[Kajian Online AMPUH] Politik dalam pandangan Islam

Islam adalah agama politk tapi tidak bisa disamakan dengan politik praktis dalam tatanan demokrasi kapitalis seperti saat ini. Karena dalam Islam asas politiknya adalah akidah Islam sementara dalam demokrasi kapitalisme asasnya adalah sekulerisme.

Dalam pendekatan bahasa arab, kata politik disepadankan dengan kata siyasyah. Yang berarti mengurusi suatu urusan. Sebagaimana disebutkan dalam hadist riwayat Imam Muslim.

كَانَتْ بَنُوْإِسْرَائِيْلَ تَسُوْسُهُمُ اْلأَنْبِيَاءُ، كُلَّمَا هَلَكَ نَبِيٌّ خَلَفَهُ نَبِيٌّ، وَإِنَّهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدِيْ وَسَتَكُوْنُ خُلَفَاءُ فَتَكْثُرُ. قَالُوْا: فَمَا تَأْمُرُنَا؟ قَالَ: فُوْا بِبَيْعَةِ اْلأَوَّلِ فَاْلأَوَّلِ.  وَأَعْطُوْهُمْ حَقَّهُمْ، فَإِنَّ اللهَ سَائِلُهُمْ عَمَّا اسْتَرْعَاهُمْ

Dulu Bani Israil selalu diurus oleh para nabi. Setiap kali seorang nabi meninggal, ia digantikan oleh nabi yang lain. Sungguh tidak akan ada nabi setelahku, tetapi akan ada banyak khalifah.” Para Sahabat bertanya, “Apa yang engkau perintahkan kepada kami?” Beliau menjawab, “Penuhilah baiat yang pertama, yang pertama saja. Beri mereka hak mereka karena Allah nanti akan meminta pertanggungjawaban mereka atas urusan saja yang telah diserahkan kepada mereka.”  (HR Muslim).

Sementara itu Islam sebagai agama yang mengajarkan politik dan spiritual sekaligus, Islam mewajibkan ummatnya untuk menjadi seorang politikus yakni orang yang mau memikirkan urusan masyarakat. Bahkan dalam sebuah hadist Rasulullah mengancam orang yang tidak mau peduli dengan urusan masyarakat tidak akan di akui sebagai bagian ummat Islam.
[ads-post]
"Siapa saja bangun di pagi haridan perhatiannya kepada selain Allah, maka ia tidak berurusan dengan Allah. Dan barangsiapa yang bangun dan tidak memperhatikan urusan kaum muslimin, maka ia tidak termasuk golongan mereka (kaum muslimin)." (HR Hakim dan Al Khatib dari Hudzaifah ra.)

Dan faktanya manusia tidak pernah bisa dipisahkan dengan perilaku berpolitik meski hanya sekala kecil misal politik mengatur keluarga bagi seorang  kepala keluarga atau politik mengurus masjid bagi ketua DKM.

Maka sebagai seorang muslim kita tidak boleh anti terhadap politik bahkan politik adalah bentuk penerapan ukhuwah Islam. Wa'allohu a'lam. (Urip Abidin)

Resume Kajian Online AMPUH 15/04/20:
Tema: Islam, Politik dan Spiritual
Sub Tema: Politik dalam pandangan Islam
Pemateri : Ustadz Abu Hamzah | Pembina Aliansi Muslim Peduli Ummah (AMPUH)
Notuline

0 Response to "[Kajian Online AMPUH] Politik dalam pandangan Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel