Demo Mahasiswa, Butuh Arah Perubahan yang Hakiki!

ideologi islam

Mahasiswa harus memahami bahwa islam bukanlah sebatas agama ritual, tetapi islam adalah agama politis. Islam tak hanya mengatur terkait tata cara ibadah mahdah, tetapi juga memiliki seperangkat aturan terkait politik, ekonomi, sosial, hankam, hukum, moneter, dsb. Yang bila diterapkan maka mampu menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Oleh : Fathimah A. S.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mengadakan demonstrasi di depan gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022). Aksi tersebut merupakan lanjutan dari serentetan aksi yang telah lalu. Disamping menyampaikan 4 tuntutan baru, para mahasiswa juga menuntut respon pemerintah atas 18 tuntutan yang telah mereka sampaikan pada aksi sebelumnya (news.detik.com, 11/04/2022).

Tuntutan tersebut antara lain berisi mengenai penundaan pemilu dan revisi UU IKN, tuntutan lainnya mengenai stabilitas harga bahan-bahan pokok untuk masyarakat dan penyelesaian konflik agraria. Sedangkan tuntutan lainnya, adalah UU cipta kerja, pengoptimalan SDM dalam negeri, pemberantasan korupsi, peningkatan kualitas pendidikan, dsb. Para mahasiswa juga mendesak agar pemerintah mendengarkan aspirasi rakyat dan bukan aspirasi partai (tribunnews.com, 11/04/2022).

Aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan mahasiswa kepada atas berbagai problem yang terjadi hari ini. Bagi mahasiswa, aksi adalah cara paling realistis agar aspirasi mereka didengar oleh pihak yang berkuasa, agar kehidupan rakyat menjadi lebih baik. Ini patut mendapat apresiasi, pasalnya ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa kepada problem negeri. Mahasiswa yang selama ini cenderung berkutat pada dunia perkuliahan, nampaknya mulai terbangun dari tidur panjangnya.

Namun, seharusnya tuntutan yang didengungkan para mahasiswa tidak hanya berhenti sampai disitu. Sebab tuntutan-tuntutan yang disuarakan oleh para mahasiswa, tak ubahnya adalah problem cabang. Sudah seharusnya mahasiswa memahami akar masalah yang menyebabkan problem sistemik ini terus berulang. Tak lain adalah mengakarnya sistem kapitalisme di negeri ini yang akhirnya melahirkan kebijakan pro elit dan oligarki.

Negeri ini sedang menggenggam erat kapitalisme, sebuah ideologi yang berasaskan sekulerisme, yaitu pemisahan agama dari kehidupan. Ideologi yang bersumber dari ide manusia ini melahirkan kebijakan-kebijakan yang juga berasal dari pemikiran manusia yang terbatas. Sehingga rentan menimbulkan berbagai problem. Terlebih lagi, kapitalisme menilai segala sesuatu berdasarkan kepuasan materi. Sehingga, demi melanggengkan kekuasaannya, para elit terus melakukan berbagai manuver politik.

Bahkan, penguasa rela berselingkuh dengan pengusaha untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Cenderung bersikap abai bila rakyat harus menanggung berbagai kesulitan hidup. Maka wajar apabila diamati, kebijakan yang ditelurkan cenderung merugikan rakyat dan pro para kapital (pemilik modal). Dengan demikian, problem utama di negeri ini adalah karena aturan yang diterapkan tidaklah bersumber dari aturan Sang Pencipta.

Mahasiswa muslim sebagai agen perubahan sosial, sudah seharusnya paham arah perubahan hakiki yang hendak dituju, yaitu berbasis ideologi islam. Sebab hanya ideologi islam-lah yang memiliki asas yang benar, yaitu keimanan kepada Allah, Sang Pencipta dunia. Sehingga aturan kehidupan yang muncul darinya dipastikan merupakan aturan yang benar. 

Mahasiswa harus memahami bahwa islam bukanlah sebatas agama ritual, tetapi islam adalah agama politis. Islam tak hanya mengatur terkait tata cara ibadah mahdah, tetapi juga memiliki seperangkat aturan terkait politik, ekonomi, sosial, hankam, hukum, moneter, dsb. Yang bila diterapkan maka mampu menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Dengan memahami solusi hakiki dari problem negeri, maka mahasiswa akan mampu merespon berbagai persoalan dengan kacamata yang benar. Mahasiswa tak mudah tergoda rayuan pragmatis yang diberikan rezim hari ini, seperti harta atau kekuasaan, yang justru memperkuat langgengnya kekuasaan kapitalis hari ini. Sudah cukup berkali-kali hati ini tersakiti dan merasakan jauhnya kata sejahtera. Mahasiswa harus fokus pada perubahan yang berasaskan akidah islam, yaitu menjadikan ideologi islam sebagai solusi tuntas problem negeri.

Penerapan ideologi Islam telah terbukti berhasil mewujudkan peradaban yang makmur dan masyhur selama kurang lebih 13 abad. Berbagai bangsa, agama, suku, dan ras pernah hidup dengan aman, damai, sejahtera, dan penuh keadilan dalam satu institusi bernama Khilafah. Khilafah juga memiliki wilayah kekuasaan yang terbentang dari ujung timur ke ujung barat, dengan luas mencapai dua pertiga dunia. Kesejahteraan rakyatnya merata di seluruh wilayah, sehingga ibukotanya mampu berpindah-pindah tanpa harus mengeluarkan biaya dari nol.

Sehingga, sudah seharusnya inilah arah perjuangan hakiki yang dituju mahasiswa. Maka, kita harus bercermin pada Rasulullah SAW dalam melakukan perubahan. Sebab beliaulah suri tauladan kita, yang telah terbukti mampu melakukan perubahan nyata di kota Mekkah hingga mampu hijrah ke kota Madinah, tanpa kekerasan sedikitpun. Sungguh, sebagai mahasiswa muslim, sudah seharusnya kita mulai mengkaji islam kafah dan mendakwahkannya kepada orang-orang sehingga semakin banyak orang yang memahami pentingnya kita untuk taat secara kafah.

Wallahu A'lam Bi Shawwab.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Demo Mahasiswa, Butuh Arah Perubahan yang Hakiki!
Demo Mahasiswa, Butuh Arah Perubahan yang Hakiki!
ideologi islam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgthYz6PPgbF6vqsTOSydrCjgmyZAa3f5_2i4UKFsZSUC-gJ9rt5AB8Turh7Srr7Trg2qFOyTPRvCmbPTqvNJfFkkRak486xWzvFHMJIO0nQLYVeK_4i47WzaFpLXieY0S7DvIvTuu_b-Hnb9Y5sE3SIH7TiHMeGyBO0Eq0flDko4Nb60qaz7TNreyy/s16000/PicsArt_04-20-08.35.16_compress3.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgthYz6PPgbF6vqsTOSydrCjgmyZAa3f5_2i4UKFsZSUC-gJ9rt5AB8Turh7Srr7Trg2qFOyTPRvCmbPTqvNJfFkkRak486xWzvFHMJIO0nQLYVeK_4i47WzaFpLXieY0S7DvIvTuu_b-Hnb9Y5sE3SIH7TiHMeGyBO0Eq0flDko4Nb60qaz7TNreyy/s72-c/PicsArt_04-20-08.35.16_compress3.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2022/04/demo-mahasiswa-butuh-arah-perubahan.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2022/04/demo-mahasiswa-butuh-arah-perubahan.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy