Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ramadhan, Momen bangsa untuk taat!


Oleh : Anisa Septaz

Suasana bulan Ramadhan tahun ini memanglah berbeda. Pasalnya, Ramadhan kali ini disertai dengan masalah wabah Covid-19 yang belum juga surut sejak Maret 2020. Akan tetapi, Ramadhan tetaplah Ramadhan, bulan terbukanya beribu pintu taubat.

Ramadhan merupakan bulan yang mengandung peluang emas untuk bertaubat kepada Allah ta’aala. Barangsiapa yang bersungguh-sungguh dalam berpuasa di bulan ini, maka Allah ta’aala akan mengampuni segenap dosanya sehingga ia diumpamakan bagai berada di saat hari ia dilahirkan ibunya. Setiap bayi yang baru lahir dalam ajaran Islam dipandang sebagai suci, murni tanpa dosa .

Bersabda Rasululah shollallahu ’alaih wa sallam, “Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan di mana Allah ta’aala wajibkan berpuasa dan aku sunnahkan kaum muslimin menegakkan (sholat malam). Barangsiapa berpuasa dengan iman dan dan mengharap ke-Ridhaan Allah ta’aala, maka dosanya keluar seperti hari ibunya melahirkannya.” (HR Ahmad 1596)
(www.eramuslim.com)

Kasus wabah ini bukanlah halangan bagi umat Islam dalam menjalankan segala bentuk ibadah di bulan Ramadhan. Justru, Ramadhan adalah momen terbaik seluruh insan untuk bertaubat kepada Allah atas kelalaian dalam mengabaikan hukum-hukum dan hanya mengambil sebagian dari hukumNya.

Ramadhan menjadi momen dimulainya taat terbaik dalam menjalankan seluruh syariatnya secara kaffah.
Ramadhan mestinya menjadi jalan muhasabah bagi seluruh umat Islam. Munculnya wabah ini tidak hanya secara kebetulan, melainkan karena adanya hukum Allah yang tidak diterapkan. Hukum Allah yang begitu sempurna mengatur bagaimana makanan yang sampai pada perut kita haruslah makanan yang halal dan thayyib. Akan tetapi, hukum tersebut ditinggalkan. Hanya dijalankan oleh sebagian, sebab yang masing-masing tak ada rasa untuk saling mengingatkan. Sebab negara saat ini tak mengatur urusan itu.

Momen Ramadhan adalah momen terbaik bangsa ini bertaubat dan mengahantarkan pada solusi tuntas permasalah dunia termasuk solusi dari masalah wabah Covid19.

Taat tak cukup hanya diri sendiri. Sebuah bangsa menjadi kunci untuk menjalankan ketaatan secara sempurna. Ketaatan akan menjalankan hukum-hukum Allah secara sempurna hanya bisa dilakukan dalam bingkai Khilafah Islamiyah, bukan dengan sistem buatan manusia.

Wallahualam.

Post a Comment for "Ramadhan, Momen bangsa untuk taat!"