KONSER (bukan) NGAMEN: "minta welas asih"?





By : Pierre Suteki

Sebagaimana diwartakan oleh Beritasatu.com- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar konser solidaritas kemanusiaan bertajuk "Bersatu Melawan Korona," pada Minggu (17/05/2020) pada pukul 19.30- 21.30 WIB. Konser hasil kerja sama BPIP dengan MPR RI, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Indika Foundation, dan GSI Lab.

Lebih lanjut disebutkan oleh Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo, bahwa konser ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden KH Ma'aruf Amin, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Kepala Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. "Konser ini merupakan gerakan bersama sebagai wujud nyata kita dalam mengatasi virus corona dengan segala dampaknya," kata Benny di Jakarta, Jumat (15/05/2020).

Inikah cara mengimplementasikan sila kedua Pancasila secara tepat dan konsisten?

Implementasi sila kemanusiaan Yang Adil dan Beradab itu: TIDAK MENAIKKAN IURAN BPJS DI TENGAH KESULITAN EKONOMI RAKYAT. Bila perlu DEMI PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS KEMANUSIAAN maka tidak perlu Rakyat membayar Asuransi Kesehatan karena itu HAK ASASI WNI.

Sebagaimana yang termaktub dalam Pasal 28H (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI 1945) yang berbunyi:

“Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”.

Kemudian diperjelas kembali pada Pasal 34 ayat (3) yang berbunyi:

“Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum umum yang layak”.

Itu, namanya KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB, tanpa perlu "minta-minta welas asih" cari dana ke RAKYAT dengan KONSER. Apa betu demikian seharusnya? Semoga kita konser bukan sebagai ajang meminta "welas asih" kepada rakyat karena sebenarnya penanggulangan covid-19 ini adalah tanggung jawab mutlak Negara (Pemerintah Pusat dan Daerah). Tugas negaralah untuk "meriayah", melayani rakyatnya, bukan sebaliknya.

Daaaan, semoga tidak ada "CLUSTER" KONSER BPIP!

Tabik..!!!

0 Response to "KONSER (bukan) NGAMEN: "minta welas asih"?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel