Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Umat muslim harus memahami sejarah Islam secara utuh

Memang sudah seharusnya sebagai seorang muslim mempelajari sejarah agamanya sendiri secara komprehensif. Karena sejarah merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Terkhusus pada kalangan muda atau para murid-murid yang menempuh pendidikan.  Generasi muda dengan pengetahuan intelektual yang kuat. Serta semangat yang membara dalam menuntut ilmu. Perlu disuguhkan pengetahuan yang membuka cakrawala kehidupannya. Dan sejarah adalah bagian yang tidak boleh terlewat dalam pengetahuan para generasi.

Oleh: Dede Nurmala

Kementerian Agama meminta guru madrasah pengampu mata pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) untuk menyampaikan materi secara komprehensif. Hal ini perlu dilakukan agar siswa memiliki pandangan yang utuh atas fakta-fakta sejarah Islam yang terjadi. (Kemenag.co.id 26/2/2021)

Memang sudah seharusnya sebagai seorang muslim mempelajari sejarah agamanya sendiri secara komprehensif. Karena sejarah merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Terkhusus pada kalangan muda atau para murid-murid yang menempuh pendidikan.

Generasi muda dengan pengetahuan intelektual yang kuat. Serta semangat yang membara dalam menuntut ilmu. Perlu disuguhkan pengetahuan yang membuka cakrawala kehidupannya. Dan sejarah adalah bagian yang tidak boleh terlewat dalam pengetahuan para generasi.

Sejarah harus benar-benar didalami dengan tepat tanpa separuhnya atau setengahnya. Terkhusus sejarah Islam. Yang dimana isi sejarah yang dijelaskan merupakan panduan masa depan. Setiap orang yang mempelajari sejarah ia akan menemukan panduan. Karenanya Allah subhanallau wa ta'ala banyak mengabadikan sejarah manusia-manusia terdahulu dalam al-Quran. Baik manusia yang menjadi teladan baik ataupun para manusia pembangkang.

Maka dari setiap sejarah yang didapat harus mendapatkan pelajaran atau hikmah yang mampu diaplikasikan. Dan apa makna sejarah sendiri?

menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), sejarah memiliki tiga makna. Pertama, asal-usul (keturunan) silsilah. Kedua, kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Ketiga, sejarah bermakna pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Oleh sebab itu, jika dikaitkan dengan ilmu sejarah, maka definisinya adalah ilmu yang mempelajari kejadian atau peristiwa pada masa lalu manusia, lalu dilakukan rekonstruksi apa yang terjadi pada masa tersebut.

Dikatakan bahwasanya sejarah itu kejadian yang pernah terjadi di masa lampau, sudah sangat jelas. Bahwasanya sejarah itu berkaitan erat dengan kisah dan kisah itu benar-benar terjadi dimasa lalu yang terkenang dan tidak boleh dihilangkan.

Maka, sejarah Islam pasti terkenang sepanjang masa. Pemahaman tentang sejarah Islam tidak boleh putus. Harus sampai pada generasi ke generasi. Jika Allah mengabadikan sejarah untuk menjadi pembelajaran di masa depan. Maka, itu harus tersampaikan dengan benar. Karena apa yang Allah abadikan dalam al-Quran itu benar kejadiannya.

Begitupun bagaimana sejarah kebudayaan Islam mulai dari dakwah Rosulullah shalallahu alaihi wasallam saat pertama menyebarluaskan Islam dan memutus rantai kemusyrikan agar mengimani illah yang benar yaitu Allah. Begitu panjangnya perjalanan dakwah Rosul sampai akhirnya ketika beliau wafat. Dakwah penyebaran Islam tetap dilanjutkan para sahabat dan dari generasi ke generasi. Hingga sampai saat ini.

Kejayaan Islam yang pernah terjadi dimasa lalu harus umat muslim ketahui. Agar mereka semakin kokoh imannya bahwa Islam adalah agama yang benar. Yang ketika syariatNya diterapkan dalam kehidupan itu mampu mendobrak peradaban dunia. Islam pernah menjadi kekuatan hebat yang tidak pernah ada yang mengalahkan dari kekuatan peradaban lain. Setiap kaum muslim akan bangga dengan keislamannya. Kurang lebih 14 abad lamanya Islam menguasai dunia. Mensejahterakan umat, melindungi agama, menyeru untuk beriman kepada Allah, memakmurkan bumi dan menjadi penerang bagi kehidupan.

Kabarkanlah kepada para generasi bahwa sejarah Islam akan menggugah hati dan menjadikan pelajaran serta panduan hidup dan keyakinan bahwa kejayaan Islam itu akan bangkit kembali ketika Islam diterapkan dalam semua ranah kehidupan. Baik ranah sosial, ekonomi bahkan negara. Karena dengan diterapkan Islam dalam kehidupan akan menyempurkan semua syariat Allah. Pelajarilah sejarah dengan benar dan utuh agar menemukan panduan terbaik untuk masa depan Islam.

WaAllahu a'alam biishowab

Post a Comment for "Umat muslim harus memahami sejarah Islam secara utuh"