Menakar Penggunaan Maqalah Ibnu Taimiyyah oleh Mahfudz MD dalam Kasus Kematian Brigader J.

Mahfud md lebih baik ada polisi

Menakar Penggunaan Maqalah Ibnu Taimiyyah oleh Mahfudz MD dalam Kasus Kematian Brigader J.

Oleh Ainul Mizan (Peneliti LANSKAP)

Komisi III DPR RI menggelar rapat dengar terkait kasus kematian Brigader J. Dalam rapat dengar tersebut, Mahfudz MD menyitir pernyataan Ibnu Taimiyyah. Hanya saja Pak Mahfudz memelintir makna dari pernyataan Ibnu Taimiyyah dengan redaksi berikut ini.

Lebih baik 60 tahun dengan polisi jelek daripada semalam tanpa polisi. Semalam saja tidak ada polisi, besoknya negara hilang.

Di sini kami akan menukilkan redaksi dari Kitab Minhajus Sunnah karya Ibnu Taimiyyah halm 547-548.

ومن المعلوم ان الناس لا يصلحون الا بولاة، وانه لو تولى من هو دون هؤلاء من الملوك الظلمة لكان ذلك خيرا من عدمهم. كما يقال ستون سنة مع امام جائر، خير من ليلة واحدة بلا امام.
Termasuk sesuatu yang sudah maklum adanya, sesungguhnya manusia tidak akan menjadi baik urusannya kecuali dengan adanya penguasa. Dan sungguh sekiranya yang berkuasa adalah para penguasa dholim itu masih lebih baik dari tidak adanya mereka. Sebagaimana disebutkan (Ahlus sunnah): 60 tahun dengan adanya Imam (penguasa) yang jahat itu lebih baik daripada semalam tanpa adanya Imam.

Tentu saja makna yang terkandung dalam teks Kitab Minhajus Sunnah tersebut akan sangat jauh berbeda dengan redaksi dari Prof Mahfudz MD. Kami akan menukilkan maksud redaksi dari Kitab Minhajus Sunnah sebagaimana berikut ini.

ويروى عن علي رضي الله عنه انه قال لا بد للناس من امارة برة كانت او فاجرة. قيل له هذه البرة قد عرفناها فما بال الفاجرة؟ قال يؤمن بها السبيل ويقام بها الحدود ويجاهد بها العدو ويقسم بها الفيء .ذكره علي بن معبد في كتاب (الطاعة والمعصية).
"Telah diriwayatkan dari Ali ra, sesungguhnya beliau mengatakan: Menjadi keharusan di tengah-tengah manusia akan adanya kepemimpinan yang baik ataupun yang jahat. Ditanyakan padanya: Untuk pemimpin yang baik, tentunya sudah selayaknya. Maka bagaimanakah dengan pemimpin yang jahat? Ali ra menjawab: Selama mereka bisa menjamin keamanan di jalanan, menegakkan hudud, memerangi musuh, dan membagi-bagikan harta fai. Disebutkan riwayat ini oleh Ali bin Makbaf dalam Kitab At-Thoat wal Maksiyat.

Jadi yang dimaksud dengan pemimpin dalam redaksi Kitab Minhajus Sunnah adalah Al-Imam, Al-Imarah dan atau Al-Khalifah. Hal ini berkesesuaian dengan yang dijelaskan oleh Al-Imam An-Nawawi yang menyatakan bahwa sebutan Imam, Imarotul mukminin dan Kholifah itu merupakan sinonim. Walhasil selama pemimpin itu menerapkan Syariat Islam, walaupun mereka dholim atau jahat, itu masih lebih baik daripada tidak adanya mereka.

Pada aspek yang lain, pandangan Ibnu Taimiyyah ini sebagai bantahan atas klaim kalangan Syiah Rafidhah yang menunggu Imam yang dijanjikan dan mempunyai kelebihan serta keutamaan. Artinya tidak mungkin yang dimaksud kalangan Syiah tersebut yakni Imam yang ditunggu itu adalah seorang presiden dalam sistem Republik atau Perdana menteri dalam Sistem Parlementer maupun lainnya. Jelas Imam yang dimaksud adalah al-Imamah atau Al-Kholifah.

Selanjutnya Ibnu Taimiyyah menegaskan:

ومعلوم ان صالحى المؤمنين لا يعاونون الولاة الا على البر والتقوى لا يعاونونهم على الاثم والعدوان، فيصير هذا بمنزلة الامام تقديمه في الشرع لكونه اقرا واعلم بالسنة...
Dan menjadi hal yang maklum bahwa sesungguhnya kaum mukmin yg baik tidak akan membantu penguasa kecuali dalam kebaikan dan taqwa, dan tidak membantu penguasa dalam berbuat dosa dan permusuhan. Demikianlah mereka berjalan bersama imamnya dengan mendahulukan syariat karena mereka lebih mengetahui terhadap sunnah...

Mestinya Prof Mahfudz sendiri melakukan penyampaian maqalah Ibnu Taimiyyah ini dengan jujur. Di samping itu sebagai bagian dari tanggung jawab keilmuannya adalah dengan memberikan nasehat kepada penguasa agar menjalankan pemerintahannya berdasarkan Syariat Islam agar timbul keadilan dan kemaslahatan, bukan malah memelintir maksud pernyataan Ibnu Taimiyyah.

Yang terakhir tentang pernyataan Mahfudz MD dengan "60 tahun bersama polisi yang jahat itu lebih baik dari semalam tanpa polisi, karena semalam tanpa polisi, menyebabkan hilangnya negara. Pernyataan demikian salah pada 2 hal:

Pertama, Ada pernyataan Ibnu Taimiyyah berikut ini:

الدين اس والسلطان حارس، وما لا اس له فمهظوم وما لا حارس له فظائع
Agama itu pondasi. Dan kekuasaan adalah penjaganya. Sesuatu tanpa pondasi maka akan rusak. Dan sesuatu tanpa penjaga akan lenyap.

Jadi hubungan agama dan kekuasaan itu erat. Tidak ada sekulerisme di dalam Islam.

Kedua, justru keberadaan polisi di akhir jaman itu dalam murka Allah SWT.

Rasul Saw bersabda:

يكون في آخر الزمان شرطا، يغدون في غضب الله، ويروحون في سخط الله، فاياك ان تكون منهم (رواه الطبراني، اسناده صحيح)
"Di akhir jaman akan ada polisi yang di pagi harinya mereka dalam kemarahan Allah dan sore harinya mereka berada dalam kemurkaan Allah. Maka janganlah kalian menjadi bagian dari mereka (HR Thobroniy sanadnya shohih).

Justru dengan kepolisian ada celaan terhadap keberadaan mereka yang dholim. Mereka adalah polisi dari sistem tirani yakni sistem Demokrasi sekuler. Mereka menjadi alat kekuasaan tirani yang membuang syariat Islam, bahkan memusuhi Syariat Islam dan para dainya dengan program Moderasi Beragama dan proyek memerangi radikalisme.

Maka seharusnya kepolisian segera sadar dan bertaubat. Tentunya menjadi urgen untuk membuang sekulerisme dan menerapkan Syariat Islam dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dengan demikian, akan dapat dilahirkan kepolisian yang baik dan lurus.

#28 Agustus 2022

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Menakar Penggunaan Maqalah Ibnu Taimiyyah oleh Mahfudz MD dalam Kasus Kematian Brigader J.
Menakar Penggunaan Maqalah Ibnu Taimiyyah oleh Mahfudz MD dalam Kasus Kematian Brigader J.
Mahfud md lebih baik ada polisi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1UCw1MJ6s7b6CZ95kBpAQ64r4bHBC4IIhJywfB3e3nJZRmxowUhYham9RGIvfFoOTBBJggU-1L28g29gFQbG2oOM44j7Fbiq9hFNf4VdV0fejSJaXrT6mxabtXGV2Aw2dSoKrA9QAqToolDFfIFh5VZP5hVefX9N3oeOck0cF0NzQsDLicr_3KwCM/s16000/FB_IMG_1661735485363_compress99.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1UCw1MJ6s7b6CZ95kBpAQ64r4bHBC4IIhJywfB3e3nJZRmxowUhYham9RGIvfFoOTBBJggU-1L28g29gFQbG2oOM44j7Fbiq9hFNf4VdV0fejSJaXrT6mxabtXGV2Aw2dSoKrA9QAqToolDFfIFh5VZP5hVefX9N3oeOck0cF0NzQsDLicr_3KwCM/s72-c/FB_IMG_1661735485363_compress99.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2022/08/menakar-penggunaan-maqalah-ibnu.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2022/08/menakar-penggunaan-maqalah-ibnu.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy