KLITIH, SEBAB DAN SOLUSINYA

klitih yogya

Yogyakarta, Akhir – akhir ini dibuat geger dengan peristiwa kejahatan jalanan yang melukai korbannya dengan cara dibacok, clurit, dan melempari gir rantai sepeda motor. Kejahatan yang dilakukan pada waktu malam hari dengan sasaran semua pengguna jalan baik laki maupun perempuan bahkan tak kenal usia dengan motif yang tidak jelas, bukan perampokan, pejambretan, maupun dendam.

Oleh : M. Azzam Al Fatih | Pemerhati umat dan aktivis dakwah

Yogyakarta, Akhir – akhir ini dibuat geger dengan peristiwa kejahatan jalanan yang melukai korbannya dengan cara dibacok, clurit, dan melempari gir rantai sepeda motor. Kejahatan yang dilakukan pada waktu malam hari dengan sasaran semua pengguna jalan baik laki maupun perempuan bahkan tak kenal usia dengan motif yang tidak jelas, bukan perampokan, pejambretan, maupun dendam.

Kejahatan yang dilakukan oleh anak – anak remaja ini biasa disebut"klitih". klitih ( padanan kata dengan klithih ) adalah bahasa Jawa yang artinya jalan – jalan namun dalam rangka mencari mangsa. Dalam aksinya, jelas yang dianggap mangsa adalah semua orang yang dia jumpai di jalan. Tentunya peristiwa ini sangat meresahkan masyarakat terutama bagi para karyawan dan pedagang yang biasa mencari rezeki pada malam hari.

Tindak kejahatan ini pun akhirnya menjadi perhatian khusus oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Sri Sultan Hamengku Buwono ke 10. Menurutnya keluarga mempunyai peranan penting dalam penanganan Masalah klitih ini. Oleh karena itu perlu dibangun keluarga yang tangguh dengan memaksimalkan dialog dengan keluarga pelaku. Sedangkan proses hukum tetap menjadi kewenangan pihak yang berwajib. Hal ini di sampaikan beliau pada hari Rabu 05 February 2020 kemarin di lapangan kenari. Rencananya Beliau akan menerbitkan pergub meskipun belum jelas kapan akan di terbitkan. Selain itu sudah ada upaya dengan memasang spanduk himbauan bahwa aparat akan menindak tegas pelaku klitih.

Memang benar bahwa pelaku yang didominasi oleh remaja tersebut disebabkan karena kurangnya pendidikan dan Perhatian dari orang tua. sehingga usia remaja yang sebenarnya sedang mencari jati diri, terarah kepada hal – hal yang negatif. Usia remaja yaitu usia peralihan dari anak – anak menuju dewasa. Tentunya emosi dan pola pikirnya sangat berpengaruh dalam hal mencari jati dirinya. Maka wajar jika seorang anak yang kurang pendidikan dan pengarahan orang tua, condong mengikuti teman – teman seusia bahkan diatasnya. Jika dia sekarang dengan teman yang baik, Alhamdulillah dia menjadi baik. Namun sebaliknya tatkala dia dekat dengan teman negatif tentu yang terjadi adalah mengikutinya seperti komunitas klitih ini.

Kerusakan remaja seperti klitih dan lainya sebenarnya merupakan akibat dari sistem pendidikan Sekulerisme. Sistem bathil yang selama ini tetap dipertahankan. Di mana Aturan agama dipisah dari kehidupan. Aturan agama yang diterapkan dan diajarkan hanya masalah sholat, zakat, shodaqoh, dan haji. Sedang aturan lainya hilang dari kehidupan manusia. Seperti aturan berpakaian, pergaulan, ekonomi, dan politik hilang dari kehidupan kaum muslim. Dan sejatinya sistem Sekulerisme merupakan alat penjajahan sistematis, yang tak sadar kaum muslim bertekuk lutut tanpa ada daya apapun. Segalanya telah hancur baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

Oke, sekarang kita toleh ke belakang. Pada zaman Rosululloh SAW, zaman di mana Islam diterapkan secara sempurna. Bukankah kita dapati para remaja dan kaum muda telah mengukir prestasi. Keberanian dan semangat yang tinggi dalam membela kebenaran. Misal Ali bin Abi Thalib, dimasa usianya yang masih remaja berani menggantikan tidur Rosululloh SAW. ketika itu, Baginda mendapat ancaman pembunuhan berencana dari kaum kafir Quraisy. Keberanian Ali pun ditunjukkan ketika terjadi perang khandaq, Ali meloncat dan siap tempur dengan melambaikan pedangnya. Subhanallah, remaja pemberani seperti Ali bin Abi Thalib tak lepas dari binaan dan pendidikan Baginda Rasulullah SAW. Lebih mencintai Allah SWT dan Rasulullah SAW daripada gemerlapnya dunia, bahkan dunia di jadikan wasilah cintanya kepada Allah SWT.

Bahkan para pengukir peradaban dunia Islam rata – rata di usia muda, mereka telah berprestasi dengan hafal Al Qur’an maupun ribuan hadist. Sebut saja Abu Hurairah, Anas bin Malik, Aisyah binti Abu Bakar, Abdullah Bin Abbas, dan Jabir Bin Abdullah. Dan masih banyak lagi para remaja berprestasi pada zaman para kholifah hingga kekhilafahan Turki Utsmaniyah.

Kita pun teringat, sosok Muhammad Al Fatih, pemuda pengukir sejarah yang dikenang sepanjang masa baik muslim maupun kafir. Pemuda yang membuktikan kebenaran kabar Rosululloh SAW berupa takluknya konstantinopel oleh seorang pemuda, dan dirinyalah yang di maksud Baginda Nabi Muhammad SAW.

Itulah Islam ketika diterapkan secara kaffah, selain mencerdaskan umat, mencetak remaja hebat, juga menjadikan rahmat bagi seluruh umat manusia.

Maka, hanya dengan islamlah solusi terbaik menanggulangi kejahatan jalanan klitih dan kejahatan lainnya. Dengannya segala kemungkaran akan sirna seiring munculnya kebaikan – kebaikan efek diterapkanya sistem Islam.

Allah SWT berfirman dalam QS Al isra ayat 81

وَقُلْ جَاۤءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ۖاِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا

“Dan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap”

Dengan sistem Islam ini, pendidikan bagi anak dan remaja yang merupakan pembentukan dasar pola pikir dan sikapnya akan terbentuk. Pendidikan yang lebih mengenalkan pada Al kholiq dan wajibnya untuk mengabdi kepada Allah SWT. Dengan sistem Islam kesejahteraan rakyat lebih diprioritaskan. ekonomi akan terjamin dengan baik karena sumber daya alam yang merupakan milik umat akan dikelola oleh negara dan dikembalikan kepada umat. Begitu juga pencuri, korupsi, merampok harta negara akan sirna dengan diterapkanya hukuman Islam, yang tentunya akan membuat jera pelaku dan menjadi pelajaran bagi orang yang mau berbuat kejahatan.

Alhasil kejahatan jalanan remaja seperti klitih dan lainnya akan sirna dengan diterapkanya syariat Islam dalam sistem Islam pula. Dengan demikian, sangat jelas solusi mendasar mengatasi klitih hanya kembali kepada aturan yang buat oleh Allah SWT, pencipta dan penguasa jagad raya.

Wallahu’Alam Bhishowwab.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,185,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,49,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3553,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,110,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: KLITIH, SEBAB DAN SOLUSINYA
KLITIH, SEBAB DAN SOLUSINYA
klitih yogya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqe9BFuTToQkI5L9wsDsaEiRJD5OrCI7BI4Pg6hFXEBHIBa2kTfxx8TqjfQtWZTUsYncS5p6vxrNtYB-sZ1uB5wMF5YPVxTsu4SezSEfFaKVlgMp7lTNLqvdkTNvtJdHFCyK7xXUbp5MU/w640-h640/PicsArt_11-12-03.04.46_compress41.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqe9BFuTToQkI5L9wsDsaEiRJD5OrCI7BI4Pg6hFXEBHIBa2kTfxx8TqjfQtWZTUsYncS5p6vxrNtYB-sZ1uB5wMF5YPVxTsu4SezSEfFaKVlgMp7lTNLqvdkTNvtJdHFCyK7xXUbp5MU/s72-w640-c-h640/PicsArt_11-12-03.04.46_compress41.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2020/11/klitih-sebab-dan-solusinya.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2020/11/klitih-sebab-dan-solusinya.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy