Kronologis Pencopotan Logo Palu Arit Pada Spanduk Relawan Covid-19 Lapago

Kronologis Pencopotan Logo Palu Arit Pada Spanduk Relawan Covid-19 Lapago

Perihal : Monitoring Pencopotan Spanduk/Benner Relawan Covid - 19 Lapago yang terdapat gambar  Palu Arit mirip Simbol PKI di Sekretariat Relawan Covid 19 Lapagi, Jl. pattimura Wamena, Kab. Jayawijaya.

I. FAKTA-FAKTA.

1. Pada hari Sabtu, tanggal 16 Mei 2020, pukul 23.30 WIT,  bertempat di sekertariat relawan covid 19 Lapago Jl. Pattimura Distrik Wamena Kab. Jayawijaya telah dilaksanakan Monitoring kegiatan pencopotan Spanduk/Benner Relawan Covid 19 Lapago yang terdapat gambar mirip Palu Arit atau Lambang PKI oleh Tim gabungan personel Intelijen wilayah Kab. Jayawijaya dari Satgas Bais TNI (Satgas Pajajaran dan Satgas Majapahit), BIN, Satgas Maleo Kopasus, Denintel Dam XVII/Cen dan unit Inteldim 1702/JWJ.

2. Kronologis kegiatan sbb :

a. Pukul 23.25 WIT, Tim gabungan menuju ke Polres Jayawijaya dalam rangka melaksanakan koordinasi dengan Polres Jayawijaya mengenai adanya Spanduk/Banner Relawan Covid 19 Lapago yang terdapat gambar mirip Palu Arit simbol PKI di Jl. pattimura Wamena, dengan maksut untuk bersama-sama dengan Tim gabungan  untuk meminta keterangan terhadap Ketua Tim Relawan Covid Lapago An. Sdr. Isak Watipo dan diperoleh penjelasan bahwa konfirmasi terhadap ketua Tim Relawan Covid -19 sebaiknya dilaksankan besok siang saja.

b. Pukul 23.35 WIT, Tim Gabungan berangkat  menuju Sekretariat Posko Relawan Covid 19 Lapago Lapago di Jl. pattimura, Wamena, Kab. Jayawijaya.

c. Pukul 23.40 Wib. Tim Gabungan tiba di Sekretariat Posko Relawan Covid 19 Lapago, selanjutnya memberikan penjelasan secara persuasif kepada para anggota Relawan dan pemuda yang berada di Posko bahwa gambar yang ada di dalam spanduk tersebut ada simbol Palu Arit yang merupakan simbol Partai Komunis Indonesia yang terlarang untuk di pasang di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

d. Pukul 23.50 WIT, dilaksanakan pencopotan Spanduk / Benner oleh Anggota Tim Relawan Covid 19 Lapago dengan dimonitor langsung oleh Tim Gabungan dari Satgas Bais TNI (Satgas Pajajaran dan Satgas Majapahit), BIN, Satgas Maleo Kopasus, Denintel Dam XVII/Cen dan unit Inteldim 1702/JWJ.

3. Adapun Penjelasan dari Sdr. Isak Watipo selaku Ketua Tim Relawan Covid 19 Lapago sbb :

a. Bahwa spanduk tersebut mereka cetak disalah satu percetakan dikota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, sedangkan gambar dalam spanduk tersebut diambil dari Internet.

b. Mereka tidak mengerti mengenai gambar Palu Arit yang terdapat di spanduk tersebut, sehingga dengan adanya penjelasan dari Tim Gabungan, maka malam ini juga mereka akan mencopot spanduk tersebut dan mengganti dengan spanduk yg baru.

c. Atas nama Tim Relawan Covid 19 wilayah Lapago, meminta maaf atas kejadian tersebut, karena pada saat dilakukan pembuatan Spanduk/bener mereka tidak teliti dalam melihat gambar palu arit yang merupakan Simbol PKI di spanduk tersebut dan sama sekali tidak ada unsur kesengajaan dari tim Relawan covid 19 wilayah LAPAGO.

d. Tim Relawan covid 19 Lapago berterima kasih atas saran dan masukan dari Tim Gabungan yang berada di Wamena mengenai permasalahan spanduk tersebut.

4. Pukul 24.00 Wit, Kegiatan Pencopotan Spanduk Tim Relawan Covid 19 Lapago yang memuat gambar Palu Arit yang merupakan Simbol PKI berjalan dengan aman dan tertib.

II. Pendapat Pelapor

1. Kegiatan tersebut dilaksanakan karena menindaklanjuti adanya informasi dari masyarakat kepada Tim Gabungan bahwa gambar yang terdapat di spanduk Tim Relawan Covid 19 Lapago mirip gambar Palu Arit yang merupakan simbol PKI.

2. Tim Gabungan sementara sementara melakukan pendalaman terhadap permasalahan tersebut, untuk mengetahui bahwa apakah kejadian tersebut murni karena ketidak sengajaan ataukah ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi sehingga seakan-akan bahwa Tim Gugus Tugas Covid 19 disponsori oleh PKI.

Dump

Sumber : Grup WAG

0 Response to "Kronologis Pencopotan Logo Palu Arit Pada Spanduk Relawan Covid-19 Lapago"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel