POLITIK KEUMATAN TIDAK BERSANDAR PADA ORIENTASI KEKUASAAN

Politik keumatan berorientasi pada kemaslahatan umat dengan menempuh jalan dakwah melalui aktivitas Amar Ma'ruf nahi Munkar. Politik keumatan, tidak berorientasi pada kekuasaan.

Politik keumatan berorientasi pada kemaslahatan umat dengan menempuh jalan dakwah melalui aktivitas Amar Ma'ruf nahi Munkar. Politik keumatan, tidak berorientasi pada kekuasaan.

Oleh : Ahmad Khozinudin |Sastrawan Politik

Politik keumatan berorientasi pada kemaslahatan umat dengan menempuh jalan dakwah melalui aktivitas Amar Ma'ruf nahi Munkar. Politik keumatan, tidak berorientasi pada kekuasaan.

Oleh karenanya, politik keumatan tidak bisa dibajak oleh kekuatan politik kepartaian, yang berorientasi pada Kekuasaan. Politik keumatan juga tak akan ditelikung oleh para petualang kekuasaan, baik menggunakan jalan partai maupun jalur independen, untuk berlaga dalam kontestasi politik khususnya pada giat Pilkada.

Politik keumatan akan mengontrol Kekuasaan termasuk dalam proses rekrutmen kekuasaan, tetapi tidak terlibat dalam kekuasaan itu sendiri. Karena itu, bagi elemen partai maupun individu yang ingin memanfaatkan gerakan politik keumatan untuk mencari dukungan dalam Pilkada, dapat dipastikan akan kecewa.

Politik keumatan akan selalu hidup dan bergerak dalam setiap denyut nadi Politik Negara. Gerakan politik keumatan, bukanlah mesin politik yang digunakan untuk mendulang suara, lalu ditinggalkan setelah kontestasi berakhir.

Gerakan politik keumatan akan menjadi rival politik gerakan politik kepartaian. Sebab, arah orientasi politiknya berbeda. Orientasi partai pada kekuasaan, sementara gerakan politik keumatan yang dimotori Ormas berorientasi pada Umat, mewujudkan kemaslahatan umat berdasarkan pertimbangan Syara'.

Gerakan politik keumatan merupakan antitesa gerakan politik kepartaian, sekaligus menjawab kebuntuan politik perjuangan umat yang selama ini telah kenyang dikhianati oleh partai politik. Gerakan politik keumatan akan mendeligitimasi eksistensi partai politik, dan menjadi model baru arah perjuangan politik Umat Islam.

Core utamanya tetap Politik, tetapi tidak mengambil jalur kepartaian dan tidak berorientasi pada kekuasaan. Gerakan ini lebih terjamin kemurniannya, karena steril dari intervensi penguasa melalui tawaran jabatan dan kekuasaan.

Fenomena gerakan politik keumatan ini menguat, seiring rontoknya kepercayaan umat pada partai politik. Dalam diskursus RUU HIP misalnya, jika tidak ada gerakan politik keumatan niscaya RUU ini telah menjadi undang undang. Sebab, partai politik gagal menjalankan amanah menyuarakan aspirasi umat.

Partai politik mudah ditundukkan dengan ancaman atau kompensasi kekuasaan. Setiap parpol, memiliki borok politik. Borok politik ini bisa dibongkar lawan, jika tak sependapat dengan kehendak Rezim.

Partai politik berorientasi pada kekuasaan, karenanya gerakan perlawanan partai mudah ditundukkan dengan kompensasi kekuasaan. Partai-partai berteriak hanya karena lapar, begitu dapat jatah makan, begitu partai kenyang, partai tak lagi bersikap kritis.

PA 212, GNPF ULAMA, FPI, HTI, adalah pelopor gerakan politik keumatan. Eksistensi gerakan politik Ormas, tak bisa dikesampingkan oleh partai politik.

Gerakan politik keumatan ini perlahan akan membesar seiring meningkatnya kepercayaan Umat pada ormas dan melemahnya kepercayaan umat pada partai politik.

Kedudukan Muhammadiyah, NU, Persis, dan berbagai elemen Ormas Islam lainnya, akan mendapat kepercayaan umat jika mengadopsi gerakan politik keumatan. Sebaliknya, jika Ormas bergerak dalam gerakan politik kepartaian, gerakan politik yang berorientasi pada kekuasaan, gerakan politik yang mengabaikan aspirasi Umat dan meninggalkan dakwah Amar Ma'ruf nahi Munkar, dipastikan perlahan akan meredup dan ditinggalkan Umat.

Peran NU, Muhammadiyah, SI pada periode lampau, telah mengadopsi gerakan politik keumatan. Pada saat Orde Baru, peran politik Ormas ini mulai disekulerkan oleh Rezim Orde Baru.

Sekali lagi, gerakan politik keumatan merupakan jawaban atas berbagai problematika gerakan politik kepartaian. Gerakan ini, perlahan akan membawa umat pada politik sesungguhnya, yakni Politik yang Agung, yang mendasarkan pergerakan pada Al Qur'an dan as Sunnah. [].

Nb.
1. Politik kepartaian adalah gerakan politik yang berorientasi pada kekuasaan yang dijalankan oleh partai politik, selain mengunakan sarana agitasi opini dan narasi politik, Partai Politik juga dapat mengakses dan dapat memaksimalkan sarana struktur politik yang tersedia seperti kewenangan, jabatan, dan kekuasaan.

2. Politik keumatan adalah gerakan politik yang berorientasi pada Umat, yang dijalankan oleh organ politik non partai baik berupa Ormas, LSM, pressure group, kelompok cendekia, akademisi, mahasiswa, dll. Gerakan ini tak bisa mengakses sarna politik struktural negara yang memiliki kewenangan, otoritas dan kekuasaan.

Politik yang dijalankan, mengandalkan kekuatan Narasi Opini, agitasi Politik, konsolidasi dan gerakan massa, serta berbagai propaganda dan sarana agitasi ditengah Umat baik melalui ceramah, khutbah Jum'at, pengajian, Tabligh Akbar, dll, yang dimasifkan melalui sosial media.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,185,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,49,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3555,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: POLITIK KEUMATAN TIDAK BERSANDAR PADA ORIENTASI KEKUASAAN
POLITIK KEUMATAN TIDAK BERSANDAR PADA ORIENTASI KEKUASAAN
Politik keumatan berorientasi pada kemaslahatan umat dengan menempuh jalan dakwah melalui aktivitas Amar Ma'ruf nahi Munkar. Politik keumatan, tidak berorientasi pada kekuasaan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3EOpdxxAHcwBcxBvXWzMscmQJpjE4HQu7KKhB6feuC89PfloXVTwZWqeq-EiYjT0tc-2yuJLQGNU9p9j-2V0A88VcznSdCF0pv-Ct_sLNepADZMJJR3aT6dpaArGIcXLvkMrc-fYf6-o/s640/PicsArt_07-20-10.50.47.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3EOpdxxAHcwBcxBvXWzMscmQJpjE4HQu7KKhB6feuC89PfloXVTwZWqeq-EiYjT0tc-2yuJLQGNU9p9j-2V0A88VcznSdCF0pv-Ct_sLNepADZMJJR3aT6dpaArGIcXLvkMrc-fYf6-o/s72-c/PicsArt_07-20-10.50.47.jpg
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2020/07/politik-keumatan-tidak-bersandar-pada.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2020/07/politik-keumatan-tidak-bersandar-pada.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy