Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KISAH PERJALANAN MOBIL ESEMKA MENGHARUKAN MELEBIHI DRAMA KOREA


By Jady Wongso

2012 Negeri ini dihebohkan dengan kabar dari solo, Walikota Solo pada saat itu membuat gebrakan dengan mengganti mobil dinas Toyota Camry dengan Kiat Esemka, produksi siswa-siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta, yang menggunakan komponen 80 persen lokal dan 20 persen impor. Sontak, kabar itu mengguncang seantero negeri ini. Kehebohan guncangannya melebihi guncangan Gempa Bumi yang berkekuatan 10 SR.

Menurut Walikota Solo pada saat itu, demam mobil Esemka memberi dampak positif dan harus dimanfaatkan betul. Terutama sebagai momentum untuk kemunculan mobil NASIONAL. Sambutan masyarakat yang begitu antusias disebutnya sebagai bagian dari kerinduan akan kebanggaan produk sendiri. Selain itu, Walikota Solo Pada saat itu juga berupaya membantu merancang proposal bisnis untuk memproduksinya secara massal. Agustus 2012, Esemka pun lulus uji emisi. Emisi gas buang mobil buatan anak bangsa ini sudah memenuhi standar.

Waktu terus berjalan, Walikota Solo pada saat itu mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta dan memenangkan Perhelatan Pilgub DKI Jakarta tersebut. Belum genap dua tahun memimpin Jakarta, Mantan Walikota Solo itu mencalonkan diri sebagai Capres di Pilpres 2014. Bahkan Tim sukses dan pakar ekonomi dia mengatakan, pengembangan Esemka sebagai Mobil Nasional masuk dalam visi misi.

Waktu terus berjalan, dan akhirnya penantian yang cukup panjang itu pada bulan Oktober 2018 mendapat angin segar, katanya pak Kyai Mobil ESEMKA akan Launcing pada bulan itu. Alhamdulillah... Akhirnya Indonesia akan mempunyai Mobil Nasional, ini adalah kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang menjadi warga Negara Indonesia.

Waktu terus berjalan, bulan Oktober pun berganti November, tidak lama kemudian bulan Desember pun menyusul, tetapi mobil ESEMKA tak juga muncul-muncul. Sampai-sampai kami bersu'udzon kepada Pak Kyai itu, dan bertanya-tanya kepada diri kami sendiri, Masak pak Kyai berbohong?!

Waktu pun terus berlalu, kamipun mencoba untuk melupakan semua itu. Eh ternyata, 6 September 2019, atau hari Jum'at yang lalu, mobil ESEMKA Bima resmi diluncurkan. Sekali lagi kami sebagai warga Negara Indonesia mengucapkan Alhamdulillah. Karena sudah mempunyai Mobil Nasional. Drama penantian panjang pun telah terobati.

Ternyata cerita tak sampai disitu, berbagai artikel berita online memuat kabar yang membuat kami tak enak makan, ternyata mobil ESEMKA Bima yang baru di luncurkan itu mirip dengan Mobil keluaran Cina. Ohhh malangnya nasib dikau wahai Esemka. Yang mengenaskan lagi adalah, Mobil Esemka Bima yang baru diluncurkan itu tidak diakui sebagai Mobil Nasional. Kalau begitu, terus apa yang mau kami banggakan dari kemunculan Mobil Esemka itu?. Jadi jangan salahkan kami kalau punya anggapan bahwa kemunculan Mobil Esemka pada 2012 yang lalu itu hanya sebagai pemulus Nafsu. [JW]

Post a Comment for "KISAH PERJALANAN MOBIL ESEMKA MENGHARUKAN MELEBIHI DRAMA KOREA"