Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebut Agama Sebagai Musuh Besar Pancasila, MUI Minta Presiden Pecat Yudian


Heboh tentang pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, Prof Yudian Wahyudi yang menyebut agama sebagai musuh terbesar Pancasila, membuat Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia atau MUI Anwar Abbas mendesak Presiden Joko Widodo untuk memecat Prof Yudian Wahyudi, dari jabatannya sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP.

“Kalau benar beliau punya pandangan seperti itu, maka tindakan Presiden yang paling tepat untuk beliau adalah yang bersangkutan dipecat tidak dengan hormat,” ujar Abbas dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Abbas menuturkan, pernyataan Yudian yang dilantik sebagai Kepala BPIP pada 5 Februari lalu, sangat berbahaya karena mengancam eksitensi negara. Jika pernyataan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta itu menjadi opini publik, Abbas menyebut eksitensi Pancasila pun akan terancam.

Abbas mengaku tak mengerti pemikiran dan pemahaman Yudian terhadap Pancasila. Sebab agama merupakan salah satu unsur dalam Pancasila. Hal ini tampak jelas dengan keberadaan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa.

“Kalau agama diberangus, lalu sila pertama dari Pancasila mau dikemanakan. Di buang? Kalau dibuang berarti tidak Pancasila lagi dan berarti negara ini bubar,” ujar Abbas.

Wakil Rektor II Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Jakarta itu juga mengatakan, pernyataan Yudian tersebut berpotensi menghilangkan kepercayaan masyarakat pada BPIP. “Oleh karena itu kalau yang bersangkutan benar punya pandangan seperti itu maka pilihan yang tepat untuk kebaikan bangsa dan negara yaitu yang bersangkutan mundur atau dimundurkan,” tegas Abbas.

Pernyataan Yudian yang mempertentangkan agama dan Pancasila, disampaikan dalam wawancara dengan detik.com. Menurutnya, saat ini terdapat kelompok-kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya, sehingga tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Yudian mencontohkan Ijtima Ulama yang digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa atau GNPF Ulama untuk menentukan calon wakil presiden. “Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,” kata Yudian.

Lihat rujukan asli di indeksnews.com

Post a Comment for "Sebut Agama Sebagai Musuh Besar Pancasila, MUI Minta Presiden Pecat Yudian"