Habibana dan Kepemimpinan Berfikir Islam

HRS pulang

Apapun yang terjadi kepulangan Habibana pastinya akan memperkuat ghiroh umat. Habib dibiarkan saja dengan agendanya ghiroh umat akan meningkat. Lebih-lebih lagi jika dihadapkan pada kasus hukum atau ditangkap, akan membuat ghiroh umat tumbuh berlipat.  Pada titik ini, umat harus memiliki konsep kepemimpinan berfikir Islam. Agar ghiroh yg tumbuh besar tetap terkendali dalam koridor hukum syara'. Andai habibana tiada sekalipun mereka tetap solid dibawah kepemimpinan berfikir Islam.

Oleh : Erwin Permana

Seperti informasi yang beredar, habibana kembali ke Indonesia hari Senin tanggal 9 November 2020 jam 19.30 waktu KSA. Berangkat dari bandara Kota Jeddah dengan menggunakan pesawat Saudia Airlines. Beliau insyaAllah, akan tiba di Bandara Cengkareng hari Selasa jam 09.00 wib.

Pengumuman yang dilakukan secara langsung oleh habibana tersebut menunjukkan keberanian sekaligus ketulusan beliau. Beliau tidak suka melakukannya dengan sembunyi-sembunyi meski itu bisa dilakukan.

Tidak seperti kebiasan Jokowi yang suka mengambil kebijakan sembunyi-sembunyi ditengah malam, seperti menaikkan BBM berkali-kali; mensyahkan berbagai peraturan perundangan yang mencederai rasa keadilan public seperti UU Omnibus law, UU KPK, UU MK, UU Minerba juga dilakukan dengan minim informasi publik.

Habibana ingin kepulangannya diketahui oleh seluruh masyarakat, baik yang suka atau tidak tidak. Yang suka menyambutnya gagap gempita. Belum lagi beliau pulang sebagian masyarakat sudah tidak sabar hingga menumpahkan perasaan gembira dengan turun ke jalan. Yang tidak suka akan mencibir, mencaci maki, dan ucapan-ucapan yang tidak pantas diucapkan oleh manusia apalagi ditujukan pada dzurriyah Nabi. 

Negara yang mestinya berfungsi mendamaikan berbagai pertengkaran ditengah masyarakat, malah ikut memperburuk situasi. Hal ini terlihat dari statement menkopolhukam Mahfudz MD diberbagai media elektronik. Mahfudz bilang akan “menyikat” kalau terjadi kerusakan. 

Suatu kalimat yang hanya pantas diucapkan oleh preman pasar, tidak pantas diucapkan oleh sekelas Menteri Koordinator. Artinya ada pihak-pihak yang tidak ikhlas dengan kepulangan beliau. 

Habibana dianggap menjadi simpul energy umat, tokoh sentral perlawanan terhadap kedzoliman. Status beliau sebagai IBe menegaskan hal ini. Sangat berdasar jika umat kemudian menuding hanya pelaku kedzoliman yang tidak suka kepulangan beliau. Sehingga muncul berbagai kekhawatiran dan analisis seputar kepulangannya.  

Berbagai kemungkinan dapat saja terjadi dengan pribadi Habibana, mulai dari “pembiaran”, artinya umat Islam dapat melepas rindu setelah lama berpisah. Bisa juga dihadapkan pada berbagai kasus hukum; hingga penangkapan langsung.

Apapun yang terjadi kepulangan Habibana pastinya akan memperkuat ghiroh umat. Habib dibiarkan saja dengan agendanya ghiroh umat akan meningkat. Lebih-lebih lagi jika dihadapkan pada kasus hukum atau ditangkap, akan membuat ghiroh umat tumbuh berlipat.

Pada titik ini, umat harus memiliki konsep kepemimpinan berfikir Islam. Agar ghiroh yg tumbuh besar tetap terkendali dalam koridor hukum syara'. Andai habibana tiada sekalipun mereka tetap solid dibawah kepemimpinan berfikir Islam. 

Dengan kepemimpinan berfikir Islam, umat tidak bisa dieksploitasi oleh berbagai agenda yang akan menjauhkan mereka dari tujuan perjuangan. Mulai dari skenario pembenturan diantara komponen umat hingga eksploitasi recehan dari para politisi busuk untuk mendukung agenda politik pragmatis.

Kalau kesabaran rasa-rasanya umat sudah sangat teruji. Meski jumlahnya mayoritas tapi umat tidak terprovokasi oleh perilaku bejat oknum yang menyerang Islam. Mulai dari penyerangan ulama, vandalisme musholla, ujaran kebencian yang hingga kini ada sekitar 40 kasus yang belum diproses secara hukum. 

Sangat berbeda jika perilakunya adalah pengkritik rezim, hukum begitu cepat bekerja. Atau jika perilaku vandalisme adalah mereka yang memelihara jenggot, stempel teroris akan segera melekat. Atau yang diserang adalah pemuka agama selain Islam, barangkali akan menjadi headline berita berhari-hari.

Karena itulah selain kesabaran, umat juga harus berpegang teguh pada kepemimpinan berfikir Islam. Yakni menjadikan Aqidah sebagai penuntun kehidupan; menolak semua ajaran tentang cara hidup yang tidak sejalan dengan Islam; menerima berbagai perbedaan pandangan jika itu berakar dari aqidah Islam; tidak kompromi dengan pandangan yang tidak lahir dari aqidah Islam seperti Kapitalis-Demokrasi, Sosialis-komunis dan segala derivasinya. Menjadikan aturan Islam secara totalitas sebagai satu-satunya pengatur kehidupan.

Sesungguhnya, jika umat tidak menjadikan Islam sebagai kepemimpinan berfikir, maka kepemimpinan berfikir tersebut akan diganti oleh kepemimpinan berfikir selain Islam. Yang sudah terbukti melahirkan berbagai kerusakan, kebangkrutan tatanam alam, kemerosotan moral, eksploitasi kekayaan alam, kemiskinan, pecah belah, jauh dari kata solid, dll.

Kepemimpinan berfikir Islam akan membuat umat menjadi satu meski suku, ras, bahasa bahkan organisasinya berbeda. Sebab yang ada dipikiran mereka adalah usaha-usaha untuk membesarkan dan memenangkan Islam yakni menjadikan Islam sebagai penentu berbagai kebijakan dan keputusan. 

Keberadaan kepemimpinan berfikir Islam dalam diri umat akan membuat umat mudah mendeteksi berbagai pemikiran yang tidak Islami meski ucapan tersebut keluar dari mulut orang yang mengenakan jubah dan berjenggot. Saat ini, betapa banyak orang yang memakai jubah dan berjenggot tapi menyeru pada kebathilan. Umat tidak akan mudah “dikibuli” oleh topeng kehidupan seperti gelar, harta, kekuasaan, dan jabatan. 

Kepemimpinan berfikir Islam akan mencetak tokoh umat lebih banyak. Tokoh-tokoh umat yang Ikhlas akan bermunculan jika kepemimpinan berfikir Islam sudah menancap didiri umat.

Umat tidak lagi alergi dengan perbedaan organisasi. Sebab yang mereka inginkan bukan berkuasanya "orang Islam". Tapi yg mereka inginkan adalah kemenangan Islam yakni tegaknya kepemimpinan Islam, yang menjalankan peraturan Islam secara kaffah. Wallahu'alam.

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Assalamualaikum. Kalo mau kirim tulisan ke media Tren Opini bisa dikirim kemana ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisan bisa dikirim ke trenopinimedia@gmail.com

      Delete

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: Habibana dan Kepemimpinan Berfikir Islam
Habibana dan Kepemimpinan Berfikir Islam
HRS pulang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjc5cB-v_HMOEVdmQUQjkPyrAb1JnFhz3R98-4TTRV80Mwox6qeTII4TeTWvXENMkQ3t_qg_xoMyVsjODgRxKNsk8jijFhCzfKKJtjrFFW8do_FiNf334Kskr7lHUqL3Obkm_VDkYFBX3E/w640-h336/PicsArt_11-10-05.47.12_compress67.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjc5cB-v_HMOEVdmQUQjkPyrAb1JnFhz3R98-4TTRV80Mwox6qeTII4TeTWvXENMkQ3t_qg_xoMyVsjODgRxKNsk8jijFhCzfKKJtjrFFW8do_FiNf334Kskr7lHUqL3Obkm_VDkYFBX3E/s72-w640-c-h336/PicsArt_11-10-05.47.12_compress67.webp
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2020/11/habibana-dan-kepemimpinan-berfikir-islam.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2020/11/habibana-dan-kepemimpinan-berfikir-islam.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy