Bullying Anak Bikin Ngeri, Islam Solusi Negeri

Bullying Anak Bikin Ngeri, Islam Solusi Negeri

Bullying Anak Bikin Ngeri, Islam Solusi Negeri

Oleh : Jumaisah (Aktivis Dakwah Muslimah)

Fenomena Bullying masih menjadi problematika besar tiap negara. Kita sering mendengar kasus bullying banyak terjadi di negara negara maju seperti Jepang, korea selatan china dll. Namun beberapa dinegara berkembang juga tidak luput dari kasus bullying termasuk negara Indonesia.

Belum hilang dari ingatan terkait kematian siswa SD di Tasikmalaya yang menjadi korban perundungan, dimana dia dipaksa bersetubuh dengan kucing oleh teman-temannya sembari direkam yang pada akhirnya depresi yang menyebabkan anak tersebut meninggal dunia. Kemudian baru-baru ini kejadian serupa terjadi di Sukabumi dilansir dari Kompas.com, MHD (9) bocah kelas 2 dosalah satu sekolah negeri (SDN) di kec. Sukaraja Kab. Sukabumi, Jawa barat (Jabar) meninggal dunia akibat dikeroyok oleh kakak kelasnya pada senin (15/5/2023).

Seperti tak ada habisnya kasus bully setiap tahunnya mengalami peningkatan berdasarkan data yang diperoleh dari laman resmi KPAI menunjukkan bahwa kekerasan terhadap anak baik dalam psikis maupun fisik mengalami peningkatan sebanyak kurang lebih 76 anak dilaporkan menjadi korban kekerasan atau perundungan di sekolah selama Tahun 2020. Kemudian di tahun 2022 KPAI melaporkan kasus bullying dengan kekerasan fisik dan mental yang terjadi dilingkungan sekolah sebanyak 226 kasus termasuk 18 kasus bullying didunia maya. Data tersebut hanya sebagian yang nampak dipermukaan, bahkan indonesia menduduki peringkat 5 kasus perundungan di Asia.

Telaah Dampak Bully

Bullying dapat memberikan dampak buruk bagi korban berupa gangguan mental belajar dan bahkan gangguan sosial. Bahkan tidak sedikit sampai pada gangguan fisik hingga menyebabkan kematian. Pada tahun 2015 WHO melalui global School Based Student Healt (GSHS) melakukan survey. Survey tersebut menggambarkan bahwa dampak dari bullying menyebabkan 1 dari 20 remaja di Indonesia memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Perilaku bully ini telah menjadi ancaman bagi generasi kita, Kedepannya mungkin anak-anak kita yang akan menjadi korban atau pelaku bully maka penting untuk selalu waspada. Meskipun telah diberikan upaya oleh berbagai pihak termasuk negara untuk menyelesaikan problem ini namun, hal itu tidak memberikan efek justru problem ini terus terulang. Itulah yang menjadi pertanyaan besar kita, Apa akar penyebab dari permasalahan ini?

Sekularisme, Ancaman Laten

Perilaku anak dipengaruhi oleh Lingkungannya. Kalau lingkungannya baik maka perilakunya juga ikut baik, begitupun sebaliknya. Lingkungan terdiri dari Keluarga, masyarakat dan pendidikan/sekolah. Namun sayangnya Lingkungan kita saat ini dipengaruhi oleh penerapan sistem kehidupan sekuker yaitu menjauhkan manusia dari beriman kepada Allah dan syariatnya. Akibatnya keluarga tidak lagi menjadi pendidik awal anak-anaknya, tidak menanamkan aturan nilai-nilai islam sejak dini. Bahkan ketika anaknya melakukan perilaku buruk terhadap temannya alih-alih memberikan pemahaman atau hukuman justru orangtua membela dan berusaha membenarkan perilaku si anak. Belum lagi ketika orangtua disibukkan dengan pekerjaan hingga anak-anak merasa kurang perhatian dari orangtuanya jadilah mereka mencari perhatian diluar rumah.

Semakin memperburuk keadaan dengan adanya pendidikan yang sekuler. Mereka disekolah hanya di didik bagaimana mendapatkan nilai akademik yang baik namun tidak disertai dengan pemahaman agama. Sehingga mereka tidak memahami mana perilaku yang baik dan mana yang buruk. Dari sinilah muncul pribadi jahat yang tidak takut dengan konsekuensi.

Kurangnya kontrol masyarakat akibat individualisme. Masyarakat seolah acuh ketika menemukan perilaku buruk anak disekitarnya. Asal hal itu tidak menimpa anaknya maka mereka tidak akan peduli. Ditambah negara yang tidak memberikan solusi tepat baik dari segi preventif maupun kuratif.

Sungguh malang nasib generasi kita, anak-anak kita terbentuk menjadi pribadi yang buruk tanpa ada yang peduli. Padahal kemajuan sebuah bangsa bergantung pada kualitas generasinya. Maka dari itu solusi apa yang tepat untuk menyelamatkan moral generasi kita saat ini?

Islam Solusi Tuntas

Islam sebagai agama yang sempurna akan mampu untuk memecahkan setiap problematika ummat. Termasuk problem bullying. Semua pihak akan bertanggungjawab berdasarkan aturan islam.

Setiap perbuatan manusia terikat dengan aturan Allah swt. Apapun yang diperintahkan oleh Allah wajib dilaksanakan dan apapun yang dilarang wajib ditinggalkan. Begitupun perilaku bullying.

Firman Allah swt, yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) itu lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok)" (QS Al-Hujurat : 11)

Disisi lain, aspek keluarga sangat penting dalam pembinaan anak. Karena, keluarga dalam Islam diberikan tanggungjawab untuk mendidik dan kasih sayang kepada anak-anaknya. Terutama ibu. Peran ibu sebagai (madrasatul ula') pendidikan pertama bagi anak, menanamkan nilai-nilai islam hingga anak tumbuh dengan pemahaman islam.

Begitu pula aspek pendidikan islami. Dimana pendidikan dalam Islam berlandaskan aqidah. Tidak hanya mengajar individu agar mampu memahami ilmu-ilmu terapan namun juga dibarengi dengan Tsaqofaj-tsaqofah islam sehingga output dari pendidikan islam ialah menghasilkan individu yang cerdas dan berkepribadian islam.

Yang terakhir, adanya peran negara yang menerapkan seluruh aturan Islam dan mencegah masuknya paham-paham sekuler ataupun indovidualis dimasyarakat sehingga kontrol masyarakat dapat terjaga. Negara juga berperan dalam mencegah hal-hal yang memicu munculnya perilaku bully. Seperti dihilangkannya game online dan tontonan pornografi yang dapat mengalihkan dan merusak pikiran anak. Oleh karena itu ummat membutuhkan islam agar perilaku bullying tidak terulang kembali. Wallahu a'lam.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Bullying Anak Bikin Ngeri, Islam Solusi Negeri
Bullying Anak Bikin Ngeri, Islam Solusi Negeri
Bullying Anak Bikin Ngeri, Islam Solusi Negeri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCO49Wb7LlqgaOk_AnfLerFUB4mfBTowIWSfBRpz52IBh4QeeUFjJD7o2LyuN-ko00R1WKL8E5YT_CYZFbrfKxhUEqA8nHxUegn-khIHfXld3dYQFI1ZPwkVtxtIpdjwPuxepvBfUSNb-8quI-ytdhLoaIQEoR8EyZWyGz8oGy90UeDC6sYbTC2OPLlk0/w640-h536/png_20230704_091814_0000_compress55.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCO49Wb7LlqgaOk_AnfLerFUB4mfBTowIWSfBRpz52IBh4QeeUFjJD7o2LyuN-ko00R1WKL8E5YT_CYZFbrfKxhUEqA8nHxUegn-khIHfXld3dYQFI1ZPwkVtxtIpdjwPuxepvBfUSNb-8quI-ytdhLoaIQEoR8EyZWyGz8oGy90UeDC6sYbTC2OPLlk0/s72-w640-c-h536/png_20230704_091814_0000_compress55.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2023/07/bullying-anak-bikin-ngeri-islam-solusi.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2023/07/bullying-anak-bikin-ngeri-islam-solusi.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy