JOKOWI MINTA MASYARAKAT BERSIAP HADAPI ERA "NEW NORMAL" KEBIJAKAN YANG BERBAHAYA DAN BIKIN AMBYAR

Dan saat ini muncul pertentangan kebijakan di tengah PSBB, yang poin pentingnya terkait dengan mulai adanya pelonggaran PSBB. Dan sepertinya arah pelonggaran akan diperluas. Ujungnya meminta rakyat berdamai dengan covid-19 dan memasuki era normal baru (new normal) memaksa setiap orang hidup dengan covid-19 yang terus menginfeksi dan bermutasi.

JOKOWI MINTA MASYARAKAT   BERSIAP HADAPI ERA "NEW NORMAL" KEBIJAKAN YANG BERBAHAYA DAN BIKIN AMBYAR

Oleh : Agung Wisnu Wardana

Kompas.com pada Senin,  18 Mei 2020 memberitakan bahwa Presiden Joko Widodo meminta masyarakat bersiap untuk menghadapi era normal baru (new normal)

Kondisi ketika masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal, tetapi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Sepertinya Jokowi bener-bener menseriusi untuk menerapkan era new normal ini.  Hari ini 26 Mei 2020 Jokowi menyambangi kawasan perniagaan di Summarecon Mal Bekasi, untuk meninjau persiapan protokol new normal yang akan diterapkan setelah PSBB (pembatasan sosial berskala besar) berakhir. SummareconMallBekasi rencananya mulai dibuka kembali pada Senin, 8 Juni 2020.

Apakah kebijakan era normal baru (new normal) ini berbahaya untuk rakyat? Apakah akan menghancurkan atau membiat "ambyar" semuanya?  Apakah akan menambah carut marutnya penanganan covid-19?

Bila dikaitkan dengan pernyataan Jokowi sebelumnya,  sepertinya era normal baru (new normal) ini adalah bentuk cara berdamai dengan virus corona

Dalam bahasa lain, setiap orang dipaksa beradaptasi dengan covid-19 yang terus menginfeksi dan bermutasi.

Sebagai tahap awal adalah proses pelonggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang akan semakin diperluas.

Hal ini sangat berbahaya, terutama untuk kelompok rentan di tengah Indonesia tidak memiliki peta yang jelas terkait dengan penyebaran Covid-19.

Menurut Yanuar Nugroho, penasehat Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG), kalau masyarakat hidup bersama dengan virus ini, tapi tidak ada measure secara khusus untuk melindungi mereka yang rentan, ini sama saja menghadapkan mereka dengan maut.

Peta penyebaran covid-19 tidak jelas karena tidak adanya tes massiv untuk mendeteksinya.  Sementara itu saat ini covid-19 sudah menyebar di seluruh propinsi tetapi dengan tingkat kedalaman yang tidak jelas.  Bisa jadi fenomena "gunung es" terjadi dalam konteks ini.

Era new normal hanya akan menambah penyebaran Covid-19 lebih luas.

Pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan, Indonesia harus bersiap menghadapi pandemi Covid-19 gelombang kedua jika pemerintah menerapkan era new normal saat angka penularan virus corona masih tinggi.

Efek lanjutannya tentu adalah beban sangat berat untuk tenaga kesehatan.  Kondisi saat ini beban tugas tenaga kesehatan sudah berat dengan keterbatasan APD dan fasilitas rumah sakit,   apalagi era normal baru tentu beban tugas dari tenaga kesehatan semakin tak terbayang.

Saat ini, tenaga kesehatan pun dibuat kecewa dengan kebijakan rezim penguasa yang blunder.  Misalnya pelonggaran moda transportasi oleh menteri perhubungan. Dan efeknya langsung faktual, terjadi penumpukan penumpang di Bandara Soekarno Hatta.  Termasuk kebijakan lainnya misalnya pulang kampung boleh tetapi mudik tidak boleh, yang akhirnya memicu perpindahan manusia dari zona merah.

Beban berat dan kekecewaan para tenaga kesehatan ini akhirnya membuncah dalam tagar #IndonesiaTerserah

Era new normal hanyalah menambah carut marutnya kebijakan penanganan covid-19 oleh rezim penguasa.

Pada saat awal rezim mengganggap remeh covid-19, kemudian membuat kebijakan blunder yang memicu penyebaran vovid-19.

Setelah covid-19 menyebar di seluruh propinsi,  akhirnya rezim penguasa gagap dan bingung.  Diawali dengan menolak karantina wilayah karena ketidaksiapan menjamin kebutuhan dasar manusia dan hewan ternak,  akhirnya rezim penguasa memutuskan  PSBB.

Dan saat ini muncul pertentangan kebijakan di tengah PSBB, yang poin pentingnya terkait dengan mulai adanya pelonggaran PSBB.  Dan sepertinya arah pelonggaran akan diperluas.

Ujungnya meminta rakyat berdamai dengan covid-19 dan memasuki era normal baru (new normal) memaksa setiap orang hidup dengan covid-19 yang terus menginfeksi dan bermutasi.

Beberapa waktu lalu Jokowi membuat pernyataan bahwa kurva penyebaran covid-19 harus turun bulan Mei, masuk posisi sedang di Juni dan di Juli harus masuk posisi ringan dengan cara apa pun.

Pernyataan sekaligus perintah Jokowi di atas jangan sampai kemudian dijadikan permainan otak-atik angka statistik yang tidak berbasiskan kondisi faktual dan kemudian dijadikan dasar untuk memaksa rakyat masuk dalam era normal baru.

Era new normal adalah wujud rezim penguasa lebih berorientasi pada ekonomi dan abai terhadap penanganan covid-19.

Hal ini terkonfirmasi dari pernyataan kementerian koordinator perekonomian bahwa era new normal adalah untuk memulihkan ekonomi sebagai dampak pandemi.

Pertanyaannya ekonomi siapa yang akan diselamatkan? Beberapa pihak menganalisis, yang akan diselamatkan adalah ekonomi krlas kakap yang saat ini terdampak besar dan berisiko gulung tikar.

Era new normal adalah wujud tak bertanggungjawabnya rezim penguasa pada keselamatan dan kesehatan rakyatnya.

Rezim penguasa yang demikian adalah rezim yang jahat dan sangat dibenci oleh Allah Subhanahu wa ta'ala

Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam

Sabda beliau:

« وَأَبْغَضَ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ وَأَبْعَدَهُمْ مِنْهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ جَائِرٌ»

“Manusia yang paling dibenci Allah dan paling jauh kedudukannya dari-Nya adalah pemimpin yang jahat.” (HR at-Tirmidzi).

Umat Islam dan seluruh rakyat Indonesia membutuhkan pemimpin yang adil dan amanah.  Pemimpin yang demikian hanya lahir dari penerapan syariah Islam kaffah dalam naungan Khilafah.

Wallahu'alam

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,185,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,49,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3553,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,110,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: JOKOWI MINTA MASYARAKAT BERSIAP HADAPI ERA "NEW NORMAL" KEBIJAKAN YANG BERBAHAYA DAN BIKIN AMBYAR
JOKOWI MINTA MASYARAKAT BERSIAP HADAPI ERA "NEW NORMAL" KEBIJAKAN YANG BERBAHAYA DAN BIKIN AMBYAR
Dan saat ini muncul pertentangan kebijakan di tengah PSBB, yang poin pentingnya terkait dengan mulai adanya pelonggaran PSBB. Dan sepertinya arah pelonggaran akan diperluas. Ujungnya meminta rakyat berdamai dengan covid-19 dan memasuki era normal baru (new normal) memaksa setiap orang hidup dengan covid-19 yang terus menginfeksi dan bermutasi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj636tUj48AXxPrA2bDB3cOBHUZu8R8uVEiR3AK0D9dE596WO8POpcG2O56JZxUGxHUJf-_GKxcxSs2U5NOT22DSZD7juT6L_kwlIJCyxcf9qHpEgZbcT2l6DsecOdUZFzyH6Ud-9PO3kc/s640/FB_IMG_1590504643122.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj636tUj48AXxPrA2bDB3cOBHUZu8R8uVEiR3AK0D9dE596WO8POpcG2O56JZxUGxHUJf-_GKxcxSs2U5NOT22DSZD7juT6L_kwlIJCyxcf9qHpEgZbcT2l6DsecOdUZFzyH6Ud-9PO3kc/s72-c/FB_IMG_1590504643122.jpg
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2020/05/jokowi-minta-masyarakat-bersiap-hadapi.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2020/05/jokowi-minta-masyarakat-bersiap-hadapi.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy