anti kebhinekaan, khilafah itu intoleransi, khilafah itu ISIS, khilafah itu seperti yang di Suriah, semua penjelasan ini keliru dan bukan menjelaskan apa yang dimaksud dengan khilafah. Menggunakan definisi yang dikutip TV One, maka dapat kita pahami bahwa semua tudingan yang menyebut Khilafah itu radikal, khilafah itu anti kebhinekaan, khilafah itu intoleransi, khilafah itu ISIS, khilafah itu seperti yang di Suriah, ADALAH FITNAH KEJI TERHADAP AJARAN ISLAM YANG SAMA SEKALI TIDAK BENAR DAN TIDAK DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN.

Karena itu, biar Ga gagal paham tentang khilafah, Yuk pelajari khilafah lebih dekat ? Untuk mengetahui khilafah secara benar, silahkan hubungi agen-agen khilafah, pengemban dakwah Syariah dan Khilafah terdekat di kota Anda. [].

Post a Comment for "KHILAFAH ALA TV ONE"