Wajib Baca !, Kekhawatiran Pasien Suspect Corona

Gua resah dengan kondisi saat ini, gua pengen speak up sebagai pasien suspect Covid-19. Gua akan cerita tentang pengalaman gua sebaga...


Fachri Muchtar, seorang pasien suspect corona merasa khawatir terkait penanganan wabah corona di Indonesia, lewat akun twitternya dia menuliskan apa yang dialami ketika dalam masa pemeriksaan, sampai saat ini, threadnya tersebut sudah dishare sebanyak 2000, berikut kami kutip threadnya :

Gua resah dengan kondisi saat ini, gua pengen speak up sebagai pasien suspect Covid-19. Gua akan cerita tentang pengalaman gua sebagai pasien di salah satu RS Rujukan di Jakarta dan keresahan gua terkait corona.
a thread!!

Baru aja semalam gua dinyatakan sama dokter sebagai pasien suspect corona. Gejala yang gua alamin ya demam, batuk, sesak nafas, pilek, sakit tenggorokan sama lemas. FYI gua lagi karantina mandiri di rumah, setelah sebelumnya di rawat di ruang isolasi IGD.

Jadi gua masuk RS tuh kemaren sore, setelah sakit sesak dan batuk gua ga kunjung membaik padahal udh minum obat dokter. Akhirnya gua putuskan buat pergi ke RS Rujukan. Sampe sana langsung masuk IGD buat diperiksa, mulai dari ditanya-tanya, cek darah sampe rontgen paru.

Habis gua rontgent paru, gua dipindahkan lah ke ruang dekontaminasi, itu isinya orang batuk semua. Pokoknya batuk, mau dia terindikasi corona atau enggak digabung disitu. Satu ruangan bisa berisi 4-5 orang dengan ukuran ruangan yang gua kira paling 2x3 meter.

Di ruangan itu, ada 3 pasien tidur di ranjang pasien dan 2 orang duduk di kursi roda karena ga muat.

Nah, setelah nunggu beberapa jam (mungkin sekitar 1-2 jam), gua dikabarkan kalo gua adalah pasien suspect Covid-19 berdasarkan gejala dan riwayat perjalanan gua. Akhirnya gua dipindahkan ke ruang khusus isolasi pasien Covid-19.

Selain gua, ada satu lagi seorang bapak yang juga dipindahkan karena beliau sama kaya gua, pasien suspect covid-19.

Mau tau gimana kondisi ruangannya? ruangan isolasi ini diisi sama 6 orang pasien dengan kriteria sakit beda-beda. Mulai dari yang keliatan sehat sampe yang batuknya sering tuh ada, dicampur di ruang itu. https://t.co/6U1uaCVAv5 selengkapnya lu bisa baca berita kompas itu.

Oiya, di ruangan itu cuman ada 3 bed kasur, sedangkan pasiennya ada 6. Jadi terpaksa sebagian harus duduk di kursi roda. Gua sendiri duduk di kursi roda dari di ruang dekontaminasi sampe baru dapat kasur tadi pagi.

Lanjut ya, dari 6 orang tersebut, 2 diantaranya malam itu langsung dirujuk ke RS Rujukan yang lain. Sedangkan sisanya menunggu kamar isolasi rawat inap kosong atau ada RS Rujukan lain yang mau nerima, sedangkan kondisinya semua RS Rujukan tuh penuh.

Akhirnya gua dan 3 orang lainnya cuman bisa saling ngobrol aja sambil nunggu kepastian kapan kita di tes swab (tes corona) dan kepastian ruangan.

Akhirnya, sekitar jam 11 siang kita di tes swab oleh tim dokter. Hasil tes swab baru bisa diketahui paling cepet 3 hari. Lama banget ga tuh? Mangkanya ga heran di mata najwa Gub DKI sama Gub Jabar pengen tes mandiri. Soalnya kalo nunggu pusat lama banget.

Oiya, setelah tes swab kita semua dianjurkan untuk pulang dan karantina mandiri di rumah sambil nunggu hasil. Kalo positif, ya kita bakal dijemput pake ambulans. Ini juga dilakukan karena jumlah ruang isolasi terbatas, sedangkan jumlah pasien suspect dan positif terus nambah.

Tadi gua sempet ngobrol juga sama dokternya, dan dia mengakui kalo Indonesia tuh ga siap ngadapin corona. Sangat gagap bahkan dalam pelayanan medis. Dengan metode tes swab yang kayak sekarang, ga heran kalo banyak yang underdiagnosed.

Kenapa gua bilang banyak yang underdiagnosed (Jumlah angka official jauh lebih kecil dr jumlah kasus real di lapangan) ? ya karena ga semua orang bisa ngecek dan mau ngecek. Fasilitas kita masih sangat terbatas, bahkan petugas medis yang nanganin pasien aja gabisa tes swab.

Kenapa sih ini semua bisa terjadi? ya karena Indonesia tuh SOMBONG! Sangat meremehkan virus ini ketika pertama kali muncul di Wuhan. Alih-alih mempersiapkan dengan serius, kita malah jadikan bahan bercandaan dan menantang riset havard yang bilang virus ini sudah ada di Indonesia.

Pada awal-awal virus ini muncul, kita lebih memilih buat bayar influencer 72M dan kasih diskon pesawat. Disaat negara lain serius memandang corona, negara ini malah meremehkan. Jangan heran kalo sekarang kita gagap menangani ini. Karena kita ga siap!

Bahkan ketika Covid-19 sudah mulai mewabah di Indonesia, Menkes kita masih sempat-sempatnya mengedepankan hal simbolik, seperti pengangkatan Duta Imunitas Corona Sejati, daripada konkret membenahi masalah pelayanan kesehatan kita.

Sekedar informasi, pelayanan kesehatan kita buat mengatasi Covid-19 masih belum siap. Di Indonesia, anda bisa tes corona adalah sebuah privilege, karena ga semua orang bisa tes! Kenapa sih gua bilang privilege?

Ya karena kalo lu ga pernah keluar negeri/kontak dengan pasien positif besar kemungkinan ga bakal di cek. Tapi walaupun begitu, RS RS Rujukan tetap aja kewalahan menangani jumlah suspect dan pasien positif. Padahal, mungkin banyak dari kita yang gatau apakah pernah berpapasan....

....atau berada di lokasi yang sama dengan pasien positif karena data yang ga terbuka dengan jelas. Beda dengan singapura yang kita bisa tau riwayat perjalanan si pasien. So far petanya cuman menerangkan lokasi asal dari pasien dan suspect.

Akhirnya banyak orang juga yang gak aware buat meriksa, padahal meriksa itu penting dan semakin banyak sampel semakin mendekati keakuratan. Selain itu, juga kemenkes harus mengizinkan daerah buat melakukan pengetesan sendiri, untuk memotong waktu.

Malah kalo bisa kayak di korea selatan, bisa ngecek via drive thru. Dengan pembukaan data dan pengecekan yang lebih massif, justru membuat rakyat lebih siap daripada dengan sikap kayak sekarang dengan dalih biar rakyat ga panik. Justru rakyat panik karena ketidakpastian data.

Setelah gua melihat bagaimana ketidaksiapan pelayanan kesehatan kita yang dikomandoi oleh kemenkes. Gua semakin resah ketika melihat sosial media, Isu corona ini ternyata masih belum menjadi isu yang menyatukan kita. Bahkan kita masih terpolarisasi secara politik!

Bayangin, di isu yang seharusnya kita bersatu untuk melawannya karena terkait dengan kemanusiaan. Masih ada akun-akun yang menggunakan isu ini untuk kepentingan politik. Seharusnya kita mendukung segala bentuk kebijakan yang dilakukan oleh kelompok manapun....

..... dalam rangka melawan corona dan mengkritisi kebijakan-kebijakan yang ngaco. Bukan memperdebatkan satu kebijakan yang tepat dan menyerang dari sisi personal. Bukan pula melindungi kesalahan pemerintah dari kritik-kritik yang ada.

Persoalan tentang corona tidak berhenti di sana. Tapi bagaimana kita mengedukasi masyarakat kelas menengah kebawah agar sadar dengan isu ini. Karena bagi mereka, kepastian untuk hidup di hari esok lebih menakutkan dibandingkan Covid-19.

Padahal kelompok kelas mengeah kebawah ini lah yang menjadi kelompok paling rentan apabila positif terinfeksi Covid-19. Bagi orang kaya, mereka bisa mengisolasi diri di salah satu kamar di rumahnya. Bagaimana dengan keluarga yang makan, tidur, kumpul di ruangan yang sama?

Tentunya lebih berisiko karena mereka gada ruang untuk isolasi mandiri. Apalagi lingkungan pemukiman mereka juga padat penduduk. Gak jarang mereka juga tinggal di gang senggol. That's why gua bilang kelompok menengah kebawah ini adalah kelompok yang sangat rentan.

Kelompok menengah kebawah ini juga kadang gak aware dengan kesehatannya dan isu covid-19 ini. Kalo mereka merasakan gejala, ya mereka ga bakal periksa paling cuman bakal bilang "ah paling masuk angin". Bayangin aja, penyebaran virus bakal lebih sulit kedeteksi.

Beda banget dengan kelas menengah yang mungkin akan meriksain kesehatan mereka, karena mereka punya kesadaran dan terpapar informasi yang cukup. Mangkanya #GerakanSosialDistancing tuh perlu banget buat mencegah hal begini!! tapi tentu prakteknya ga semudah itu.

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Wajib Baca !, Kekhawatiran Pasien Suspect Corona
Wajib Baca !, Kekhawatiran Pasien Suspect Corona
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWbk93g52qj0tRSiO7ZAwofL8D0cwix5RECCP-pdXdsrs2afoRxCVPxaZDm7bh8RfI_QLK_uaBkVb0Lv7FBdbdcGGhvajy8gwiZXSeeAUTKC54nMzR2XVSG5onPkz-d3UtQJeGhyphenhyphenwWX18/s320/Screenshot_20200317-162545_Twitter.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWbk93g52qj0tRSiO7ZAwofL8D0cwix5RECCP-pdXdsrs2afoRxCVPxaZDm7bh8RfI_QLK_uaBkVb0Lv7FBdbdcGGhvajy8gwiZXSeeAUTKC54nMzR2XVSG5onPkz-d3UtQJeGhyphenhyphenwWX18/s72-c/Screenshot_20200317-162545_Twitter.jpg
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2020/03/wajib-baca-kekhawatiran-pasien-suspect.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2020/03/wajib-baca-kekhawatiran-pasien-suspect.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy