KAMI INGIN JADI UMATNYA NABI MUHAMMAD SAW, BUKAN UMATNYA MAHFUD MD

Mahfud MD Khilafah


Oleh : Nasrudin Joha 

“Ada yang mengatakan ‘Pak, bapak bilang tidak ada khilafah, tapi kan Nabi Muhammad itu mendirikan khilafah?’ Iya, tetapi khilafah itu bukan ajaran baku karena yang didirikan Nabi Muhammad itu tidak boleh diikuti,”
[Mahfud MD, 2/12]

Menkopolhukam Mahfud MD dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Dakwah Nasional MUI yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat (2/12) menjelaskan ada tiga jenis radikalisme. Mulai dari radikalisme takfiri, radikalisme jihadis, hingga radikalisme dalam bentuk wacana ideologi. 

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga menegaskan bahwa khilafah itu didirikan Nabi Muhammad SAW, namun karena khilafah bukan ajaran baku maka ajaran itu tidak boleh diikuti. Pernyataan ini unik, penuh kontradiktif. Satu sisi, Mahfud mengakui khilafah ajaran dari Nabi SAW, sementara disisi yang lain Mahfud meminta tidak boleh diikuti karena tidak bukan ajaran baku.

Karenanya, pernyataan Mahfud ini perlu diluruskan dari beberapa aspek :

Pertama, methodologi untuk memferifikasi apa-apa yang dinisbatkan kepada Nabi Muhammad SAW itu adalah dengan mengecek apakah riwayat itu Sahih atau tidak. Jika Sahih wajib di pedomani, jika dloif wajib diingkari.

Mengenai ajaran khilafah, itu ukurannya apakah hadits yang meriwayatkan tentang adanya khilafah, akan kembalinya khilafah, juga atsar sahabat ridwanullah yang ijma' mempraktikkan khilafah itu Sahih atau tidak. Jika semua riwayat dan atsar sahabat tentang khilafah Sahih, umat Islam wajib mengikuti.

Faktanya khilafah itu memang ajaran Nabi Muhammad dan sejarah telah mencatat khilafah dipraktikkan oleh para sahabat, kulafaur rasulyidin, Bani Umayah, Bani Abasiyah hingga yang terakhir di Turki Utsmani.

Tak ada satupun ajaran Islam yang memferifikasi ajaran Islam dengan methode baku atau tak baku. Contoh : menggerakan jari telunjuk saat tasyahud dalam sholat itu tak baku, ada yang sejak tasyahud telunjuk di acungkan, ada saat pembacaan syahadat telunjuk baru diacungkan, ada juga sejak awal tasyahud telunjuk diacungkan dan digoyang-goyangkan.

Bagi ahli ilmu perbedaan ini hal biasa, dan seluruh umat Islam boleh mengambil salah satu kaifiyah untuk dipraktikkan dalam sholat. Jadi, tidak dengan logika baku tak baku maka tadyahud tidak perlu mengacungkan jari telunjuk.

Dalam kaidah ushul fiqh itu ada methode kompromi, yakni menjamu (mengumpulkan) semua dalil dan jika memungkinkan dipraktikkan keseluruhannya, sepanjang dalilnya Sahih. Sampai disini, nampaknya Mahfud MD tak paham kaidah ushul fiqh, kebisaan Mahfud MD hanya fasih dalam kaidah baku tak baku.

Kedua, perbedaan praktik khilafah juga secara mateeril tak bisa dianggap ajaran khilafah tak baku. Ini sama persis, ketika demokrasi menggunakan Pilpres langsung atau perwakilan melalui DPR MPR. 

Baik dipilih langsung atau melalui wakilnya di DPR MPR, Presiden yang terpilih tetap sah. Lantas, apakah kemudian Mahfud juga menuding demokrasi tak baku ? Karena ada perbedaan tata cara memilih Presiden ?

Khilafah yang dipraktikkan oleh para sahabat dan generasi sesudahnya itu hanya beda terkait cara, bukan substansi. Khilafah itu sendiri memiliki substansi baku, yakni : 

Tidak dianggap khilafah jika pemimpinnya tidak dilantik dengan baiat, tidak disebut khilafah jika hukumnya bukan dari Al Quran dan As Sunnah, tidak disebut khilafah jika adopsi hukum dan perundangan diadopsi oleh selain khalifah.

Sederhananya, ada 4 pilar baku substansi khilafah, yakni : kedaulatan ditangan syara', kekuasaan ditangan umat, hanya khilafah yang boleh melegislasi hukum dan perundangan, wajibnya hanya membaiat seorang Khalifah dan haramnya kaum muslimin kosong dari baiat kepada Khalifah. 

Semua ini baku, jika salah satu tidak ada maka tidak bisa lagi disebut khilafah. Misal, mengaku negara khilafah tetapi hukumnya KUHP bukan hukum Al Quran dan As Sunnah. Maka, klaim khilafah seperti ini batal.

Ketiga, telah ada pengakuan Mahfud MD bahwa khilafah ajaran Nabi SAW. Pernyataan ini cukup untuk menutup diskusi dengan pilihan : apakah umat ini akan mengikuti ajaran Nabi SAW sebagaimana dipraktikkan oleh para sahabat, atau justru mengikuti ajaran Mahfud MD dengan jurus 'baku tak bakunya' ?

Bagi orang orang beriman, tentu lebih memilih mengikuti Rasulullah SAW, terikat dengan ijma' sahabat, ketimbang ikut ajarannya Mahfud. Diakherat kelak, kita tidak akan ditanya apakah praktik beragama kita baku atau tak baku, tetapi apakah kehidupan kita mengikuti Nabi Muhammad SAW.

Ngeri sekali jika ada umat Islam menolak khilafah, mengikuti pendapat Mahfud MD. Di akherat kelak, orang seperti ini akan digolongkan menjadi umatnya Mahfud MD.

Tentu kita tidak ingin seperti itu, kita akan konsisten mengikuti apapun yang diperintahkan Nabi SAW sepanjang ada dalil. Kita tak peduli, apakah yang dicontohkan Nabi SAW dan dipraktikkan para sahabat itu baku atau tak baku.

Alhasil, biarlah Mahfud MD terus menggonggong, khilafah tetap terus berlalu hingga saat yang ditetapkan, pertolongan Allah SWT tiba. Saat itu, umat akan kembali membaiat Khalifah dan kembali pada kemuliaannya. [].

COMMENTS

Name

afkar,5,agama bahai,1,Agraria,2,ahok,2,Analysis,50,aqidah,9,artikel,13,bedah buku,1,bencana,23,berita,49,berita terkini,228,Breaking News,8,Buletin al-Islam,13,Buletin kaffah,54,catatan,5,cek fakta,2,Corona,122,curang,1,Dakwah,42,demokrasi,52,Editorial,4,Ekonomi,186,fikrah,6,Fiqih,16,fokus,3,Geopolitik,7,gerakan,5,Hukum,90,ibroh,17,Ideologi,68,Indonesia,1,info HTI,10,informasi,1,inspirasi,32,Internasional,3,islam,192,Kapitalisme,23,keamanan,8,keluarga,51,Keluarga Ideologis,2,kesehatan,83,ketahanan,2,khi,1,Khilafah,289,khutbah jum'at,3,Kitab,3,klarifikasi,4,Komentar,76,komunisme,2,konspirasi,1,kontra opini,28,korupsi,40,Kriminal,1,Legal Opini,17,liberal,2,lockdown,24,luar negeri,47,mahasiswa,3,Medsos,5,migas,1,militer,1,Motivasi,3,muhasabah,17,Musibah,4,Muslimah,87,Nafsiyah,9,Nasihat,9,Nasional,2,Nasjo,12,ngaji,1,Opini,3556,opini islam,87,Opini Netizen,1,Opini Tokoh,102,ormas,4,Otomotif,1,Pandemi,4,parenting,4,Pemberdayaan,1,pemikiran,19,Pendidikan,112,Peradaban,1,Peristiwa,12,pertahanan,1,pertanian,2,politik,320,Politik Islam,14,Politik khilafah,1,propaganda,5,Ramadhan,5,Redaksi,3,remaja,7,Renungan,5,Review Buku,5,rohingya,1,Sains,3,santai sejenak,2,sejarah,70,Sekularisme,5,Sepiritual,1,skandal,3,Sorotan,1,sosial,66,Sosok,1,Surat Pembaca,1,syarah hadits,8,Syarah Kitab,1,Syari'ah,45,Tadabbur al-Qur’an,1,tahun baru,2,Tarikh,2,Tekhnologi,2,Teladan,7,timur tengah,32,tokoh,49,Tren Opini Channel,3,tsaqofah,6,tulisan,5,ulama,5,Ultimatum,7,video,1,
ltr
item
Tren Opini: KAMI INGIN JADI UMATNYA NABI MUHAMMAD SAW, BUKAN UMATNYA MAHFUD MD
KAMI INGIN JADI UMATNYA NABI MUHAMMAD SAW, BUKAN UMATNYA MAHFUD MD
Mahfud MD Khilafah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSQNdarEl754VoKNllrk31j7Q8JjiKj5Pd6NJ1mmgqwSohoyPEq2DNal7EBCHs4W7oyHBzCp9rcQJhnEu4QbIMrLqaIHKGrffkln3BLwmtC2zclGDuD6iyqfKCgRBH9JjN3s6vzgZ12-o/s320/PicsArt_12-03-11.53.06.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSQNdarEl754VoKNllrk31j7Q8JjiKj5Pd6NJ1mmgqwSohoyPEq2DNal7EBCHs4W7oyHBzCp9rcQJhnEu4QbIMrLqaIHKGrffkln3BLwmtC2zclGDuD6iyqfKCgRBH9JjN3s6vzgZ12-o/s72-c/PicsArt_12-03-11.53.06.jpg
Tren Opini
https://www.trenopini.com/2019/12/kami-ingin-jadi-umatnya-nabi-muhammad.html
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/
https://www.trenopini.com/2019/12/kami-ingin-jadi-umatnya-nabi-muhammad.html
true
6964008929711366424
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy