Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SIAPA TERLIBAT PETAKA JIWASRAYA ?


Oleh : Nasrudin Joha 

Untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam petaka jiwasraya yang merugikan negara 13,7 T itu mudah. Jadi, tak perlu menganggap ini suudzan. Tapi apa yang ingin saya utarakan adalah hasil analisis.

Kasus jiwasraya ini adalah korupsi politik, jadi orang yang tidak ada sangkut pautnya dengan kekuasan dipastikan tidak terlibat. Memang benar, ada yang kecipratan 'berkah' korupsi jiwasraya dari elemen non penguasa, tapi porsi mereka sedikit.

Mereka ini biasanya hanya ngalap berkah di bursa saham, baik sebagai pialang atau penyaji laporan keuangan, dll. Mereka ini kecipratan, tapi sedikit.

Yang paling banyak kebagian tentu penguasa, namun penguasa yang mana ? Tentu di periode kekuasaan dimana petaka jiwasraya terjadi. 

PDIP menepis tudingan korupsi politik jiwasraya, dengan menarik mundur persoalan jiwasraya sejak 2006. Pandangan PDIP ini sejalan dengan keterangan dari kementrian BUMN.

Ya, kita akui memang masalah di BUMN bukan hanya jiwasraya, itu kompleks dan ada yang berlangsung sejak lama. Namun, titik krusial penyebab gagal bayar itu ada di periode Jokowi, yakni karena aktivitas borong saham gorengan. 

Disinilah awal mula modal perseroan tergerus, sehingga tak punya cadangan modal untuk membayar klaim polis asuransi yang jatuh tempo pada Oktober 2019. Dari sini, kita bisa tahu siapa penguasa politik yang terlibat.

Lalu Anda juga ingin tahu, siapa saja partai politik yang terlibat. Apakah hanya geng PDIP atau parpol didukung Jokowi juga ikut andil ?

Jawabnya adalah, lihat sikap politik mereka. Jika mereka mengkritik isu jiwasraya, menuntut membongkar kasus, berarti mereka tidak terlibat.

Tetapi jika mereka diam, atau mencarikan dalih pembenar bagi rezim baik dengan membuang masalah hingga ke 2006 atau modus lainnya, dipastikan partai ini terlibat. Seberapa besar keterlibatan mereka ? Ini yang perlu didalami.

Jadi wajar jika publik akan melihat ujung kasus jiwasraya ini seperti century. Karena aktor kekuasaan mayoritas terlibat. Tak ada jaminan kasus jiwasraya ini akan dibongkar hingga ke akar-akarnya.

Kasus jiwasraya adalah kasus politik, bukan murni hukum. Karenanya, akan sulit membongkar kasus yang dilatarbelakangi bekingan kekuasaan. Itu poin yang ingin saya tegaskan. [].

Post a Comment for "SIAPA TERLIBAT PETAKA JIWASRAYA ?"