Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Ungkap Hacker Tiongkok dan Iran Retas Kampanye Capres Amerika

Google Ungkap Hacker Tiongkok dan Iran Retas Kampanye Capres A

Google baru saja mengumumkan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi adanya upaya peretasan yang disponsori pemerintah, atas staf kampanye capres AS yakni Joe Biden dan Donald Trump.

Melansir Mashable, pemerintah yang ada di balik peretasan ini adalah Tiongkok dan Iran.

Disebut oleh Shane Huntley yang merupakan direktur analisis ancaman, bahwa sebuah "ancaman persisten tingkat lanjut" dari Tiongkok menarget staf kampanye Biden, dan ancaman serupa dari Iran menarget Trump. Keduanya menggunakan cara peretasan berupa phishing.

"Ancaman persisten tingkat lanjut" ini adalah sebuah serangan siber terstruktur dan terencana yang dimaksudkan secara diam-diam mendapatkan akses ke jaringan komputer. Peretasan semacam ini biasanya berlangsung bertahun-tahun dan tetap fokus pada target.

Serangan Gagal

Juru bicara Google mengonfirmasi bahwa serangan ini nyata, namun tidak ada bukti bahwa serangan ini berhasil membobol. Serangan ini dianggap gagal dan dihalau sebelum terdapat korban.

Google menyarankan pada penegak hukum AS bahwa staf kampanye harus menggunakan perlindungan ekstra terlebih untuk pekerjaan dan email pribadi mereka.

Huntley sendiri menyebut bahwa jika seseorang adalah staf kampanye, email pribadi biasanya jadi target. Disarankan penggunaan otentikasi dua faktor atau Advanced Protection. (mdk/idc)
Sumber : Merdeka

2 comments for "Google Ungkap Hacker Tiongkok dan Iran Retas Kampanye Capres Amerika"

  1. Positive site, where did u come up with the information on this posting?I have read a few of the articles on your website now, and I really like your style. Thanks a million and please keep up the effective work. hire a computer hacker

    ReplyDelete
  2. It is included in my habit that I often visit blogs in my free time, so after landing on your blog. I have thoroughly impressed with it and decided to take out some precious time to visit it again and again. Thanks. Hire a professional phone hacker

    ReplyDelete