Jawaban cerdas ust Irfan Abu Naveed atas cuitan Makmun Rasyid

Irfan Abu Naveed Jawab Makmun Rasyid.

Jawaban cerdas ust Irfan Abu Naveed atas cuitan Makmun Rasyid.

Itu asumsi prematur, sama prematurnya dengan kegagalan anak muda ini memahami maqalah ulama soal definisi Khilafah.

Qultu:

Orang yang selama ini membanggakan hermeneutika kok mendadak menjadi penganut tekstualis fatalistis ya?

Yuk ngaji: Kalau paham bahasa arab, seharusnya mudah memahami alur sederhana ini:

Nabi ﷺ memang tidak menyebut negara yang pertama di bangun, al-Daulah al-Islamiyyah al-Ula sebagai KHILAFAH, kenapa?

Karena lafal Khilafah secara bahasa bermakna PENGGANTI, dari kata khalafa, bisa dirujuk dalam kamus arabiyyah, sebagaimana ia pun disifati oleh al-Qadhi al-Mawardi al-Syafi'i sebagai pengganti kenabian dalam mengatur urusan umat:

الْإِمَامَةُ: مَوْضُوعَةٌ لِخِلَافَةِ النُّبُوَّةِ فِي حِرَاسَةِ الدِّينِ وَسِيَاسَةِ الدُّنْيَا
"Al-Imâmah: pembahasan terkait khilâfat al-nubuwwah (pengganti kenabian) dalam memelihara urusan Din ini dan mengatur urusan dunia (dengannya)."

Kata kuncinya, PENGGANTI KENABIAN, lah, kalau posisi negara tersebut adalah negara pertama, logika sederhananya, terus negara tersebut menggantikan yang mana?

Pada saat yang sama, kalau kajiannya mendalam, tidak prematur dan sepotong-sepotong, niscaya sampai pada hadits-hadits ini:

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

«كَانَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ تَسُوسُهُمْ الْأَنْبِيَاءُ كُلَّمَا هَلَكَ نَبِيٌّ خَلَفَهُ نَبِيٌّ وَإِنَّهُ لَا نَبِيَّ بَعْدِي وَسَيَكُونُ خُلَفَاءُ فَيَكْثُرُونَ»
“Adalah bani Israil, urusan mereka diatur oleh para nabi. Setiap seorang nabi wafat, digantikan oleh nabi yang lain, sesungguhnya tidak ada nabi setelahku, dan akan ada para Khalîfah yang banyak.” (HR. Al-Bukhari & Muslim. Lafal al-Bukhârî)

Logika bahasa:

Khulafa' adalah jamak dari khalifah, para khalifah dalam hadits ini adalah pengganti kenabian dari sisi apa? Pengganti Nabi ﷺ sebagai nabi atau pengganti Nabi ﷺ sebagai pemimpin politik umat? Jelas terjawab dalam kalimat "لَا نَبِيَّ بَعْدِي", artinya pengganti Nabi ﷺ sebagai pemimpin umat.

Memimpin umat itu tentu membutuhkan sistem kepemimpinan, kalau setingkat RT namanya sistem ke-RT-an, kalau setingkat negara? Namanya SISTEM PEMERINTAHAN, betul tidak? Mudah dipahami bukan?

Nah, Sistem Pemerintahan warisan Nabi ﷺ ini dinamakan KHILAFAH, siapa yang bilang begitu? Bukan saya, melainkan Nabi ﷺ dalam haditsnya yang mulia:

«ثُمَّ تَكُونُ خِلاَفَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ»
“Kemudian akan tegak Khilafah di atas manhaj kenabian.” (HR. Ahmad, Al-Bazzar)

Kalimat Khilafatan 'ala Minhaj al-Nubuwwah itu artinya apa? Demokrasi manhaj warisan Montesque? Kejauhan. Jelas manhaj yang berdiri tegak di atas manhaj Nabi ﷺ dalam mengelola pemerintahan yang mengatur urusan umat. Nah, kalimat "'ala minhaj al-nubuwwah" dalam hadits di atas itu, merupakan syibh al-jumlah yang jelasnya menjadi sifat dari khilafah, apa dalilnya? Kaidah bahasa arab:
 "الجمل بعد النكرات صفات". 
Kata siapa? Siapa yang menyifati? Ya jelas Rasulullah ﷺ, kalau khilafah artinya "pengganti kenabian dalam urusan pemerintahan, pengaturan umat", sedangkan "manhaj al-nubuwwah" artinya manhaj Rasulullah ﷺ, artinya ada dong yang namanya Khilafah warisan Rasulullah ﷺ? Sistem pemerintahan warisan Rasulullah ﷺ?

