Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Artis K-Pop sebagai Idola Kaum Muda

Tren budaya K-Pop di Indonesia, hingga peran Artis K-Pop sebagai brand ambassador produk Indonesia yang kemudian mampu meningkatkan daya jual produk tersebut, membuktikan betapa besarnya pengaruh para artis K-Pop sebagai idola, khususnya idola bagi para remaja. Lalu apa yang membuat artis K-Pop sangat dicintai oleh para penggemarnya?

Oleh: Nurul Annisa, S.T. (Pemerhati Masalah Remaja)

Popularitas K-Pop yang bisa dikatakatan cukup tinggi sudah tidak bisa dipungkiri, khususnya di kalangan para remaja. Fenomena demam K-POP di Indonesia membuat para artis K-Pop menjadi sosok yang berpengaruh besar dalam berbagai tren di kalangan anak muda, seperti fashion dan make up ala Korea. Menurut ahli di bidang branding, Yuswohady, demam K-Pop di Indonesia sudah terjadi dalam 10 tahun terakhir. Survei menunjukkan saat ini bintang-bintang K-Pop memiliki pasar yang besar dan trafik yang tinggi (mediaindonesia.com, 07/01/2021).

Perihal ini tidak luput dari perhatian para pengusaha. Tidak sedikit perusahaan Indonesia yang menjadikan Artis K-Pop sebagai brand ambassador mereka. Salah satunya adalah Tokopedia yang merupakan salah satu situs jual beli online, tidak segan-segan untuk menggandeng BTS sebagai brand ambassador. Keterlibatan BTS dalam acara televisi Tokopedia ‘Waktu Indonesia Belanja’ (WIB), membuat acara tersebut menempati peringkat pertama trending topic di Indonesia dan worldwide.

Tidak hanya tokopedia, produk mie instan lokal dengan merek Mie Sedaap juga mengundang banyak sorotan ketika mengumumkan akan berkolaborasi dengan Choi Siwon yang merupakan personel Super Junior sekaligus aktor asal Korea sebagai brand ambassador salah satu seri produknya. Menurut pengamat ekonomi sekaligus dosen Binus University, Doddy Ariefianto, tren iklan K-Pop di Indonesia secara tidak langsung mampu mendorong daya beli masyarakat terutama di kalangan anak muda (mediaindonesia.com, 07/01/2021).

Tren budaya K-Pop di Indonesia, hingga peran Artis K-Pop sebagai brand ambassador produk Indonesia yang kemudian mampu meningkatkan daya jual produk tersebut, membuktikan betapa besarnya pengaruh para artis K-Pop sebagai idola, khususnya idola bagi para remaja. Lalu apa yang membuat artis K-Pop sangat dicintai oleh para penggemarnya?

Bukan hanya dari segi musiknya saja yang menjadikan K-pop dipuja-puja. Perjuangan panjang dan melelahkan yang ditempuh para Artis K-Pop dari masa trainee selama bertahun-tahun sampai akhirnya bisa debut hingga mendapatkan popularitas, juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mengapa mereka sangat dicintai sebagai sosok idola (popmama.com, 25/01/2021).

Sejatinya setiap orang membutuhkan sosok yang bisa mereka idolakan. Idola adalah sosok yang dikagumi serta hendak dijadikan contoh segala perilakunya. Tidak heran mengapa kemudian para penggemar mengikuti style idolanya serta berbondong-bondong menggunakan produk yang diiklankan idolanya.

Mengingat betapa berpengaruhnya sosok Idola, yang kemudian menjadi pertanyaan, pantaskah menjadikan para Artis K-Pop sebagai idola yang patut diteladani bagi para remaja? Sosok idola seperti apa yang tepat untuk dijadikan sebagai panutan yang benar di dalam Islam?

Adalah Rasulullah SAW, para sahabat dan para pejuang Islam, mereka adalah orang-orang shalih yang semestinya menjadi idola umat Islam. Allah berfirman dalam Qur’an surat Al-Ahzab ayat 21 yang artinya “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

Namun apakah Rasulullah SAW sudah menjadi idola para remaja? Apakah para remaja sudah mengenal Rasulullah SAW dengan baik? Sudahkan para remaja menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan yang harus dicontoh? Apakah rasa cinta kepada Rasulullah SAW jauh lebih besar dibandingkan rasa cinta kepada para artis K-Pop?

Pertanyaan-pertanyaan ini mestinya menjadi bahan renungan. Rasulullah SAW bersabda: “Seseorang itu adalah bersama orang yang dia cintai” (HR Muslim). Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa kelak di akhirat seseorang akan dikumpulkan bersama orang yang dicintainya.

Maka hendaklah menjadikan Rasulullah SAW serta orang orang yang shalih sebagai idola. Tentunya dikumpulkan di akhirat bersama dengan idola yang bahkan tidak mengenal dan tidak menyembah Allah SWT, tidak meyakini Islam sebagai agama yang benar serta tidak meyakini bahwa Rasulullah SAW adalah utusan Allah SWT, sangat tidak sejalan dengan tujuan umat muslim untuk masuk ke dalam surga-Nya.

Kurangnya pengetahuan mengenai sosok Rasulullah SAW, menjadikan rasa cinta kepada beliau tidak tumbuh sebagaimana mestinya, seperti ungkapan “tak kenal maka tak sayang”. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan putra-putrinya untuk mencintai dan mengenal Rasulullah SAW. Perkenalkan sosok beliau mulai dari menceritakan tentang kisahnya selama beliau hidup, dimana pada kisah hidup beliau terkandung banyak hikmah dan teladan yang patut dicontoh, dan akan tergambar betapa mulia, terpuji dan hebatnya sosok Rasulullah SAW.

Sosok idola seperti para artis K-Pop, tidak akan mampu menggeser sosok Rasulullah SAW di hati anak-anak yang telah mengenal beliau dengan sangat baik, karena sudah tertanam dalam hatinya bahwa Rasulullah SAW adalah sosok idola yang sebenarnya, superhero yang nyata keberadaannya , yang buah perjuangannya dapat dirasakan hingga saat ini.

Berbeda dengan para artis K-Pop yang hanya berjuang untuk mencapai tujuannya sendiri, tidak sama juga dengan para superhero yang hanyalah tokoh-tokoh fiktif yang bahkan keberadaannya saja sebenarnya tidak pernah ada. Ketika sudah mengidolakan, maka otomatis akan mencintai, meneladani, serta menjalankan segala sunnah-sunnahnya.

Dengan rasa cinta tersebut, juga akan senantiasa muncul rasa ingin lebih dekat, keinginan untuk mengenal lebih jauh, merindukan beliau, mengharapkan syafaatnya kelak dan keinginan untuk terus mendalami Islam sebagai agama yang dibawa oleh sang idola, Rasulullah SAW. 

Saat ini keberadaan anak muda yang sangat banyak menyukai artis K-Pop, pengaruhnya sangat besar pada tren kehidupan ala Korea sampai dapat meningkatkan daya jual produk yang diiklankan oleh artis K-Pop tersebut. Jika pengaruh idola yang sangat besar itu diletakkan di tempat yang tepat sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan Islam, dapat dibayangkan akan terbentuk pribadi-pribadi yang mencintai dan meneladani Rasulullah SAW, akan muncul generasi yang berakhlakul karimah, serta akan terus kokohnya aturan Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW dalam kehidupan. Wallahu a'lam bisshawab.

Post a Comment for "Peran Artis K-Pop sebagai Idola Kaum Muda"