MAHFUD MD ULTIMATUM AKAN MEMVETO PRABOWO, BISA APA KUCING ASIA INI ?

Aroma ketidakkompakan, saling intip, bermanuver untuk saling mengangkangi antara Presiden dan menteri, antara satu kementrian dengan k...

Oleh : Nasrudin Joha

Aroma ketidakkompakan, saling intip, bermanuver untuk saling mengangkangi antara Presiden dan menteri, antara satu kementrian dengan kementrian lainnya, begitu menyengat. Isu hak 'veto' seorang menteri koordinator yang sebelumnya tak pernah menjadi polemik, kini menyeruak ke ruang publik.

Adalah Machfud MD, pejabat Kemenkopolhukam yang menegaskan menteri koordinator politik hukum dan keamanan memiliki 'hak veto' untuk membatalkan keputusan dan/atau kebijakan kementrian dibawahnya, jika kebijakan dan/atau keputusan itu dipandang tak sejalan dengan kebijakan Presiden yang diterjemahkan oleh Kemenkopolhukam, tidak sejalan atau bertentangan dengan kebijakan dan/atau keputusan kementrian lainnya. Berdalih 'mengkoordinasi kebijakan' Machfud menegaskan akan menggunakan hak veto itu.

Untuk mengakomodir hal itu, istana akan menerbitkan Perpres untuk merinci, memberi devinisi, batasan dan kewenangan veto oleh sang menteri koordinator. Dengan demikian, kendali hak veto sang Menko secara subjektif dan otoritatif ada dibawah Presiden. Machfud MD dalam menjalankan hak veto, tidak lebih dari menjalankan perintah Presiden.

Sebelumnya, Prabowo selaku pejabat Menhan dikabarkan akan membuat terobosan kebijakan dilingkungan kemenhan, dan bahkan di elu-elu kan sebagai 'Gajah Mada' era now. Sebagaimana diketahui, Gajah Mada diceritakan sebagai seorang patih di kerajaan Majapahit yang memiliki kewenangan dalam pemerintahan lebih otoritatif ketimbang Raja Brawijaya. Raja hanya menjadi simbol kepala negara, sementara urusan pemerintahan ada pada patih Gajah Mada, yang bertindak layaknya perdana menterinya.

Sebelumya Para fans Club Prabowo mengigau, Prabowo Digadang-gadang akan menjalankan peran 'gajah mada' melalui kementrian pertahanan. Inilah, yang menjadi salah dari dalih pembenar bagi Prabowo merapat ke kubu rezim Jokowi, meninggalkan para pendukungnya yang telah banyak berkorban untuk dirinya.

Narasi ini tentu saja membuat rezim curiga atas keberadaan Prabowo. Para fans Club Prabowo yang Ga paham politik, yang tak bisa membedakan mana strategi dan mana agitasi, telah membuat narasi provokasi yang mengancam eksistensi Jokowi sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Geng PDIP jelas tak akan rela dengan rencana ini.

Agar tak menjadi bola liar, segera saja Machfud MD yang ditugaskan menjadi pengaman kebijakan rezim melalui kemenkopolhukam yang membawahi Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kejaksaan Agung Indonesia, Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kemenhan yang dibanggakan para Prabowo fans Club, hanyalah satu kementrian diantara 7 (tujuh) kementrian dan 3 (tiga) lembaga tinggi setingkat menteri lainnya.

Menyadari bahaya manuver Prabowo, jika dalam tugasnya mengemban amanah sebagai pembantu Presiden tak sejalan dengan kebijakan presiden, istana berulang kali menegaskan bahwa menteri tidak boleh punya visi dan misi sendiri. Visi misi menteri adalah menerjemahkan visi misi Presiden dalam bentuk kebijakan teknis yang aplikatif.

Istana khawatir, Prabowo tidak bekerja untuk Presiden, untuk bangsa dan negara, tetapi justru mengumpulkan amunisi untuk 2024. Baik amunisi melalui penyerapan gizi politik di kemenhan untuk menghidupi partai juga untuk membangun citra dalam rangka meningkatkan elektabilitas Prabowo melalui jabatan kemenhan. Persis, seperti saat SBY menjadi menterinya mega. SBY sukses membangun elektabilitas diri, mencuri elektabilitas politik mega selaku Presiden.

Tak cukup dengan itu, istana tegas memberikan wewenang kepada Mekopolhukam berupa 'hak veto' yang sebelumnya tak pernah dikenal dalam nomenklatur ketatanegaraan bangsa ini. Jelas, hak veto ini akan menjadi alat kontrol efektif bagi rezim untuk mengendalikan Prabowo jika dinilai telah mulai nakal dan tidak taat dan tunduk kepada majikan.

Jika Prabowo membuat kebijakan spektakuler, yang akan memoncerkan nama Prabowo dan Gerindra tapi bertentangan dengan kebijakan Jokowi dan PDIP, Machfud MD selaku Kemenkopolhukam akan segera mengeluarkan kartu 'Veto' untuk memenjara Prabowo.

Kalau Machfud MD keluarkan veto Prabowo bisa apa ? Kalau PDIP melalui Mahfud MD mengganjal Gerindra, Gerindra bisa apa ? PDIP juga bukan partai bodoh-bodoh amat, mereka telah belajar banyak melalui pengalaman Megawati saat memelihara SBY. 

Karena itu, PDIP akan tetap mempertahankan Prabowo sebagai kucing piaraan. Tdk ada peluang meskipun sebesar lubang semut, diberikan PDIP kepada Gerindra agar Prabowo berubah menjadi macan.

Sampai disini Anda paham bukan ? PDIP jauh lebih paham. Pendukung Prabowo yang berdarah-darah dan menjadi korban membela Prabowo saja bisa ditinggalkan, apalagi PDIP ? PDIP sadar, koalisi politik itu dibangun hanya untuk mengatur kesetimbangan politik, bukan untuk memberikan kekuasaan sepenuhnya. 

Saya ulangi sekali lagi, Kalau Machfud MD mem 'veto' Prabowo, Gerindra bisa apa ? Selamat menikmati. [].

Penulis : Nasrudin Joha
Editor : A.S

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Coba lht saat penyerahan mandat presiden ke mmd...baru dibuka map baca sdikit,trus buru buru direbut sm mmd..mnrt saya ini membahayakan

    ReplyDelete

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,185,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,49,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3555,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: MAHFUD MD ULTIMATUM AKAN MEMVETO PRABOWO, BISA APA KUCING ASIA INI ?
MAHFUD MD ULTIMATUM AKAN MEMVETO PRABOWO, BISA APA KUCING ASIA INI ?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiILw-QmwOwapZyyokFP9J4Iz99uGm2uTPT7tVGYzEmMra-lJDMX1LoVxfttcOOYopo1Mr-ikCqnY0aEEUbv_e1Tx7RksIFxLK715W8w7msG6jqS-rD9e-oq2tVMB7p_uLtvQTtVoO3764/s320/Adobe_Post_20191025_074934.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiILw-QmwOwapZyyokFP9J4Iz99uGm2uTPT7tVGYzEmMra-lJDMX1LoVxfttcOOYopo1Mr-ikCqnY0aEEUbv_e1Tx7RksIFxLK715W8w7msG6jqS-rD9e-oq2tVMB7p_uLtvQTtVoO3764/s72-c/Adobe_Post_20191025_074934.png
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2019/10/mahfud-md-ultimatum-akan-memveto.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2019/10/mahfud-md-ultimatum-akan-memveto.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy