Badai PHK di Industri Start Up dan Hegemoni Kapitalisme Global

hegemoni kapitalisme

INDUSTRI STARTUP Gulung Tikar

Oleh : Esnaini Sholikhah,S.Pd (Pendidik dan Pemerhati Kebijakan Sosial)

Fenomena startup mulai dikenal pada tahun 2013. Startup artinya perusahaan yang baru masuk atau masih berada pada fase pengembangan atau penelitian untuk terus menemukan pasar maupun mengembangkan produknya. Saat ini, istilah perusahaan startup biasanya mengacu pada perusahaan-perusahaan yang layanan atau produknya berbasiskan teknologi. Kemunculannya yang fenomenal dan membawa perubahan besar pada ekonomi dunia, terutama yang berbasis digital/ internet.

Namun kemunculannya yang cepat berkembang, ternyata juga seperti fenomena buble burst/ gelembung yang juga rapuh. Setelah didera berbagai masalah termasuk pandemi global yaitu Covid 19, startup tersebut banyak mengalami kebangkrutan, sehingga tak ayal lagi mereka mengambil kebijakan PHK besar-besaran pada karyawannya. Hal ini terjadi pada perusahaan rintisan global, hingga dalam negeri. Misal, startup edu-tech, Zenius, yang telah berhasil menggalang dana puluhan juta dolar Amerika Serikat hari ini mengumumkan PHK 200 pegawai. Tak hanya itu, Robinhood juga memangkas 300 karyawan, begitu juga Netflix yang melakukan PHK 150 pegawai, dan Cameo memangkas 87 pegawainya.

Sementara dalam negeri dilaporkan tiga perusahaan yang melakukan efisiensi seperti Zenius, Link Aja, hingga JD.ID. Bendahara Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) sekaligus Managing Partner Ideosource Venture Capital, Edward Ismawan Chamdani, mengaku tak kaget melihat startup mulai memilih strategi efisiensi lewat PHK karyawan. Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J Rachbini mengatakan, fenomena PHK massal yang terjadi di sejumlah startup di Indonesia dalam waktu berdekatan ini bisa dibilang sebagai bubble burst. Berdekatannya jarak PHK antara ketiga startup tersebut disinyalir sebagai akibat dari fenomena ledakan gelembung atau bubble burst. Menurut Investopedia.com, fenomena ini merupakan kondisi bisnis yang cepat mengalami kenaikan namun cepat juga mengalami penurunan.

Menurut dia, kondisi startup di Indonesia sebelum pandemi dan saat pandemi cukup kontras. Sebelum pandemi, para perusahaan ini membesar atau secara instan merekrut banyak karyawan untuk membangun perusahaan. "Hilangnya start-up ini atau dipangkasnya jumlah karyawannya ini seperti kunang-kunang, datang sebentar, besok bisa hilang," lanjut dia. Apa itu Bubble Burst dan pengaruhnya di bidang ekonomi dan bisnis? Dikutip dari Investopedia, (3/4/2022), gelembung atau "bubble" adalah siklus ekonomi yang ditandai dengan eskalasi cepat nilai pasar, terutama pada harga aset. Inflasi yang cepat ini diikuti oleh penurunan nilai yang cepat, atau konstraksi, yang terkadang disebut sebagai "kecelakaan atau crash" atau "ledakan gelembung atau bubble burst". Biasanya, gelembung diciptakan oleh lonjakan harga aset yang didorong oleh perilaku pasar yang bersemangat. Selama gelembung, aset biasanya diperdagangkan pada harga atau dalam kisaran harga yang sangat melebihi nilai intrinsik aset (harga tidak selaras dengan dasar aset). Penyebab gelembung diperdebatkan oleh para ekonom. Beberapa ekonom bahkan tidak setuju bahwa gelembung terjadi sama sekali (atas dasar bahwa harga aset sering menyimpang dari nilai intrinsiknya). Namun, gelembung biasanya hanya diidentifikasi dan dipelajari dalam retrospeksi, setelah penurunan harga besar-besaran terjadi.

Revolusi Industri 4.0 adalah era ekonomi baru, dimana para startup ini bisa bermain ekonomi dengan cukup apik dan penuh persaingan. Masing-masing startup memberikan penawaran harga yang menarik, diskon dan berbagai promo yang kadang malah irrasional dan bisa menjatuhkan industri mereka sendiri maupun para pesaing (kompetitornya). Dampak Bubble Burst Gelembung ekonomi terjadi setiap kali harga barang naik jauh di atas nilai riil barang tersebut. Gelembung biasanya dikaitkan dengan perubahan perilaku investor, meskipun apa yang menyebabkan perubahan perilaku ini masih diperdebatkan. Gelembung di pasar ekuitas dan ekonomi menyebabkan sumber daya ditransfer ke area dengan pertumbuhan cepat. Di akhir gelembung, sumber daya dipindahkan lagi ini menyebabkan harga turun.

Ciri perusahaan yang terdampak Bubble Burst Selain itu, Didik menjelaskan bahwa perusahaan yang terdampak atau melakukan PHK massal merupakan salah satu ciri dari fenomena Bubble Burst. "Cirinya itu karyawannya dikurangin," ujar Didik. Ia mencontohkan, salah satu startup yang bergerak di bidang pariwisata cukup terpuruk saat pandemi, karena pemerintah melakukan pembatasan perjalanan baik domestik maupun mancanegara, Didik juga mengatakan, startup bidang pariwisata ini akan kembali bangkit saat pemerintah melonggarkan aturan.

Fenomena kemunculan startup yang menggelembung sebelum pandemi, dan bangkrut saat terjadi guncangan merupakan ciri sistem kapitalis dimana saham dan bisnis non riil sebagai pijakannya juga berdiri diatas sistem yang rapuh. Revolusi 4.0 yang ditandai sebagai era internet dan digadang-gadang membawa kemajuan nyatanya tak seindah slogannnya. Jutaan orang yang jobless akan berhadapan dengan jutaan lulusan dari sekolah menengah atas/kejuruan ataupun universitas. Belum lagi mereka dihadapkan dengan biaya hidup yang melangit. Revolusi Industri 4.0 hanya akan menyisakan krisis multi-dimensi, dimana Revolusi Industri 4.0 tidak mengindahkan kemuliaan manusia dengan segala potensinya. Justru menyengsarakan manusia. Gelombang PHK besar-besaran yang melanda dunia hanya akan membuat jurang kemiskinan yang semakin menganga.

Era Revolusi Industri 4.0 menjadi pintu era disrupsi. Semuanya terefisiensi, akan tetapi menghilangkan naluri. Seharusnya negara bisa mengantisipasi akan adanya gelombang PHK yang muncul karena tren digitalisasi dan otomatisasi. Bukan justru terseret arus revolusi industri yang memihak kepada pengusaha. Sistem kapitalislah yang bertanggungjawab atas munculnya era disrupsi ini. Sistem ekonomi kapitalis yang tabiatnya rakus, dan berorientasi pada keuntungan semata, menghilangkan nilai humanis/ kemanusiaan termasuk PHK sebagai solusi efisiensi ekonominya.

Sedangkan Islam dan Khilafah datang sebagai solusi atas problematika manusia yang kompleks. Islam dan Khilafah mampu mensinerrgikan kemajuan teknologi dengan Sumber Daya Manusia, sehingga teknologi akan menjadi berkah yang mendukung dan memudahkan pekerjaan manusia, bukan sebaliknya menghabisi tenaga kerja. Seluruh potensi manusia akan dikolaborasi dengan tekbologi untuk kemajuan daulah Islam dan kemaslahatan manusia. Islam meletakkkan ilmu pengetahuan sebagai penunjang kehidupan, bukan komoditas materi seperti hari ini. Oleh karena itu daulah/ negara akan memfasilitasi riset dan pasca riset dalam perkemabangan ilmu pengetahuan demi meraih kesejahteraan umat.

Dengan demikian, Islam tidak anti kemajuan teknologi, justru Islam akan memaksimalkan teknologi untuk kemajuan dan mengemban tugas menjadi rahmat bagi seluruh alam. Allah SWT menciptakan akal pada manusia, dam menjadikannya sebagai makhluk yang mulia. Sebagaimana dalam firmanNya (artinya)

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”(TQS.Al Isra: 70).

Wallahu alam bisshowab.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Badai PHK di Industri Start Up dan Hegemoni Kapitalisme Global
Badai PHK di Industri Start Up dan Hegemoni Kapitalisme Global
hegemoni kapitalisme
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinrTT-bH-XXekIHDYUPdzqrpirqOGJJc_w7eQ7yTZ0C0Xhcg0bVwErk6dNP03cnBcYkEuMMXzLP13CLQlPFWI9-6qZgjXdPK2SaeI-2vWwUc8hgniwxUpNxdwJLQEgylf39JirT33pq0yjfLw46tNz7DlQpiALlzT_AjkPeYyZw4amkmgxW-Yuk9cs/s16000/PicsArt_06-09-07.29.34_compress30.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinrTT-bH-XXekIHDYUPdzqrpirqOGJJc_w7eQ7yTZ0C0Xhcg0bVwErk6dNP03cnBcYkEuMMXzLP13CLQlPFWI9-6qZgjXdPK2SaeI-2vWwUc8hgniwxUpNxdwJLQEgylf39JirT33pq0yjfLw46tNz7DlQpiALlzT_AjkPeYyZw4amkmgxW-Yuk9cs/s72-c/PicsArt_06-09-07.29.34_compress30.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2022/06/badai-phk-di-industri-start-up-dan.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2022/06/badai-phk-di-industri-start-up-dan.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy