Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Takluknya Konstantinopel, Realisasi Bisyarah Rasulullah


Oleh: Atha’ bin Khalil Abu ar-Rasytah

Pidato Amir Hizbut Tahrir al-‘Alim al-Jalil Atha’ bin Khalil Abu ar-Rasytah Pada Peringatan Penaklukan Konstantinopel 857 H-1453 M
 بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji hanya milik Allah atas nikmat-nikmat Allah. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahlimpahkan kepada Rasulullah ﷺ beserta para keluarga, sahabat dan orang yang loyal kepada Beliau, wa badu.

Kepada Umat Islam, sebaik-baik umat yang telah dikeluarkan untuk umat manusia Kepada para pengemban dakwah, orang-orang pilihan lagi baik Kepada para tamu laman yang dimuliakan.

Assalamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Sungguh di dalam sejarah umat-umat ada hari-hari yang bersinar. Itu merupakan kebanggaan untuk umat-umat itu. 

Lalu bagaimana jika hari-hari itu adalah hari terealisasinya kabar gembira Rasulullah ﷺ? Sungguh tidak diragukan lagi, hari itu merupakan bintang yang bersinar terang di langit bahkan laksana matahari yang menyinari dunia dan mengangkat umat ke ufuk langit  Dan di antara hari-hari itu adalah hari-hari kita yang memikat ini, hari peringatan penaklukan Konstantinopel Al-Fatih mulai menyerang dan mengepung Konstantinopel mulai 26 Rabiul Awal sampai bisa ditaklukkan pada fajar hari Selasa 20 Jumadul Ula 857 H seperti bulan ini. Artinya, pengepungan berlangsung selama sekira dua bulan. 

Ketika memasuki kota sebagai pemenang, al-Fatih turun dari kudanya, berjalan kaki dan bersujud kepada Allah subhanahu wa ta'ala sebagai ungkapan syukur atas kemenangan dan keberhasilan ini. Kemudian al-Fatih menuju gereja Aya Shofia. Di situ rakyat Bizantiy dan para rahibnya berkumpul. Al-Fatih memberikan jaminan keamanan kepada mereka. 

Al-Fatih memerintahkan untuk mengubah gereja Aya Shofia menjadi masjid. Ia memerintahkan agar didirikan masjid di tempat makam shahabiy yang agung Abu Ayyub al-Anshari yang termasuk dalam barisan gelombang pertama untuk menyerang Konstantinopel dan wafat di sana rahimahullahu wa radhiya anhu Al-Fatih yang digelari dengan gelar tersebut setelah penaklukan itu, memutuskan menjadikan Konstantinopel sebagai ibukota negaranya menggantikan Edirne. 

Ia memberikan sebutan kepada Konstantinopel setelah penaklukannya dengan Islam Bul yakni kota Islam Dâr al-Islâm dan kemudian terkenal dengan Istanbul. Kemudian al-Fatih memasuki kota dan menuju Aya Shofia dan melaksanakan shalat di situ dan menjadi masjid berkat karunia, nikmat dan anugerah Allah Dan Aya Shofia terus begitu sebagai masjid yang suci dan bersinar, dimakmurkan oleh orang-orang mukmin sampai penjahat abad tersebut Mushthafa Kamal melarang shalat di situ, mengotorinya dengan menjadikannya sebagai museum untuk dikunjungi oleh para pelancong!

Begitulah, terealisir kabar gembira Rasulullah ﷺ yang ada di dalam hadis beliau dari Abdullah bin Amru bin al-Ash, ia berkata: sementara kami ada di sekitar Rasulullah ﷺ, kami sedang menulis, ketika Rasulullah ﷺ ditanya, “kota manakah dari dua kota yang ditaklukkan lebih dahulu, Konstantinopel atau Roma?” Maka Rasulullah ﷺ bersabda:

«مَدِينَةُ هِرَقْلَ تُفْتَحُ أَوَّلاً، يَعْنِي قُسْطَنْطِينِيَّةَ»

“Kotanya Heraklius ditaklukkan lebih dahulu, yakni Konstantinopel.

Diriwayatkan oleh imam Ahmad di Musnad-nya dan al-Hakim di al-Mustadrak alâ Shahîhayn dan ia berkata, ini hadis sahih menurut syarat syaikhayn meski keduanya tidak mengeluarkannya. Adz-Dzahabi mengomentari di at-Talkhish, menurut syarat al-Bukhari dan Muslim. Demikian juga di dalam hadis yang mulia dari Abdullah bin Bisyri al-Khatsamiy dari bapaknya bahwa dia mendengar Nabi ﷺ bersabda: 

«لَتُفْتَحَنَّ الْقُسْطَنْطِينِيَّةُ فَلَنِعْمَ الْأَمِيرُ أَمِيرُهَا وَلَنِعْمَ الْجَيْشُ ذَلِكَ الْجَيْشُ»

“Sungguh Konstantinopel pasti ditaklukkan, maka sebaik-baik pemimpin adalah pemimpin penaklukkan itu dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan itu”.

Abullah bin Bisyri berkata, Maslamah bin Abdul Malik memanggilku dan bertanya kepadaku lalu aku sampaikan hadis itu kepadanya lalu dia menyerang Konstantinopel. Diriwayatkan oleh imam Ahmad. Dinyatakan

di Majma az-Zawâid komentar terhadapnya, diriwayatkan oleh Ahmad, al-Bazar dan ath-Thabarani dan para perawinya tsiqah.

#Remember1453
#ConquestofConstantinople
#MuslimPernahJaya
#TheReturnofKhilafah
#TheSecondRevivalofIslam

Foto : YukHijrah
============================
Raih Amal Sholih dengan Ikut Serta Menyebarkan Status ini.
==============================
Website : http://trenopini.com
Fp Facebook : www.facebook.com/TrenopiniID
Instagram: www.instagram.com/trenopini
Telegram : https://twitter.com/trenopini

Post a Comment for "Takluknya Konstantinopel, Realisasi Bisyarah Rasulullah "