Masih kurang?

Dari Safinah r.a. ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:

«خِلاَفَةُ النُّبُوَّةِ ثَلاَثُونَ سَنَةً»
“Khilafah Nubuwwah itu tiga puluh tahun.” (HR. Abu Dawud, Al-Thabarani)

Terus kalau ada yang bilang hadits-hadits di atas cuma hadits-hadits khabar bagaimana?

Qultu: Itu potret orang yang ngaji balaghah dan ushul-nya sepotong-sepotong, khabar di atas jelas mengandung pujian (madh) pada kedudukan khilafah dalam Islam, makanya dibedakan dengan istilah mulkan, dan digambarkan dalam hadits 'ala minhaj al-nubuwwah dengan penyifatan al-nubuwwah, dan dalam hadits "khilafat al-nubuwwah" lafal khilafah bahkan diatutkan secara tegas (bi al-idhafah) pada lafal al-nubuwwah.

Makanya heran kalau masih saja ada oknum yang mencitraburukkan khilafah sedemikian rupa, padahal Nabi ﷺ menempatkan istilah khilafah pada tempat yang mulia, apa tak takut adzab neraka?

Khilafah nubuwwah era pertama itu era khilafahnya siapa? Era khilafahnya al-Khulafa' al-Rasyidun yang empat, baca kitab para ulama, dan perhatikan perintah (amr) dari Al-’Irbadh bin Sariyah r.a ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:

«عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ ، عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ»
“Hendaklah kalian berpegang teguh pada sunnahku, dan sunnah para khalifah al-rasyidin al-mahdiyyin (khalifah empat yang mendapatkan petunjuk), gigitlah oleh kalian hal tersebut) dengan geraham yang kuat.” (HR. Ahmad, Ibn Majah, Al-Hakim, Al-Baihaqi)

Kata siapa hadits di atas hadits perintah? Yuk ngaji: lafal 'alaykum itu dalam bahasa arab (ilmu sharf) termasuk ism fi'l al-amr, artinya kata benda yang berkonotasi kata kerja perintah, nah, dalam ilmu ushul fiqh, jelas termasuk shiyagh al-amr, yang mengandung tuntutan (thalab), thalab dari siapa? Baginda Rasulullah ﷺ, artinya jelas ya, ADA KHILAFAH WARISAN RASULULLAH ﷺ.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Jawaban cerdas ust Irfan Abu Naveed atas cuitan Makmun Rasyid
Jawaban cerdas ust Irfan Abu Naveed atas cuitan Makmun Rasyid
Irfan Abu Naveed Jawab Makmun Rasyid.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFn7OfvRdNOLj9VrryaVYXrTt7BmWjUutPuAvTEMRZJgM1GZePmwhYLvudRBHpSp5jH5ospyCZz-6E6DXeSTul2PRzKixlrBBhJ56d5r9eoKk8HrA1lfXEbWIoqUgbKvtN6hyphenhyphenaULPMJ9s/s320/PicsArt_05-01-10.41.26.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFn7OfvRdNOLj9VrryaVYXrTt7BmWjUutPuAvTEMRZJgM1GZePmwhYLvudRBHpSp5jH5ospyCZz-6E6DXeSTul2PRzKixlrBBhJ56d5r9eoKk8HrA1lfXEbWIoqUgbKvtN6hyphenhyphenaULPMJ9s/s72-c/PicsArt_05-01-10.41.26.jpg
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2020/05/jawaban-cerdas-ust-irfan-abu-naveed.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2020/05/jawaban-cerdas-ust-irfan-abu-naveed.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy