Jangan Jahiliyahkan Indonesia dengan 1000 Sesajen dan Dupa

hukum sesajen dalam islam

hukum sesajen adalah haram karena termasuk perbuatan syirik akbar yang dosanya tidak diampuni, sebagaimana firman Allah dalam alQuran Surat An-Nisa:48 yang artinya: "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), tetapi Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Siapapun yang mempersekutukan Allah sungguh telah berbuat dosa yang sangat besar."

Oleh: Aprilia Restiana

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman suku, budaya, bahasa, adat istiadat, dan agama. Sehingga untuk menjaga keharmonisan keanekaragaman ini hendaklah disikapi dengan bijaksana, saling menghargai, dan tidak turut ikut campur antar agama.

Dilansir dari Times Indonesia, Sabtu tanggal 22 Januari 2022 kegiatan Doa Lintas Agama dan Ngaji Budaya 1000 Sajen dan Dupa di gelar di depan Balai Kota Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan komunitas dari berbagai kalangan budaya dan agama se Jawa Timur. Selain doa bersama, guna menghilangkan persepsi buruk tentang sajen dan dupa, Gus Hisa sebagai koordinator kegiatan menekankan bahwa sajen artinya menyajikan sedangkan dupa sebagai wewangian budaya Jawa yang harus dilestarikan.

Berkaca dari kegiatan tersebut, banyak point yang perlu kita telaah lagi. Seperti pelegalan sesajen dan dupa atas nama budaya, serta doa bersama antar agama.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sesajen atau sajen adalah makanan (bunga-bungaan dan sebagainya) yang disajikan kepada orang halus dan sebagainya. Sesajen juga berarti sajian atau hidangan yang memiliki nilai sakral yang dilakukan untuk mencari berkah di tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat.

Hal ini sangat jelas sekali bahwa hukum sesajen adalah haram karena termasuk perbuatan syirik akbar yang dosanya tidak diampuni, sebagaimana firman Allah dalam alQuran Surat An-Nisa:48 yang artinya:

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), tetapi Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Siapapun yang mempersekutukan Allah sungguh telah berbuat dosa yang sangat besar."

Dupa adalah luban (kemenyan, setanggi, dan sebagainya) yang apabila dibakar asapnya berbau harum. Menggunakan dupa untuk aktivitas yang dilarang islam seperti membakarnya sebagai bagian ritual memanggil jin/makhluk halus atau penyembahan alam hukumnya haram, sementara jika penggunaannya untuk hal-hal yang diizinkan syara' hukumnya mubah sebagaimana penggunaan benda lainnya.

Sementara itu, mencampuradukkan agama dengan menganggap semua agama benar yang tercermin dari doa bersama lintas agama, haram hukumnya. Sebagaimana firman Allah dalam alQuran surat Al-Baqarah:42 yang artinya:

"Janganlah kamu campuradukkan kebenaran dengan kebatilan dan (jangan pula) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya."
Hal ini tentu sangat berbahaya, sebab pencampuradukan antara yang hak dan batil akan mengaburkan ajaran Islam dan mengantarkan pada terkikisnya ajaran Islam itu sendiri hingga hilang tergantikan ritual dari agama lain.

Sungguh kegiatan Doa Lintas Agama dan Ngaji Budaya 1000 Sajen dan Dupa telah mempertontonkan syirik akbar berbalut moderasi beragama serta pengkerdilan islam yang dianggap harus bisa menyesuaikan dengan budaya lokal dan dipisahkan dari kehidupan bernegara yang kemudian dilegalkan negara dibuktikan dengan adanya penjagaan ketat oleh aparat keamanan.

Mirisnya Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim dominan tidak mampu menjadi pelindung akidah rakyatnya malah justru melestarikan dan mempertontonkan kesyirikan secara nyata.

Inilah wajah asli dari sistem kapitalis yang dianut oleh hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Dalam sistem ini tidak mengenal halal dan haram, agama tidak menjadi prioritas yang perlu dijaga dan dilindungi sebab tidak menghasilkan pundi-pundi cuan. Bahkan sistem ini tidak segan-segan menodai apabila suatu agama menghalangi jalannya meraup keuntungan meski terbukti haram.

Bagaimana Islam menjaga akidah dan toleransi beragama?

Allah telah mengutus Rasulullah SAW bertepatan pada sebuah zaman jahiliyah dimana kesyirikan merajalela saat itu. Diutusnya Rasulullah kalau itu guna mengokohkan kembali pondasi tauhid serta menghapus segala bentuk penghambaan kepada selain Allah.

Oleh karena itu Rosulullah kemudian mendirikan sebuah negara islam dengan sistem Islam di dalamnya, Negara dengan sistem islam, Khilafah memiliki peran serta tanggung jawab besar dalam menjaga akidah umat.

Seorang Khalifah akan menanamkan dasar akidah pada setiap umat islam baik melalui kurikulum pendidikan ataupun dakwah dan pembinaan pada masyarakat. Sehingga dengan pembinaan ini, umat islam akan semakin kokoh akidahnya dan jauh dari kesyirikan dan pemurtadan.

Negara Khilafah juga menjamin keharmonisan hubungan antar agama dan kehidupan. Fakta dari kehidupan Rasulullah SAW di Madinah dapat menjadi contoh nyata bagaimana islam mengatur dan menjaga keharmonisan hubungannya dengan nonmuslim sebagaimana tertuang dalam perjanjian yang disebut Piagam Madinah pasal 16 berbunyi:

"Orang Yahudi yang mengikuti kami dipastikan berhak atas dukungan kami dan persamaan hak yang sama seperti salah satu dari kami. Dia tidak boleh didzalimi dan tidak boleh diserang." (Syeikh Muhammad Khudari Bek 2013, Negara Khilafah Jil. 1 hal 158, PTI)

Namun sayang, persamaan hak dan keharmonisan kehidupan antar agama tanpa merusak akidah hanya bisa terwujud dengan penerapan sistem Islam, Negara Khilafah. Dan untuk mewujudkannya perlu diikhtiarkan dengan dakwah dan pemahaman Islam secara kaffah serta tak lupa untuk senantiasa bertaqarrub kepada Allah agar Indonesia terbebas dari kejahiliyahan 1000 sesajen dan dupa.

Wallahu'alam bis showab

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,50,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3555,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Jangan Jahiliyahkan Indonesia dengan 1000 Sesajen dan Dupa
Jangan Jahiliyahkan Indonesia dengan 1000 Sesajen dan Dupa
hukum sesajen dalam islam
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg_CNn0_qD6vNQhr0veL5S1j78T1SnrG1f9Eb4GqwmvQSjVglCAfQ74C90en7Oq88mR-xlGZ7dKcOzFPI4dlgnK3lm_P_2c5hmO7uwfaNdiTVd7FdE1l6UPKOrS4nGfEgawqoSPQAsjYxlDrTtgTJFrOAHnzV6OTaCotQJQgIcOTu2Erj2BvjX5_7OV=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg_CNn0_qD6vNQhr0veL5S1j78T1SnrG1f9Eb4GqwmvQSjVglCAfQ74C90en7Oq88mR-xlGZ7dKcOzFPI4dlgnK3lm_P_2c5hmO7uwfaNdiTVd7FdE1l6UPKOrS4nGfEgawqoSPQAsjYxlDrTtgTJFrOAHnzV6OTaCotQJQgIcOTu2Erj2BvjX5_7OV=s72-c
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2022/01/jangan-jahiliyahkan-indonesia-dengan.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2022/01/jangan-jahiliyahkan-indonesia-dengan.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy