BUKTI BAHWA ISLAM JUGA MENGATUR SISTEM PEMERINTAHAN


Oleh : Adi Victoria (Penulis & Aktivis Dakwah)

Ada sebagian kaum Muslim yang berpendapat bahwa Islam tidak mengatur masalah sistem Pemerintahan. Sistem Pemerintahan diberikan kepada kesepakatan manusia untuk mengaturnya. 

Padahal,  Islam adalah agama yang mengatur segala hal. Hal ini telah Allah sampaikan di dalam Al Qur'an. Allah ta'ala berfirman :

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu".(QS. An-Nahl : 89)

Artinya,  segala sesuatu dijelaskan oleh Islam.  Termasuk dalam hal kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bahkan,  dalam sebuah hadist,  akan dapat difahami dengan jelas bahwa hukum,  pemerintahan adalah bagian dari Islam. Bagian dari simpul Islam. 

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw saat menyampaikan terurainya simpul-simpul Islam. 

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيُنْقَضَنَّ عُرَى الْإِسْلَامِ عُرْوَةً عُرْوَةً فَكُلَّمَا انْتَقَضَتْ عُرْوَةٌ تَشَبَّثَ النَّاسُ بِالَّتِي تَلِيهَا وَأَوَّلُهُنَّ نَقْضًا الْحُكْمُ وَآخِرُهُنَّ الصَّلَاةُ

“Ikatan Islam akan lepas seutas demi seutas. Dan apabila satu simpul telah terlepas niscaya manusia akan berpegang pada simpul yang lain. Ketahuilah bahwa simpul pertama yang akan terputus adalah simpul hukum pemerintahan dan simpul terakhir adalah shalat”. (HR. Ahmad)

Hadits ini menyatakan bahwa al-hukm (pemerintahan), sama seperti shalat, adalah bagian dari simpul-simpul Islam. Artinya, pemerintahan merupakan bagian dari Islam seperti halnya shalat. Memisahkan pemerintahan dari Islam sama artinya dengan membuang salah satu simpul Islam.

Maka tidaklah mengherankan para 'ulama menulis berbagai kitab yang menyoal atau membahas terkait sistem Pemerintahan di dalam Islam, seperti Imam Al Mawardi yang menulis kitab Ahkam Sulthoniyah, Syaikh Muhammad Taqiyuddin an Nabhani yang menulis Kitab Nidzomul Hukmi fil Islam,  ada juga kitab Ajhizah Daulah Khilafah Filhukmi wal Idaroh, dan kitab-kitab lainnya.

Semua ini menandakan kesempurnaan ajaran Islam.  Yang mengatur hubungan manusia dengan penciptanya dalam masalah aqidah dan ibadah. Yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya dalam masalah muamalah dan uqubat,  dan yang mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri dalam masalah akhlak,  pakaian,  makanan dan minuman. Wallahu a'lam bisshowab[]
Label: ,

Post a Comment

[disqus][facebook][blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.