Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Event Triatlon Potret Sistem Kapitalis

Triatlon adalah sebuah kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda dan lari. Rute renang 750 meter di Teluk Kendari, untuk olahraga lari 5 kilometer, dan olahraga sepeda 20 kilometer.

Oleh :Sasmin (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton)

Di tengah pandemi yang belum berakhir, pemerintah menegaskan kepada masyarakat untuk taat dan menerapkan protokol kesehatan. Namun, rupanya masih ada saja aktifitas yang menimbulkan kerumunan orang banyak. Hal ini bukan saja datang dari aktivitas yang diadakan kelompok masyarakat, tetapi juga oleh seorang petinggi negara.

Sebagaimana Sandiaga Salahuddin Uno, yang dijadwalkan akan membuka Event Triatlon Series II 2021 di Kota Kendari yang digelar oleh Federasi Triatlon Indonesia, KONI Pusat, yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kendari.

Informasinya tanggal 28 ini pak menteri akan datang. Kita harap kehadiran beliau dapat memberikan angin segar buat pariwisata kita di Kota Kendari, sekaligus memperkenalkan Kota Kendari ke seluruh Indonesia,” kata Wali Kota Kendari, saat ditemui usai rapat pleno panitia Kendari Triatlon 2021, Rabu (19/5/2021).

Triatlon adalah sebuah kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda dan lari. Rute renang 750 meter di Teluk Kendari, untuk olahraga lari 5 kilometer, dan olahraga sepeda 20 kilometer.

Bila melihat kondisi saat ini, adanya event tersebut sesungguhnya secara tidak langsung akan menimbulkan kerumunan tanpa batas. Sebab hal tersebut akan menarik masyarakat untuk menyaksikan sebuah Triatlon yang di adakan oleh menparekraf.

Maka bila menilik dari kebijakan yang dikeluarkan oleh penguasa, event tersebut terkategori akan terjadi pelanggaran kebijakan. Oleh karena itu, perlulah untuk mempertimbangkan event tersebut, apakah layak diadakan di tengah panedemi saat ini.

Pemerintah haruslah memberi contoh kepada masyarakat pentingnya menjaga protokol kesehatan, menjauhi kerumunan, bukan malah membuat agenda yang berpotensi tersebarnya virus.

Sangat miris, fakta bahwa masih banyaknya problem negara yang belum terpecahkan hingga saat ini akan tetapi pemerintah sibuk membuka pariwisata yang memakan biaya banyak, yang mana seharusnya sibuk mencari solusi terbaik untuk problem solving khususnya menuntaskan pandemi dan penanggulangan kemiskinan.

Tanggung jawab pemerintah adalah mengurusi dan memenuhi kebutuhan rakyat, rakyat adalah yang utama. Bila melihat kebelakang atau sejarah islam, pemimpin-pemimpin Islam mengutamakan urusan rakyat dan tidak membiarkan rakyat sengsara karena kelaparan dan tertekan terhadap wabah saat ini serta pemenuhan kebutuhan rakyat adalah yang utama.

Seperti kepemimpinan Umar bin Khattab. Umar bin Khattab adalah Khalifah kedua yang berkuasa pada tahun 634 sampai 644 dinegara Khilafah, beliau juga digolongkan sebagai salah satu Khulafaur Rasyidin. Umar bin Khattab juga salah satu sahabat utama Rasulullah Saw.

Dimana pada saat kepemimpinannya beliau pernah terjadi wabah thoun amwas diwilayah syam dan Amr bin Ash sebagai gubernur wilayah Syam mengatakan bahwa penyakit ini seperti kobaran api maka jaga jaraklah dan berpencarlah kalian dengan berdiam diri ke gunung-gunung, dengan upaya yang dilakukan oleh Amr bin Ash sangatlah efektif, dan sebagai pemerintah daerah tentunya menjalankan kebijakan dengan tegas dan penuh pengawasan.

Kemudian Khalifah Umar bin Khattab siang malam selalu memantau keadaan rakyatnya apakah kebutuhan rakyatnya telah terpenuhi atau tidak, beliau terus memantau dan di malam hari ia mendengar di sebuah rumah seorang anak menangis beliaupun mendatangi rumah tersebut untuk mencari tau penyebat anak trsebut menangis dan penyebabnya karena kelaparan mengetahui hal tesebut beliaupun bergegas mengambil makanan untuk keluarga tersebut.

Pemimpin-pemimpin seperti gambaran diatas hanya kita dapatkan di sistem Islam, sebab pemimpin lahir karenanya adanya negara dan neagra yang baik akan melahirkan pemimpin yang baik yaitu negara Islam (khilafah Islamiyyah).

Dan rakyat membutuhkan pemimpin yang baik, amanah terhadap tugasnya, seperti Khalifah Umar bin Khattab ketika dibaiat menjadi Khalifah (pemimpin umat) jabatannya bmtidak digunakan Untuk mencari keuntungan banyak justru beliau sadar atas kedudukannya, beliau di baiat untuk mengurusi urusan rakyat dengan penuh amanah dan tidak menzholimi rakyat.

Beda halnya sistem saat ini ketika negara memiliki masalah bukannya memikirkan solusi malah memikirkan keuntungan. Pemerintah terus bungkam untuk menanggulangi persoalan negara dan rakyat, dan terus-menerus hanya memikirkan keuntungan pribadi.

Kapitalisme lah penyebab problem ini tanpa solusi terbaik dan pemerintah bungkam, karena dasarnya kapitalisme beroperasi untuk keuntungan pribadi. Dan dengan terbukanya Triatlon yang berpusat di Kota Kendari akan menjadi prioritas utama pemasukan bagi Pemda dengan dukungan dari para kapital. Dan uruasan pemenuhuan kebutuhan rakyat menjadi terbelakang.

Oleh sebab itu rakyat amat membutuhkan khilafah untuk mendapatkan pelayanan yang baik dari seorang pemimpin.

Wallahu A'lam Bisshawab

Post a Comment for "Event Triatlon Potret Sistem Kapitalis"