PNS : Pulsa Nyawa Daring Seluruh Rakyat

Sri Mulyani resmi memberikan biaya pulsa berupa paket data dan komunikasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan kalangan mahasiswa.

Sri Mulyani resmi memberikan biaya pulsa berupa paket data dan komunikasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan kalangan mahasiswa.

Oleh: Rut Sri Wahyuningsih | Institut Literasi dan Peradaban

Menteri Keuangan Sri Mulyani resmi memberikan biaya pulsa berupa paket data dan komunikasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan kalangan mahasiswa. Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 394/KMK.02/2020 tentang Biaya Paket Data dan Komunikasi Tahun Anggaran 2020.

Ia mengatakan pertimbangan pemberian biaya paket data dan komunikasi tersebut bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan dan kegiatan operasional.

"Bahwa dengan penerapan sistem kerja pegawai ASN dalam tatanan normal baru, tugas kedinasan dan kegiatan operasional perkantoran, antara lain berupa rapat dan monitoring dan evaluasi dapat dilakukan secara daring (online) dari rumah," ujarnya (CNN Indonesia, 1/9/2020).

Sekilas tak ada yang keliru dari kebijakan pemerintah ini, sebab di masa pandemi pulsa atau kuota menjadi kebutuhan primer setiap warga. Namun mengapa hanya ASN dan kalangan mahasiswa saja yang mendapatkan? Padahal jenjang pendidikan di negeri ini, dari TK hingga SMA, berikut dengan pendidikan diluar sekolah seperti kelompok paket diluar sekolah dan berbagai pelatihan pun menggunakan daring.

Mereka patuh kepada negara namun ternyata tak mendapat bagian. Padahal berita terkait perjuangan mereka sangat fenomenal, ada yang harus naik bukit mencari sinyal, menjadi buruh, kuli, hingga menjual diri demi pendidikan tak tertinggal sendiri. Ada beberapa desa di wilayah negeri ini yang sudah menerapkan daring mandiri, namun berapa lama dan berapa banyak kekuatan jangkauannya?

Sudah seharusnya negara menyediakan murah bahkan gratis untuk semua. Tak hanya untuk PNS saja. Sebab, negara adalah raa'in (pelayan bagi rakyat), penyediaan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan daring termasuk pembiayaannya menjadi beban negara  yang harus ditunaikan. “Imam (Khalifah) adalah raa’in (pengurus rakyat) dan ia bertanggung jawab atas pengurusan rakyatnya.” (HR al-Bukhari)

Juga tak menunggu datangnya wabah kemudian pemerintah datang memberi bantuan. Namun dalam keadaan aman sentosa pun negara tetap wajib menjamin seluruh kebutuhan pokok rakyat, baik pendidikan, ekonomi, kesehatan dan keamanan . Berpijak dari dalil diatas maka tidak dibenarkan jika rakyat dibiarkan tanpa bantuan, bahkan dibeda-bedakan dalam hal pelayanan.

Nyatanya, di Indonesia hal itu terjadi, kesehatan ditangani BPJS rakyat dilayani sesuai besaran pembayaran preminya, sarana transportasi, jalan dan lain sebagainya, namun pajak, semua orang dipungut. Fakta ini karena Indonesia mengadopsi sistem kapitalisme, negara seminim mungkin mencampuri urusan rakyat, namun membuka seluas-luasnya kepada swasta untuk investasi dan menggantikan pelayanan negara.

Akibatnya, terdapat kesenjangan di tengah masyarakat. Bahkan jika terus berlanjut menciptakan resesi akut, sebab faktor-faktor ekonomi dikuasai oleh asing ( swasta), asing tak mau mengadakan pelayanan begitu saja, sesuai mottonya , tidak ada makan siang gratis maka semua berbayar. Dibuat strata-strata tertentu, dimana yang banyak duit mudah mengatasi persoalan hidupnya, namun bagi yang lemah pastilah akan mati perlahan.

Sistem yang adil adalah jelas apa yang telah dicontohkan Rasulullah, yaitu berdasarkan syariat Islam. Juga diterapkan oleh Khulafaur Rasyidin dan kholifah-kholifah selanjutnya. Makna raa’in ini digambarkan dengan jelas oleh Umar bin Khaththab, ketika beliau memanggul sendiri sekarung gandum untuk diberikan kepada seorang ibu dan dua anaknya yang kelaparan sampai-sampai memasak batu.

Atau ketika beliau di tengah malam membangunkan istrinya untuk menolong seorang perempuan yang hendak melahirkan . Begitu juga yang dilakukan oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz, yang berusaha keras memakmurkan rakyat dalam 2,5 tahun pemerintahannya sampai-sampai tidak didapati seorangpun yang berhak menerima zakat. Wallahu a'lam bish showab.

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. weleehhh pns wae, rakyatt nya dong dan btw ada informasi tentang wifi rumah unlimited tanpa kabel atau peluang usaha rumahan di desa nggak ya? dan jangan lupa kunjungi balik blog ane ya di koinx.id

    ReplyDelete

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,1,ahok,2,Analysis,50,aqidah,8,artikel,13,bedah buku,1,bencana,21,berita,47,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,177,fikrah,4,Fiqih,12,fokus,2,Geopolitik,6,gerakan,5,Hukum,87,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,39,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,77,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,287,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,24,korupsi,39,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,46,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,16,Musibah,4,Muslimah,77,Nafsiyah,8,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3397,opini islam,86,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,3,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,106,Peradaban,1,Peristiwa,10,pertahanan,1,pertanian,2,politik,314,Politik Islam,13,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,3,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,69,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,62,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,44,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,31,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: PNS : Pulsa Nyawa Daring Seluruh Rakyat
PNS : Pulsa Nyawa Daring Seluruh Rakyat
Sri Mulyani resmi memberikan biaya pulsa berupa paket data dan komunikasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan kalangan mahasiswa.
https://1.bp.blogspot.com/-ELnbPkR7xmQ/X1BKqajbYXI/AAAAAAAAJhM/f77cDy_v5zM8vZpWXGICTHodNwL9SnRkgCLcBGAsYHQ/w640-h336/PicsArt_09-03-08.43.15.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ELnbPkR7xmQ/X1BKqajbYXI/AAAAAAAAJhM/f77cDy_v5zM8vZpWXGICTHodNwL9SnRkgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h336/PicsArt_09-03-08.43.15.jpg
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2020/09/pns-pulsa-nyawa-daring-seluruh-rakyat.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2020/09/pns-pulsa-nyawa-daring-seluruh-rakyat.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy