Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KITAB YANG MENGOKOHKAN CINTA


Hadirnya koleksi kitab al-Syifa Bita'rif Huquq al-Musthafa ﷺ makin menambah semangat mengkaji peninggalan-peninggalannya. Makin mencintainya. Dialah kekasih Allah, Muhammad ﷺ. Kitab ini hadiah istimewa dari salah satu guru saya, sepulangnya beliau dari ibadah umrah dan rihlah ilmiah thalabul isnad dari para masyayikh di Madinah. 

Penulis Kitab

Nama lengkap beliau adalah Abu al-Fadhl Iyadh bin Musa bin Iyadh bin Amrun bin Iyadh bin Muhammad bin Abdullah bin Musa bin Iyadh al-Yahshabi al-Andalusi al-Maliki.  Beliau merupakan ulama Maghrib dan pakar hadits di masanya. Beliau wafat di Marrakech pada bulan Jumadil Akhir. Ada juga yang mengatakan pada bulan Ramadhan di tahun 544 H. Beliau wafat lantaran diracuni. Ada juga yang mengatakan diracuni oleh seorang Yahudi. Menurut al-Dzahabi, beliau wafat karena dipanah. Sedangkan gelar beliau adalah al-Imam, al-Allamah, al-Hafizh al-Auhad, Syaikh al-Islam, al-Qadhi, Abu al-Fadhl.

Karya-karyanya

Dalam kesibukan sebagai qadhi (hakim), beliau sempat menulis karya-karya ilmiah yang banyak. Namun, di antara karya-karya tersebut banyak yang hilang dan hanya sedikit yang dapat diselamatkan. Kitab beliau yang eksis dengan baik sampai sekarang adalah kitab al-Syifa. Perhatian beliau sangat besar di berbagai bidang ilmu pengetahuan, akan tetapi kontribusi ilmiah beliau yang paling terkenal adalah dalam ranah al-Hadits wa Ulumul Hadits. Di antara karya-karya beliau yang populer sebagai berikut; (1) Ikmal al-Mu’allim fi Syarh Shahih Muslim, (2) Tafsir Gharib Hadits al-Muwatha’ wa al-Bukhari wa Muslim, (3) Al-Tanbihat al-Mustanbathah fi Syarh Musykilat Al-Mudawwanah, (4) Tartib al-Madarik wa Taqrib al-Masalik li Ma’rifah A’lami Mazhab Malik, (5) Bughyat Ar-Raid lima Tadhammanah Hadits Ummu al-Zar’ie min al-Fawaid, (6) Sirr al-Surrah fi Adab al-Qudhat, (7) Jami’ al-Tarikh, (8)Al-Saif al-Maslul ala Man Sabba Ashab al-Rasul, dan lain-lain.

Latar Belakang Penulisan Kitab al-Syifa

Dalam pengantar kitab al-Syifa, al-Qadhi Iyadh memberikan penjelasan terkait terbitnya kitab ini, yaitu karena ada banyak permintaan dari masyarakatnya waktu itu. Mereka tidak henti-hentinya meminta kepada al-Qadhi Iyadh supaya menulis sebuah kitab yang menjelaskan dengan detail dan panjang mengenai pribadi dan martabat Nabi ﷺ. Juga tentang bagaimana seharusnya mengagungkan dan menghormatinya, apa hukum yang harus disematkan kepada seseorang yang tidak mengagungkan atau memberikan suatu penilaian yang tidak pantas kepada baginda Nabi ﷺ.

Dengan penuh rendah hati, akhiranya al-Qadhi Iyadh merespon dan menyanggupi permintaan tersebut, dan tersusunlah kitab al-Syifa ini. Dalam kitab ini, al-Qadhi Iyadh mengakui bahwa semua isi dan kandungannya merupakan kumpulan dari berbagai perkataan para ulama dan imam-imam sebelumnya. Posisi beliau di sini hanya sebagai penjelas dan memodifikasi berbagai perkataan ulama dan imam-imam tersebut. Namun begitu, dengan rendah hati, beliau mengakui bahwa dalam perjalanan menulis kitab ini menemukan banyak kesulitan. Hal itu lebih disebabkan karena ulasan yang akan beliau garap merupakan sesuatu yang berhubungan dengan Nabi ﷺ, mulai dari sifat yang wajib, yang tidak boleh dan yang jaiz baginya. Juga bagaimana cara menghormati, mengagungkan dan menjunjung tinggi derajatnya. Sehingga hal itu, bukan hanya membutuhkan kedalaman dan keluasan ilmu, tapi juga membutuhkan kedalaman spiritual dan ma’rifah. Seperti dikatakan sendiri oleh beliau bahwa dalam rangka memaparkan berbagai hal yang memiliki korelasi dengan Nabi ﷺ, selain harus memiliki kualifikasi kedalaman dan keluasan ilmu, juga tidak kalah pentingnya mendapat pertolongan dan petunjuk dari Allah ta'ala supaya terlepas dari kekeliruan dan kesesatan.

Isi Kitab

Secara keseluruhan kitab ini terdiri dari 4 bagian :
Bagian 1: tentang keagungan Nabi ﷺ yang di berikan Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Bagian 2: tentang kewajiban manusia terhadap hak-hak beliau ﷺ.
Bagian 3: tentang segala yang mustahil & yang boleh ada pada diri beliau ﷺ.
Bagian 4: tentang hukum bagi orang yang melecehkan dan mencaci beliau.

Yuana Ryan Tresna
08/02/2019

===
> https://t.me/yuanaryantresna/
> https://fb.com/yuanaryantID/
> https://instagram.com/yuanaryantresna/

Post a Comment for "KITAB YANG MENGOKOHKAN CINTA"