Kebutuhan umat Terhadap Perubahan Hakiki

perubahan hakiki

Sistem kapitalisme dan sekularisme dibalik kegagalan terhadap penyelesaian masalah kehidupan Sistem yang berlandaskan pemisahan agama dari kehidupan, sehingga mengambil solusi alternatif dari kejeniusan manusia. Dimana manusia adalah bagian dari makhluk yang diciptakan oleh Allah yang mempunyai kelemahan Daan keterbatasan.
Oleh : Siti Mustaqfiroh

Lebih dari delapan bulan lamanya dunia diterjang gelombang dengan wabah virus Corona yang berasal dari Wuhan, China. Baik negara tingkat bawah, berkembang dan negara maju sekalipun terkena dempak yang sangat besar. Misalnya saja negara super Power Amerika serikat, gagal dalam menangani pandemi ini.

Sampai dengan 12 November 2020, sudah tercatat 1,29 juta jiwa melayang akibat gagalnya penanganan Pandemi secara sistemik. Bukan hanya itu, bahkan ekonomi dunia telah menuju resesi.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan jika pemulihan ekonomi global akan berjalan lambat dan lambat, sehingga akan memicu kemiskinan yang meningkat. Pada tahun ini, diperkirakan ekonomi dunia menyusut 4,4 persen. Dan ditahun 2022 dan 2025 melambat sekitar 3,5 persen.

Di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi RI pada kuartal II tahun 2020 minus 5,32 persen. Paling rendah sejak krisis 1999 dan memperparah kondisi ekonomi Indonesia. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 hanya mencapai 2,97 persen. Angka itu jauh dari target kuartal I yang diharapkan mencapai kisaran 4,5-4,6 persen.(Kompastv.com)

Selain itu, dengan alasan ekonomi pula, banyak buruh diberhentikan sepihak oleh perusahaan dan tidak sedikit juga perusahaan kecil yang gulung tikar. Jelas ini juga salah satu penyebab terjadinya peningkatan kriminalitas demi memenuhi kebutuhan hidup.

Bukan hanya dalam bidang ekonomi, kegagalan dalam menangani pandemi menambah keruwetan permasalahan yang sudah mengakar sejak lama.

Dalam bidang pendidikan, kualitas dan mutu pendidikan masih dipertanyakan. Gonta ganti kurikulum pun telah dilakukan. Namun tak juga memberikan hasil sesuai harapan. Hal ini diperparah dengan hadirnya pandemi yang mengharuskan untuk belajar daring, sehingga menimbulkan persoalan baru. Misalnya saja masalah pergaulan akibat terlalu sering berinteraksi dengan gawai.

Belum lagi masalah ketidakadilan, sosial, kesehatan, kesejahteraan dan lain sebagainya. Menambah panjang catatan kebobrokan sistem saat ini.

Sistem kapitalisme dan sekularisme dibalik kegagalan terhadap penyelesaian masalah kehidupan

Sistem yang berlandaskan pemisahan agama dari kehidupan, sehingga mengambil solusi alternatif dari kejeniusan manusia. Dimana manusia adalah bagian dari makhluk yang diciptakan oleh Allah yang mempunyai kelemahan Daan keterbatasan.

Sistem ini menjadikan manfaat sebagai asas dalam kehidupan. Sistem yang menjunjung Kebebasan, baik kebebasan dalam beragama, berpendapat, kepemilikan, perilaku atas segalanya.

Wajar, penghinaan terhadap ajaran Islam dan simbol-simbol Islam terus saja berulang. Hal tersebut dianggap sebagai bentuk kebebasan berpendapat dan berekspresi. Sebagaimana yang dilakukan oleh salah satu media di Paris, Carlie Hebdo yang melukis karikatur Nabi Muhammad SAW dan didukung oleh pemerintah Prancis, Macron.

Tidak hanya itu, ajaran Islam dikriminalisasikan, individu yang kokoh pada keyakinannya dianggap radikal dan intoleransi. Yang memperjuangkan syariat Islam dituduh makar dan teroris. Kebebasan hanya milik mereka para mengusung sistem ini. Bagi umat Islam, kebebasan tersebut tidak ada artinya.

Selain itu, Individu dan kelompok bebas memiliki dan mengeruk Sumber Daya Alam di wilayahnya maupun wilayah lain untuk memenuhi seluruh kepentingannya. Tidak heran jika tambang emas di Free port hanya di kuasa oleh sekelompok tertentu. Sehingga banyak masyarakat yang hidup di wilayah tersebut mempunyai tingkat kemiskinan yang tinggi.

Padahal, kekayaan alam yang terkandung di dalam bumi tempat mereka berpijak sangat besar, seharusnya mampu menyejahterakan rakyat Indonesia seluruhnya. Lagi-lagi hanya sekedar lagu lama.

Di dalam Islam, sumber daya Alam yang di dalamnya mencakup hajad hidup banyak orang dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam pergaulan sehari-hari, berbagai macam pemikiran dan tingkah laku yang menyimpang LGBT dan turunannya adalah buah dari sistem ini. Mereka bebas berbuat sekehendak hati selama tidak mengganggu orang lain.

Bersamaan dengan itu, lemahnya pemahaman masyarakat terhadap ajaran Islam kaffah menjadi salah satu faktor utama hal ini terjadi. Islam hanya dipahami sebatas agama ritual semata, sehingga tidak mampu berpengaruh dalam perilaku keseharian, baik dalam konteks individu, keluarga, maupun dalam interaksi masyarakat dan bernegara. Kondisi semacam menuntut adanya perubahan mendasar.

Perubahan tidak dicapai dengan demokrasi

Perubahan hakiki tidak bisa diwujudkan melalui mekanisme demokrasi. Semboyan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat tak ada pembuktian. Yang ada dari penguasa oleh penguasa untuk kalangan tertentu. Perlu alternatif lain untuk mewujudkannya.

Berkaca pada kisruh disahkannya RUU Omnibus Law menjadi UU, walaupun banyak penolakan dari elemen masyarakat baik dari parpol, tokoh, ormas, buruh mahasiswa, pelajar maupun juga masyarakat, pemerintah seolah menutup mata dan telinga tak bergeming dengan suara rakyatnya.

Terbukti dengan adanya teken yang dilakukan oleh presiden Joko Widodo pada tanggal 2 November 2020 dengan jumlah halaman 1.187 lembar, dan tanda tangan presiden pada halaman 769, meluluh lantakkan usaha yang dilakukan olah rakyat untuk memperjuangkan hak mereka.

Seyogianya kita belajar bahwa bahaya sekuler demokrasi ini tidak bisa kita hindari atau kita hentikan kecuali dengan perubahan sistem ke arah Islam.

Perubahan Bukan sekedar kebutuhan

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (TQS: Ar Rad: 11)

Taghyir artinya perubahan, untuk melakukan perubahan perlu ada amal insan, yaitu aktivitas manusia untuk mengupayakan adanya perubahan. Namun perkara soal hasil ada di tangan Allah SWT.

Perubahan hakiki bukan sekedar kebutuhan, selayaknya kebutuhan jasmani. Melainkan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap manusia yang menginginkan adanya sebuah perubahan. Beralih dari darul kufur menuju darul Islam.

Perubahan hakiki tak akan terwujud jika kita tidak bergerak atau hanya terdiam. Perubahan akan terwujud jika kita mengambil pandangan hidup yang benar dan aturan yang benar. Yaitu aturan yang bersumber dari sang pencipta dan Maha pengatur, Allah SWT.

Khilafah wujudkan perubahan hakiki

Khilafah adalah kepemimpinan umum kaum Muslimin yang akan menerapkan syariat Islam dan mengemban dakwah ke seluruh alam. Sistem inilah yang secara empirik pernah menaungi umat Islam bahkan non Muslim selama belasan abad. Dan di masa itu, kesejahteraan, keadilan, persatuan hakiki pun terwujud dalam kadar yang tak pernah ada bandingannya. Hingga umat Islam pun mampu tampil sebagai umat terbaik, memimpin peradaban cemerlang sekaligus menebar rahmat ke seluruh alam.

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Qs. Al-A’raf: 96)

Oleh karena itu, sudah saatnya sistem batil ini dicampakkan. Dan umat Islam bersegera kembali menerapkan hukum-hukum Allah yang dipastikan akan membawa keberkahan. Yakni dengan berjuang menegakkan institusi penerap syariat Islam, yang tidak lain adalah sistem Khilafah.

Wallahu A’lam bish showab.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Kebutuhan umat Terhadap Perubahan Hakiki
Kebutuhan umat Terhadap Perubahan Hakiki
perubahan hakiki
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkf_AbqzNlAUR0h4dZKFBbfnxalWqTXZb26WqgxzDieGtNZYCK3w-SIC1t3YEJj6ObkfdCD_0nej_RePsHUXyI0eSqDWSMM5rfbMWNy3xjM8qNHyNIdD9z-JP1bcfzD5uf0qEHiA8gIXY/w640-h640/20201114_085627_compress57.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkf_AbqzNlAUR0h4dZKFBbfnxalWqTXZb26WqgxzDieGtNZYCK3w-SIC1t3YEJj6ObkfdCD_0nej_RePsHUXyI0eSqDWSMM5rfbMWNy3xjM8qNHyNIdD9z-JP1bcfzD5uf0qEHiA8gIXY/s72-w640-c-h640/20201114_085627_compress57.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2020/11/kebutuhan-umat-terhadap-perubahan-hakiki.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2020/11/kebutuhan-umat-terhadap-perubahan-hakiki.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy