MENGAPA ISLAMOFOBIA MAKIN MARAK?

MENGAPA ISLAMOFOBIA MAKIN MARAK ?

MENGAPA ISLAMOFOBIA MAKIN MARAK?

Oleh:Esnaini Sholikhah,S.Pd (Pendidik dan Pengamat Kebijakan Publik)

Virus Islamophobia semakin mewabah di dunia. Hal ini tidak hanya terjadi di negara-negara dengan mayoritas agama non-Muslim seperti di Eropa, Amerika, Australia, New Zealand, Myanmar, India, dan Israel, akan tetapi juga terjadi di negeri-negeri muslim seperti Turki dan Indonesia. Islamophobia diartikan sebagai sikap berprasangka, diskriminasi, ketakutan dan kebencian terhadap Islam dan muslim. Istilah ini sudah ada sejak tahun 1980-an, tetapi menjadi lebih populer setelah peristiwa serangan 11 September 2001. yaitu peledakan WTC di Amerika.

Setelah peristiwa peledakan gedung WTC ini banyak negara di dunia saat ini yang mengasosiasikan Islam dengan terorisme. Anggapan itu diikuti fakta hadirnya organisasi- organisasi teror yang memakai identitas Islam. Negara pun ikut andil dalam memupuk subur Islamophobia ditengah masyarakat. Apabila kita telaah dan kita pilah, Orang-orang yang terjangkit Islamophobia ini bisa digolongkan menjadi dua. Pertama, golongan orang "ikut-ikutan" membenci Islam karena kurangnya pemahaman terhadap ajaran Islam yang sesungguhnya. Golongan ini bisa jadi adalah kaum muslimin itu sendiri, seperti yang terjadi di Indonesia. Sikap kita terhadap golongan ini adalah terus berusaha memahamkan mereka terhadap ajaran Islam yang benar dengan aktivitas dakwah. Sebagaimana kisah sahabat Rasulullah SAW, Umar bin Khattab RA yang pada awalnya sangat membenci ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah, bahkan ingin membunuh Rasulullah dengan tangannya sendiri. Namun, setelah tersentuh hatinya oleh Islam, maka menjadi orang yang paling terdepan dalam membela Rasulullah dan ajaran Islam yang dibawanya. Disinilah kewajiban kita untuk terus berdakwah, melawan pemikiran yang melenceng agar menjadi pemikiran islam yang lurus.

Kedua, golongan pembenci Islam sejati. Mereka adalah orang-orang yang sengaja menyebarluaskan kebencian terhadap Islam. Bahkan tidak segan mengeluarkan dana yang besar untuk menjatuhkan Islam. Mereka mengembangkan paradigma yang salah tentang ajaran Islam, sehingga timbul rasa takut di hati masyarakat terhadap ajaran Islam. Sebagaimana difirmankan oleh Allah SWT yang artinya :

"Dan orang-orang yang kafir, maka kecelakaanlah bagi mereka dan Allah menyesatkan amal-amal mereka. Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka benci kepada apa yang diturunkan Allah (Al-Qur’an) lalu Allah menghapuskan (pahala-pahala) amal-amal mereka.” (TQS. Muhammad [47]: 8-9).

Terhadap orang-orang yang seperti ini kita hendaknya berhati-hati, tidak menjadikan mereka pemimpin diantara kita. Pembenci Islam selamanya memang tidak akan pernah lenyap, karena tabiat kebenaran dan kebathilan itu akan selalu berperang. Demikian Islam sebagai agama sempurna yang membawa kebenaran akan selalu mendapat serangan dari orang-orang yang berpihak pada kebathilan.

Islamophobia bisa bertahan dan membesar seperti sekarang diantaranya karena media dunia cenderung memelihara narasi bahwa Islam adalah sumber teror. Kemudian, kebencian terhadap Islam semakin terpelihara sejak membesarnya arus globalisasi yang didukung perkembangan teknologi. Islam dianggap ajaran yang menghambat dan bertolak belakang dengan globalisasi. Padahal kemunculan phobia ini justru tidak sesuai dengan prediksi dampak globalisasi yang seharusnya globalisasi dan kemajuan teknologi akan membuat orang makin terbuka terhadap perbedaan.

Maka, umat Islam tidak boleh tertinggal dalam teknologi informasi. Penguasaan media yang baik dan kemampuan berkomunikasi yang prima menjadi kata kunci dalam membentuk persepsi publik tentang suatu masalah. Peran media saat ini memang menjadi suatu yang strategis dalam membangun persepsi publik. Ketakutan dan kebencian terhadap identitas baru, seperti rasisme, termasuk islamophobia harus dihilangkan karena pasti akan membawa persolaan sosial yang besar. Seperti sikap diskriminasi dan tindakan kejahatan terhadap muslim yang sudah banyak terjadi.

Islamophobia tak bisa dihentikan dengan penetapan Hari anti Islamophobia oleh PBB. Namun butuh difahami akar masalahnya. Yang paling utama adalah tidak adanya kesatuan umat Islam dibawah satu kepimpinan tunggal. Berbagai penindasan terhadap umat Islam di dunia tidak akan pernah selesai kecuali diangkat seorang pemimpin (Khalifah) yang akan melindungi seluruh umat Islam, menghapus segala bentuk penjajahan Kapitalis sekuler, dan menjadikan Islam benar-benar sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Berulangnya kasus Islamophobia menunjukkan bahwa sistem di negara kita saat ini tidak mampu melindungi Islam. Karena memang sistem yang diterapkan hari ini bukanlah sistem Islam, bahkan sistem yang bertolak belakang dengan Islam, sistem warisan Barat. Maka wajar saja jika sistem ini akan mengarahkan penganutnya untuk memusuhi Islam.

Para pemimpin muslim hendaknya tidak hanya mengecam Islamophobia tapi bertindak nyata mewujudkan kepemimpinan Islam agar umat memiliki kembali kepemimpinan Khilafah yang terbukti mampu menjadi perisai Islam dan kaum muslim. Sebagai bagian dari umat Islam, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk meredam arus Islamophobia dengan terus mengenalkan Islam yang sesungguhnya ke tengah-tengah masyarakat. Tetap berdakwah sesuai dengan metode dakwah Rasulullah SAW. sampai Allah menurunkan pertolongan-Nya dan menegakkan negara Khilafah yang akan menjaga akidah umat dari pemikiran asing yang sesat. Wallahu a’lam bis showab.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: MENGAPA ISLAMOFOBIA MAKIN MARAK?
MENGAPA ISLAMOFOBIA MAKIN MARAK?
MENGAPA ISLAMOFOBIA MAKIN MARAK ?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCX6jrC8yfOZdGVX32DHvnfko3kIctqTE2FIodAqgJQkvy93C-8kpzCGZst95UCHqrPA9Yy65ImJtkkxDm83qiwqSn5PmqIduRjqpMChXGwynv1r5izoRGIOduCF6IDg04r0wLf4pSOHLQDOUixVKbZaJTq6zPXFYA2IBMIN-xodTC8WyQG_0lkHsb/s16000/PicsArt_04-19-08.46.03_compress9.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCX6jrC8yfOZdGVX32DHvnfko3kIctqTE2FIodAqgJQkvy93C-8kpzCGZst95UCHqrPA9Yy65ImJtkkxDm83qiwqSn5PmqIduRjqpMChXGwynv1r5izoRGIOduCF6IDg04r0wLf4pSOHLQDOUixVKbZaJTq6zPXFYA2IBMIN-xodTC8WyQG_0lkHsb/s72-c/PicsArt_04-19-08.46.03_compress9.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2022/04/mengapa-islamofobia-makin-marak.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2022/04/mengapa-islamofobia-makin-marak.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy