Wacana Solusi Baru Untuk Minyak Goreng, Berhasilkah?

Polemik minyak goreng

Wacana Solusi Baru Untuk Minyak Goreng, Berhasilkah?

Oleh : Hening Fajriyah | Pemerhati Umat

Polemik minyak goreng masih terus berlanjut. Jika pada umumnya harga kebutuhan bahan pokok akan naik saat menjelang lebaran dan akan menurun setelahnya, tetapi tidak dengan minyak goreng. Hingga saat ini masyarakat masih resah dengan harga minyak goreng di pasaran. Setelah sebelumnya masyarakat dibuat pusing dengan kelangkaan stok dan melonjaknya harga minyak goreng kemasan, kini mau tidak mau harus menerima kenyataan bahwa harga minyak goreng curah juga ikut melonjak. Masyarakat menantikan solusi secepatnya agar harga minyak goreng menjadi terjangkau.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, menyatakan komitmennya untuk segera mengendalikan harga-harga barang kebutuhan pokok dengan ide dan terobosan baru untuk permasalahan minyak goreng saat ini. Seperti dikutip dari bisnis.com (18/7/2022), Mendag yang akrab disapa Zulhas ini menyatakan bahwa Kemendag sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Kepala Satgas Migor yang saat ini masih efektif. Mendag Zulhas menjelaskan, Pemerintah akan memastikan semua berjalan dengan skema yang ada. Domestic Market Obligation (DMO), Domestic Price Obligation (DPO), dan minyak goreng curah rakyat akan tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau. Menurutnya, untuk memastikan harga terjangkau, pemerintah berharap adanya kerja sama antara masyarakat dan pelaku usaha untuk melaporkan ke Satgas Pangan atau lembaga-lembaga terkait jika ada pelanggaran di lapangan. 

Belum juga tuntas dengan masalah harga minyak goreng, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan adanya wacana penghapusan minyak goreng curah di pasaran, walaupun pemerintah tidak akan buru-buru menghapus minyak goreng curah. Pasalnya, persiapan untuk beralih ke minyak goreng kemasan sederhana memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Wacana ini menuai kritik dari Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto terhadap pernyataan Menteri Perdagangan yang baru dilantik, Zulkifli Hasan (Zulhas) terkait ide penghapusan minyak goreng curah dari pasaran dan diganti dengan kemasan. Adapun ide tersebut diwacanakan oleh Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. Zulhas disebut akan ikuti kebijakan yang dibuat Luhut tersebut. Seharusnya, kata Mulyanto, Mendag baru hadir dengan gagasan-gagasan dan terobosan baru. Bukan malah bolak-balik pada wacana lama yang berisiko menimbulkan masalah baru
(fajar.co.id, 18/6/2022).

Polemik minyak goreng ternyata malah semakin berlarut-larut tanpa adanya kepastian solusi yang tuntas. Kondisi ini seperti sebuah paradoks di mana di negeri yang kaya sumber daya alam (SDA) dan produsen minyak goreng nomor satu dunia, tetapi rakyatnya kesulitan mendapatkan minyak goreng dengan harga yang terjangkau. Sampai hari ini harga migor curah bertengger diangka Rp16.100 sementara migor kemasan diangka Rp25.500 (data PIHPS Nasional 24/6). Sehingga harganya masih di atas HET migor curah yang sebesar Rp15.500 per kg, meski sudah disubsidi melalui instrumen DMO-DPO (domestic market obligation dengan domestic price obligation).

Wacana penghapusan minyak goreng curah beralih ke minyak goreng kemasan sederhana diprediksi bukannya akan membuat harga minyak goreng turun, tetapi malah akan semakin melambung harganya. Bagaimana tidak, apabila minyak goreng curah dikemas secara sederhana, maka tambahan ongkos sebesar Rp1.500 per paket. Hal ini tentu akan menambah harga jual dari minyak goreng dan semakin memberatkan masyarakat. Sedikit demi sedikit minyak goreng curah akan menghilang di pasaran, padahal sebagian besar pedagang informal masih sangat bergantung pada minyak goreng curah.

Rencana dihapusnya minyak goreng curah ini sebetulnya bukan yang terbaru, wacana ini pernah diumumkan sejak 2019 lalu. Hal ini disambut baik oleh para perusahaan kemasan, di mana mereka akan mendapatkan keuntungan dari kebijakan tersebut. Lagi-lagi ada pihak swasta yang akan diuntungkan.

Pengendalian harga minyak goreng tidak akan cukup hanya dengan kerja sama antara masyarakat dan pelaku usaha untuk melaporkan ke Satgas Pangan atau lembaga-lembaga terkait jika ada pelanggaran di lapangan. Sedangkan permasalahan mendasar minyak goreng tidak tersentuh oleh pemerintah yaitu liberalisasi bahan pangan oleh para mafia dan kartel pangan yang bergerak di mekanisme pasar, mereka menguasai dan menggerakkan mekanisme pasar mulai dari penyedia stok, distribusi, mengendalikan harga, bahkan berpotensi untuk melakukan penimbunan dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari masayarakat.

Peran negara yang minim hanya sebagai pembuat peraturan saja, bukan sebagai pengurus urusan rakyat. Kondisi ini membuat para mafia dan kartel tumbuh subur dan bergerak leluasa untuk semakin menguasai mekanisme pasar bebas.

Dalam sistem Islam mempunyai mekanisme dalam mengelola pangan dalam sebuah negara yang bernama khilafah. Dalam mewujudkan jaminan pemenuhan pangan untuk seluruh rakyatnya, negara bergerak sebagai pengurus urusan rakyat, tanpa melibatkan pihak swasta. Sehingga akan menghindarkan mafia dan kartel pangan dalam mekanisme pasar untuk bertindak curang untuk mengendalikan harga sesuka mereka.

Negara akan menjaga ketersediaan stok pangan agar permintaan dan penawaran menjadi stabil. Menyediakan teknologi yang mampu memprediksi cuaca serta iklim, melakukan mitigasi bencana alam yang dapat memengaruhi kebutuhan pangan masyarakat serta menjaga rantai tata niaga dengan mencegah dan menghilangkan distorsi pasar, mengharamkan penimbunan, mengharamkan riba, serta praktik tengkulak dan kartel. Demikianlah sistem Islam mempunyai aturan untuk menjamin hak rakyatnya dalam rangka pemenuhan pangan untuk kebutuhan hidupnya. Dengan terjaminnya hak rakyat diharapkan masyarakat hidup sejahtera dan tenteram dalam naungan sistem Islam.

Wallahu alam bissawab

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,185,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,49,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,16,Musibah,4,Muslimah,86,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3551,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,110,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Wacana Solusi Baru Untuk Minyak Goreng, Berhasilkah?
Wacana Solusi Baru Untuk Minyak Goreng, Berhasilkah?
Polemik minyak goreng
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhncUo_gbk9_nCJWUm7eYKXRk7uyyvOpIyDHeY2Zc8QiztC4wmJxr-I39LDUl199z5cHDmIcDXG7W-2QgyfhBXfe1o-II4ULO12WIU3juCRdoSED7VDPPnicZyErNwwrk-nuU0RCGg4jk9SgMf6lHVdpryIy5uJBhuYI9TIUap4RrW0pLiEu2vg8uzP/s16000/PicsArt_07-11-09.34.36_compress1.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhncUo_gbk9_nCJWUm7eYKXRk7uyyvOpIyDHeY2Zc8QiztC4wmJxr-I39LDUl199z5cHDmIcDXG7W-2QgyfhBXfe1o-II4ULO12WIU3juCRdoSED7VDPPnicZyErNwwrk-nuU0RCGg4jk9SgMf6lHVdpryIy5uJBhuYI9TIUap4RrW0pLiEu2vg8uzP/s72-c/PicsArt_07-11-09.34.36_compress1.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2022/07/wacana-solusi-baru-untuk-minyak-goreng.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2022/07/wacana-solusi-baru-untuk-minyak-goreng.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy